SEMEDI, DZIKIR, MEDITASI dan KONTEMPLASI

Barangkali kita semua tidaklah merasa asing mendengar judul yang saya buat diatas, namun sejenak saya hanya ingin mencoba memberikan penjabaran berdasarkan pengalaman yang saya miliki. Apa sih sebenarnya tujuan Meditasi atau Kontemplasi itu yang sesungguhnya…??. Meditasi bisa disamakan dengan ZIKIR, malahan dalam istilah Jawa hal ini biasanya disebut dengan “ manekung “ yang berasal dari kata “ tekung “ yang bermakna sebagai sikap yang “ tunduk “ atau menundukkan diri. Dalam khazanah pendaki Spiritual ( sufisme ) zikir berarti secara terus-menerus menyebut kata-kata tertentu secara berulang-ulang. Biasanya berupa kata “ pujian “ terhadap Tuhan Hyang Moho Tunggal yang pada intinya zikir adalah sebagai formula untuk mengingat –ingat akan keberadaan Tuhan. Dalam praktiknya zikir berupa aktifitas menuangi pikiran dan hati dengan nama atau pujian terhadap Tuhan. Atau menuangkan “ Asma “ Tuhan ke dalam hati dan pikiran sehingga tak ada nama lain dalam hati dan pikiran tadi selain Asma-Nya.

Lalu apa yang disebut dengan Meditasi..??. Meditasi adalah MERENUNGKAN atau MERESAPKAN dan bisa juga bermakna PIKIRAN yang amat DALAM yang bertujuan untuk mencapai KESADARAN DIRI dan untuk mencapai OBYEK SPIRITUAL, guna menjadi manusia-manusia yang TERCERAHKAN. Sehingga dalam prakteknya dalam kehidupan bermasyarakat diharapkan bisa menjadi manusia yang penuh KEARIFAN, BIJAK dan KASIH SAYANG terhadap sesama makhluk dalam segala tindakan dan perbuatannya.

Kang sinedyo tineken Hyang Widi… ( Yang diinginkan dikabulkan oleh Tuhan )
Kang kinasara dumadakan keno…
( Yang dikehendaki tiba-tiba didapat )
Tur sisihan Pangerane… ( dan dikasihi oleh Tuhan )
Nadyan tan weruh iku… ( Meskipun dirinya tidak tahu )
Lamun nedyo muja semedi… ( Akan tetapi ketika dia hendak melakukan semedi )
Sesaji neng segoro… ( Dia memberikan sesajian di Samudera/ Hati/Qalbu )
Dadya ngumbaraku… ( Jadilah pengembaraan itu )
Dumadi sariro tunggal… ( Untuk menjadi SATU DIRI )
Tunggal jati swara aowr ing Hartati… ( Satu kesejatian suara yg ada dalam QALBU )
Kang aran Sekar Jempina… ( Itulah yang disebut Bunga Jempina )

Yah..yah..orang yang dijaga oleh Tuhan sudah tentu semua kehendak akan dikabulkan-Nya. Yang dijaga oleh Tuhan adalah orang-orang yang dapat mengendalikan “ daya nafsu “ yang ada dalam dirinya. Daya nafsu tersebut hanya dikendalikan saja bukan untuk dibasmi…!!. Membasmi daya nafsu sama dengan menyalahi KODRAD manusia itu sendiri.

Daya dorong kearah positif dan negatif harus, diselaraskan, diharmoniskan dan selalu dijaga keseimbangannya. Jika daya nafsu bisa kita kendalikan dengan baik, itu sama artinya kita telah bergerak untuk menyatukan DIRI dengan Tuhan Hyang Moho Tunggal. Menyatukan yang saya maksudkan bukanlah dalam pengertian menyatunya Dzat manusia dengan Dzat Tuhan loh…??. Bukan demikian..!! Manusia tidak perlu menyatukan DIRINYA dengan Dzat Tuhan, karena Tuhan keberadaan-Nya sudah meliputi segala sesuatu. Yang perlu disatukan itu adalah “ Sifat, Asma dan Af’al “ manusia, agar selaras dengan sifat, asma dan af’al Tuhan yang telah diberikan kepada semua manusia sebagai KODRAD dan IRODAD yang sudah ada dalam diri setiap manusia. Jadi tugas manusia hanyalah “ MENYELARASKAN, MENYERASIKAN “ dengan Kodrad dan Irodad Tuhan.

Untuk bisa menyatukan diri dengan Tuhan, manusia dalam berbagai cara melakukan diantaranya adalah dengan cara MEDITASI, KONTEMPLASI yang dalam hal ini manusia harus bisa menyatukan segenap PERASAAN dan PIKIRAN dengan nafasnya dalam bermeditasi. Puncak dari adanya penyatuan ini biasanya dalam ukuran minim yang bisa terasa adalah timbulnya “ ketenangan Jiwa “ dan tentramnya Qalbu. Ya..ya.. hanya dengan “ mengingat “ Tuhan lah qalbu / hati bisa menjadi tenang ( QS. Ar-Ra’d . 28 )

Meditasi, Kontemplasi, Dzikir hanyalah sarana dan cara untuk meningkatkan kesempurnaan SPIRITUAL. Dalam hal ini saya membagi dalam 3 ( tiga ) tahapan yang harus dilakukan dalam bermeditasi, kontemplasi, dzikir :

Pertama,

Bagi kita yang hendak melakukan meditasi, dzikir dan kontemplasi harus dapat melakukan dalam khazanah Jawa disebut “ sesaji ing segoro “ yaitu mengutamakan peranan QALBU, HATI atau NURANI. Kita harus bisa mengendalikan Hati sehingga pengembaraan dari sang Perasaan, Pikiran dan daya Nafsu benar-benar menyatu dalam suatu kehendak yang kuat untuk “ mengeleminir “ dorongan hawa nafsu di dalam semedi ( meditasi ). Dalam PUJA SEMEDI itu bertujuan untuk MENGOSONGKAN HATI dari segala hal yang SELAIN Tuhan. Hasrat yang ada di dalam hati lenyap, pikiran telah diam tak mengembara lagi, senyap dari segala ILUSI…!! Suara nafas kini sudah tak terdengar lagi, suara Batin tatkala kita melantunkan Dzikir pun telah hilang dan lenyap yang ada hanyalah CAHAYA KEHENINGAN.

Dalam kondisi demikian hanya SUARA ( Qalam ) Illahi yang bisa masuk dan terekam.

He..he…halah..halah….jangan-jangan itu suara SYETAN terkutuk yang sengaja menggoda kita…? Jangan-jangan itu suara IBLIS yang menyelinap di dalam Hati kita…?? begitu bisikan keragu-raguan yang biasanya ada di dalam benak kita.

Syetan, Iblis atau apaun namanya TIDAK BAKALAN bisa masuk ke dalam rumah Tuhan ( QALBU ), rumah yang telah dibersihkan dari segala kotoran daya-daya nafsu. Bukankah perasaan dalam bermeditasi tadi telah SIRNA..?? Segala perasaan IRI, DENGKI, CEMBURU dan MARAH telah berubah menjadi KEHENINGAN…?? Hasrat hati dan BIRAHI telh sirna bahkan Angan-anganpun sudah tiada, tak ada lagi sarana dan wahana bagi si syetan dan Iblis untuk masuk dalam Hati ( QALBU ) yang sudah “ Hening dan Heneng “.

Kondisi meditasi, dzikir, kontemplasi yang sudah mencapai “ hening dan heneng “ ( diam dan jernih ) tanpa adanya usikan apapun inilah yang dinamakan oleh orang Jawa sebagai “ Sekar Jempina “ Sebuah keadaan yang Jem (tenang, tentram), pi ( sunyi, sepi, tersembunyi ), na ( diam dan berhenti ). Dengan demikian puncak daripada Semedi. Kontemplasi dan Dzikir adalah tercapainya kondisi yang Jempina.

Kedua,

Semedi, dzikir, Meditasi atau Kontemplasi merupakan cara untuk membersihkan diri dari program lama yang masih melekat pada pita kaset kehidupan ini. Pita hidup ini harus diisi dengan program yang lebih baik tentunya. Program lama diisi dengan Dzikir ( mengingat ) dan program baru harus disikan ,melalui perbuatan “ Amal Shaleh “ berupa segala tindakan dan perbuatan yang bermanfaat, baik bagi diri kita maupun bagi orang lain dan lingkungannya. Dalam hidup ini semua kenangan pahit harus dikubur dalam-dalam. Selama Semedi, Meditasi, Dzikir atau Kontemplasi pita hidup harus dibersihkan dan dikosongkan agar QALAM Illahi yang tanpa suara dan kata-kata itu bisa terekam oleh KESADARAN DIRI. Selanjutnya akan bersemilah benih-benih CINTA KASIH dan KERINDUAN untuk berbuat KEBAJIKAN terhadap sesama. Secara lahiriah Kebajikan itu dibuktikan dengan “ Budi Pekerti “ yang Hanif, Arif dan Ma’ruf dalam bersosialisasi dengan kelompok masyarakat. Misalkan saja kita harus taat hukum ( aturan ) bagi siapa saja. Kesadaran Diri ( Sukma Jati, Diri Sejati, Sirr ) keberadaanya akan selalu berdampingan dengan yang namanya “ angan-angan dan keinginan “ karena angan-angan dan keinginan ini terbit dan keluar dari adanya RASA. Dalam hidup ini, angan-angan dan keinginan merupakan pasanga hidup dari Diri Sejati. Ia senantiasa mengikuti sang Diri, baik dalam kehidupan sekarang ini maupun nanti setelah mati. Angan-angan dan keinginan tak pernah sirna, Ia merupakan bagian dari pada hidup. Bukankah hidup tak pernah mati…?? Yang mengalami mati itu hanyalah Jasad badan kasar yang dikubur dalam tanah. Sukma Jati ( Diri sejati, Sirr ) tidak akan ikut mati Ia tetap “ Langgeng tan keno Owah- Gingsir ing kahanan jati “ Jika sudah menyelesaikan tugasnya sebagai Khalifah di bumi, yah..ia akan kembali kepada Hyang Moho Tunggal, kembali ke Hadirat-Nya di alam kedamaian Puncak..!!. Sebagaimana firman Tuhan bahwa “ segala yang berasal dari-Nya akan kembali kepada-Nya “ dan siapa yang bener-bener akan kembali ke Hadirat-Nya..?? QS. Al Fajr 27 – 30 telah menjawab dengan tegas. Hanya Jiwa yang tenang saja yang akan kembali ke Hadirat-Nya…!.

Bila angan-angan dan keinginan itu terus menerus dituruti, ia semakin lengket pada sang Sukma Jati dan sulit untuk bisa ditinggalkan. Meskipun Jasad badan kasar telah mati dan terkubur dalam tanah, namu ia akan terus melekat pada sang Sukma Jati. Jika dalam kehidupan di Bumi angan-angan dan keinginan ini telah menyesatkan manusia, maka setelah matinya Jasad badan kasr tadi sang Sukma Jati akan mengalami Kesesatan. Perilaku buruk merupakan produk dari angan-angan dan pikiran yang kotor. Pekerti yang buruk merupakan wujud dari keinginan yang tidak bener. Angan-angan, pikiran dan tingkah laku yang buruk melekat pada sang Sukma Jati. Dan, mungkinkah Sukma Jati, Diri Sejati, Sirr yang telah TERSESAT selama di dunia ini akan bisa kembali di Hadirat-Nya…??

Ketiga,

Bila semedi, meditasi atau kontemplasi yang dilakukan benar-benar sempurna. Angan-angan, keinginan, pikiran dan ilusi telah lenyap, maka batin sang meditasi akan sentosa. Dia bebas dari segala macam gangguan batin. Kecemasan dan kekhawatiran juga lenyap. Tak ada lagi ketakutan dimana-mana sama saja yang ada hanyalah ketenangan dalam hidup. Di Kota dan di desa tiadalah berbeda hidup serasa merdeka. Karena sama-sama dalam perlindungan Gusti Hyang Moho Tunggal. Jika sudah demikian akan tumbuh dan berkembanglah sebuah sikap untuk “ Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng “ terhadap Alam semesta ini. Jika ungkapan ini terwujud, maka tiada lagi petaka dan bencana. Jika bumi ini tetap terpelihara dan dijaga keseimbangannya, bumipun akan tumbuh dengan subur dan tentunya akan memberikan berkah dan kemakmuran bagi manusia. Manusi-manusianya akan hidup dalam ketentraman dan kesenangan. Pikiran jernih, keinginan hanya sebatas yang dibutuhkan oleh diri dan keluarga serta bangsa. Akhirnya sang Sukma Jati pun akan meninggi dalam keheningan yang menyelimuti sang pelaku semedi, dzikir, meditasi atau kontemplasi. Jiwanya akan selalu dalam kedamaian. Dengan demikian hidup di dunia dan akherat senantiasa dalam kesejahteraan ( khazanah ) dan akan dijauhkan oleh API BATINIAH yang menyala-nyala dan menjilat-njilat.

About these ads

133 comments on “SEMEDI, DZIKIR, MEDITASI dan KONTEMPLASI

  1. pertamax…
    wah saya nyari pohon sengn lagi deh…
    salam kenal..

    ……………………………………………………………..

    Lah…kebetulan Mas, ntar klu nyari yg banyak sekalian soalnya
    sekarang lageh laris-larisnya tuh….dijadiin Pulp bahan kertas.

    yah salamnya tak terima dengan Hati lapang
    Salam kenal juga dari kera Ngalam sam he..he..

    • Assalamu alaikum AKI,,,,,SAYA REZA DI WONOGIRI Saya pengen menceritakan pengalama saya Lewat internet ini, dan saya mengutarakan ucapan terima kasih saya kepada KI COKRO WINOTO yang telah membantu kehidupan keluarga saya, dulu’nya saya Cuma se’orang buruh kasar yang bekerja di salah satu TAMBAK IKAN milik PAK H. SUTOYO di daerah WONOGIRI .. Penghasilan saya perhari Cuma 50ribu rupiah, hanya pas pas’san untuk mengecukupi ke’hidupan keluarga saya..Alhamdulillah sekarang berkat angka ritual AKI yang kemaring 4d yaitu 5405 dan alahamdulillah saya dapat Rp 150 juta dan tadi AKI saya dapat Rp 90 juta karena angka AKI TADI 3D 284 tembus lagi alhamdulillah modal saya bertambah lagi KI dan kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan.. Saya sudah memiliki TAMBAK IKAN se’luas 4hektar..Kehidupan keluarga saya’pun jauh lebih baik dari pada sebelum’nya.. TERIMA KASIH KI COKRO WINOTO dan buat saudara bapak/ibu yang ingin mendapatkan REJEKI dalam PERMAINAN TOGEL..monggooo Hub/telpon KI COKRO WINOTO Di No Hp 0822-9225-2244 insya allah angka beliau di jamin 100% tembus dan anda akan sukses.trima kasih tas tumpangannya shob…..?

  2. panjang sekali tulisannya, masnya. maaf klo bacanya lompat2… :mrgreen:
    saya ga begitu ngerti soal definisi ini dan itu. buat saya yang penting pelaksanaannya… :D

    …………………………………………………………….

    Lah..lah….leres panjenengan Jeng Naniez, tulisan ini hanyalah sekedar
    Bernostalgia saja, biar ada yang untuk dibaca sebagai Ulang-ulang Kaji…
    baru di aplikasikan dan dilaksanakan….tentang hasilnya..??
    Gak usah dipikir-pikir lagi..ya nggak..ya nggak…

  3. >>> Gundhul menjawab..
    Heks…heks…Akang Lingga baru tahu yah…
    Kan ada Putih, Kuning, Hijau tulisannya he..he…
    ” Kul Kuthuk Kadal kesit, nek gak kesit dudu Kadal ” halah…opo meneh iki

  4. Serasa keremu mbah Maridjan lagi saya.. hahahahahahaha..

    Urip iku mung sak dermo nglakoni, mung mampir ngombe le! Senajan kahanan rame, yen iso ati tetep sepi..

    Gusti kuwi mangerteni menungso, ning menungsane sing jan ra dong blas marang Gusti..

    pamit rumiyin pak!

    *sambil menunduk beranjak pergi menyiapkan diri untuk bermeditasi malam ini*

  5. >>> Gundhul mangsuli ngendikaning Kang mas Gempur, seputar mbah Marijan..

    Lah..lah…mbah Marijan meniko kalebet Manungso SUJATI
    Hidupnya tak terpengaruh dengan Duka, Nestapa maupun Bahagia..
    Dia hanya ingin ngelakoni URIP SEJATI yang berdasarkan dan menyelaraskan terhadap KODRAD dan IRODAT dari Gusti Kang Hakaryo Jagad dengan aplikasi bagiamana hidup ini TIDAK merugikan menungso Sapodho-padhane lan Alam Semesta ini juga bagaimana TIDAK merugikan DIRINYA sendiri….ngono…
    Intinya bagaimana mengaplikasikan KASIH SAYANG terhadap Alam kang aran ” Hamemayu Hayuning Bawono ” lah..iki sing dadi LAKUNE si mbah Marijan…
    Biar Gundhul gini kan aku Putune..heks..heks..

    Jadi segala yang dilakukan apapun bentuknya sudah TIDAK lagi memimpikan SURGA dan gak TAKUT masuk NERAKA….halah..halah…sok Weruh….

    Kabuuurrrrr mengko disamber Wedhus Gembel….

  6. keberadaan kita adalah tiap hembusan nafas
    doa & dzikir kita adalah keluar masuknya nafas
    HU INGSUN
    HU URIP
    HU ALLAH
    Menyadari tiap hembusan nafas
    menyadari setiap momen dalam hidup kita
    dan hidup akan menjadi proses tulisan puisi
    halah isin ah nggaya dadi penyair
    pareng rumiyin
    …………………………………………………………….

    Tak lanjut yoh Kang Tommy
    Napas : mlebu-metune neng irung, rupane sorot Abang,
    Annapas : mlebu-metune ing Kuping, wernoning Ijo
    Tannapas : mlebu-metune ing Tutuk, wernaning Putih
    Nupus : mlebu metune ing Mripat, rupane Kuning

    Pujine Napas kuwi Yahu’, Anapas kuwi Imanahu’, Tanapas kuwi Illallahu’ lan Nupus kuwi pujine Illahu’.
    Halah…halah…..opo meneh iki…??

      • sing diarani telu2ne ngatunggal niki urip,nyowo lan sukma. 3 wekasan jumenengge nang kawuloh lan gusti.mekaten pengertian kuloh kulo aturi matur sembah nyuwun

  7. Sekar JemPiNa… papan kang Jembar, Sepi, Tan Ana Apa-apa. sing ana kuwi jarene dudu… lha anane mung Ingsun… ya kuwi mbokmenawa sing jenenge kiblat sejati… ah tenane lho mbah… *halah* :mrgreen:

    *mlayuuuuuu… srandale keri ya ben*

    ……………………………………………………………..

    Syukur alkhamdulillah…Gusti Pengeran,,,?? ditinggali serandhale nabi Musa sepasang
    sama Kang Jenang ha..ha…langsung BUNGKUS nggo kain putih….!!??.
    Mengko mundhak ketahuan Wak Yai Ram-ram..dikiro SYIRIK ciloko aku heks..heks..

  8. Kalau menurut saya, Sembahyang itu sendiri sudah masuk ke dalam kategori semadhi. Nggak tahu sih miturut Njenengan. Namun saya kadang menyesal, kenapa nggak bisa khusyuk dalam Sembahyang saya… :cry: Padahal itu merupakan satu-satunya cara yang bisa saya lakukan untuk semadhi… :cry:

    ……………………………………………………………

    Lah..lah…di dalam Sembahyang ( Sholat ) Intinya kan “Li Dzikri “…atau mengingat Tuhan.??. Itulah namanya Dzikir, Meditasi, Semedi atau Kontemplasi Gerak.
    Kenapa sulit…?? lah…mesthi saja wong dalam sholat harus ada gerakan2 yg menurut aturan SYARIAT
    gak boleh dilewatkan ( lebih atau kurang ) he..he..tentunya ini berlaku bagi yang SEHAT kan…??
    Lah..klu SAKIT…?? apa mesthi komplit gerakannya.. GAK JUGA kan..?.
    Intinya adalah, ketika duduk, berbaring, berjalan dan apapun aktifitas yang kita lakukan
    mestinya yah harus INGAT Tuhan-Nya.

    Makanya, JUJUR saja… orang yang SEMBAHYANG dengan gerakan akan merasa SULIT untuk bisa KHUSU’. Kenapa…??
    karena KETAKUTAN kelewatan/kekurangan salah satu GERAKANNYA, belum lagi mesti INGET Bacaan-bacaannya,
    belum lagi ada seliweran inget UTANG, inget PACAR, inget masalah kerjaan, bisnis..
    halah…halah…sak abreg INGATAN yang selain MENGINGAT Tuhan-Nya..yang pada akhirnya…???.
    Yah…kita ini JANGAN NGAKU-NGAKU bisa Sembahyang KHUSU’…!!.

  9. Assalaamu ‘alaikum Cak Gun…
    Lengkap nian pembahasannya, bahasannya dari berbagai term. Jadi ngerti saya. yang saya tangkap adalah, semuanya bermuara kepada pentingnya kesentausaan batin yang dapat diraih dengan selalu mengaitkan hati kita dengan Tuhan.

    …………………………………………………………..

    Wa’alaikum salam Yai Ram-ram,
    Duh…Gusti…Semoga Yai Ram selalu Engaku berikan KEKUATAN untuk selalu memberikan KAWERUHNYA
    terhadap sesama, agar muncul SATRIA-SATRIA PANINGIT di Bumi Nuswantoro ini guna meluruskan Bangsa dan Negeri ini yang sudah TERCABIK-CABIK oleh Ketamakan dan Kerakusan manusia demi urusan PERUT…!!.

    Inngih Yai, Manusia ( kita-kita ) memang harus selalu MEMPERTAUTKAN HATI / QALBU dengan sang Pemilik-Nya.
    Karena hanya dengan MENGINGAT akan Keberadaan dan Kebenaran-Nya lah HATI /QALBU manusia bisa menjadi TENANG.
    Harapannya adalah timbulnya KESADARAN sang DIRI untuk turut memelihara dan mempercantik Alam agar memberikan BERKAH bagi seluruh makhluk ciptaan-Nya. Turut mengaplikasikan KEBAIKAN dan KEBAJIKAN dengan landasan CINTA KASIH terhadap sesama manusia merupakan WUJUD dan KARYA nyata sebagai pengHAMBAAN manusia terhadap Tuhan-Nya.

    Nuhun…nuhun…Yai.

  10. bagus artikelnya, saya baru menyadari bahwa dalam khasanah jawa kembali kepada Tuhan pun sudah ada formulanya. Isi blognya kurang lebih sama dengan punya saya, hanya saya menjelaskanya menggunakan metode yang berbeda. Nice share, keep working ! :D

  11. #Arif Budiman, In my opinion, sholat yang khusyuk digerakkan oleh hati. Sama halnya dengan zikir, bahwasanya hati dan hati nuranilah yang mengingat Tuhan. Karena itu di dalam Al-Quran ada istilah sholat daimun dan sholat hafizun. Sholat daimun adalah sholat yang jiwa hadir didalamnya, sementara hati adalah raja/pusatnya jiwa. Sholat hafizun adalah sholat yang sempurna syarat dan rukunnya. Sholat khusyuk adalah sholat daimun dan sholat hafizun. Just my 2 cent !

  12. @ >>> Mas Arif B….Yth.
    Ya..yah…mas Arif…Itulah indahnya warna Pelangi…BERBEDA warna, namun MENYATU dalam SATU ” KEBERADAAN dan KENYATAAN…”. Senang saya dapet Ilmu dan Wawasan baru dari Mas Arif B.

    Ugfff…Anda SUDAH paham tentang yang TERSIRAT dari yang TERSURAT dalam Al Quran tentang HAKEKAT ” Sholat DAIM dan Sholat HAFIZ.” Mudah-mudahan mas Arif BUKAN saja sebagai PEMBACA dan PENGHAFAL Firman-NYA tetapi telah menjadi PELAKU dari Firman Tuhan….amin..

  13. Mau Tanya mas…
    Knp yah sulit masuk semadhi yg hening..
    Gmn cara lepasin segala yg ada di fisik ini
    Tuk bs msk kedlm.?
    Hehe..maklum mas pemula..pencari yg lagi berusaha menemukan sang Aku
    Yg nyata2 ada dlm diri..tp kok sulit ditemukan..
    Keakehan dosa kali yah mas
    Thx..

    **********************************************

    Coba IKHLAS saja, PASRAH saja…gak usah cari-cari tentang RASA. biarkan saja semua berjalan dengan sendirinya
    Klu PIKIRAN masih kemrungsung yah..jangan dipaksakan. Capek, kesemuten, penat hasil akhirnya. Tapi itu sih lumrah saja kok
    nanti juga dah gak ada RASA lagi dan dah gak ada apa-apa lagi. KOSONG…
    He..he…DOSA…?? gak usah dipikirkan mas…itu bukan urusan kita lagi kok.

  14. Menurut saya, pintu utama menuju Diri Sejati kita adalah hati, dan banyak batasan yang menghalangi kita untuk dapat sadar sebagai Diri Sejati. Banyak sebab kenapa batasan-batasan tersebut ada. Dosa, emosi negatif, dan trauma adalah salah satunya.

    Sebenarnya Kasih-Nya telah hadir untuk membuka batasan-batasan tersebut, sehingga secepat kita pasrah dan membiarkan maka batasan-batasan tersebut sirna. Semakin sirna batasan, maka hati kita dapat semakin terbuka untuk menerima Kasih-Nya, sehingga kita dapat dengan mudah mengikuti Kasih-Nya untuk sadar sebagai Diri Sejati.

  15. Assalamu’alaikum,
    salam kenal, bagus sekali tulisannya mas,
    bisa jadi pencerahan dalam berkontemplasi,
    gimana cara menghilangkan rasa penat, kesemutan yang kadang suka membuyarkan konsentrasi dalam berdzikir. Kadang kalau kesemutannya sudah bisa di atasi, giliran rasa penat di badan yang akhirnya harus menggerakkan badan walaupun sedikit tapi sudah membuyarkan konsentrasi, akhirnya harus ngulang konsentrasi lagi..?

    *********************************************

    Bertahap Mas, alon-alon…ada proses seperti ketika kita belajar berjalan sewaktu masih kecil.
    Gak bisa Instan, gak bisa CEPAT SAJI kayak Mie rebus dikasih air panas langsung santap.
    COba PASRAH…IKHLAS…masuklah dalam KESADARAN sang DIRI…bukan Kesadaran sang AKAL dan PIKIRAN.
    Ayo kita belajar sama-sama…
    Salam kenal juga, mohon maaf saya belum sempat berkunjung neh…

  16. ::jika kudatang, maka akulah si miskin papa, yg tak memiliki apa-apa, jika kudatang maka seluruh rasaku, biarlah ada sampai ketiadaanku membuang semua rasa…apakah aku ada…

    Jika kumemanggul sesuatu, tak ada dermawan yang melirikku sebab dikira ku dah kaya…
    jika dari wal kutak ada rasa, apa pembeda ada dan tiada…

    **********************************************

    Biyuh…biyuh…Kang Zal,
    Nuntunnya alon-alon toh, jangan digelandang dan berlari. Mas Wisnu bisa keponthal-ponthal mengko.
    Naik tangganya bertahap jangan lansung lompat di atas.
    Mblayu kenceng…nguber Kang Zal ngglandhang Mas Wisnu….Wuuuuzzzssss…..

  17. Rasa rindu sudah sgt besar
    Rasa ingin jumpa sudah sgt menggebu
    Tp knp sulit sekali mengupas ego2 diri ini
    Sehingga sulit tuk semeleh…
    Aku begitu merindukan pertemuan itu..
    Tp knp sulit sekali
    Kekuatan fisik..kekuatan negative begitu kuat menghalangiku..
    Pencarianku sebenernya sudah melihat titik terang
    Tp msh ada pembelenggu yg sulit aku halau
    Yah diriku sendiri..
    Piye yo mas…aku kadang merasa lelah..
    Tp aku ingin..
    Aku rindu gusti pangeran hadir dlm relung hatiku..bener2 hadir..

  18. Mas Zal,
    Aku coba artikan yah..(pemula dalam berkontemplasi)
    ::jika kudatang, maka akulah si miskin papa, yg tak memiliki apa-apa, jika kudatang maka seluruh rasaku, biarlah ada sampai ketiadaanku membuang semua rasa…apakah aku ada…

    ==>wisnu : Ketika kita sudah menemukan Dia maka kita bisa meniadakan semua rasa di fisik kita

    Jika kumemanggul sesuatu, tak ada dermawan yang melirikku sebab dikira ku dah kaya…
    jika dari wal kutak ada rasa, apa pembeda ada dan tiada…

    ==>wisnu :jika ada rasa yang membebani maka Dia tidak akan datang

    begit ya mas ?

  19. ::mas wisnu, jika merenung pada Ketauhidan maka biarkan renungan mengambang…jika tak berjawab tunggu sampai berjawab, ‘yang hendak KUlihat, apa yang dibalik dada itu”, rasanya bagi Allah tak ada buruk seperti ukuran kita tentang yg buruk,
    ingatkan tentang kisah orang berdo’a yg Allah tahan untuk jangan dulu mengabulkannya, itulah keindahan CintaNya, yg penuh surprise, Allah sangat surprise dalam tiap-tiap sesuatu, tak terduga namun jelas dan sangat jelas yang berasal dariNYA…

    jika kalimat itu sudah digenggam, biarkan dia mengambang…, engga usah dibayang-bayangkan bentuk pertemuan itu seperti apa…meskipun banyak yg bercerita sama…,
    tak tau apa-apa itulah keadaan kita “tak berilmu”…”setelah kami beritahu beberapa nama, lalu kami perintahkan malaikat agar bersujud kepada Adam”
    Kalau kita berboncengan, menaiki kenderaan, dan kita yg berada pada boncengan, maka biarkanlah yg menyetir menjalankan kendaraannya…, kita duduk saja…menempel mengikuti gerak pengemudi seperti itu orang naik motor yg sejiwa…yang dibonceng pasrah putul sama yang membonceng….
    sebaiknya biarlah tak tampak seperti terang, dalam perumpamaan-perumpamaan saja, sebab jika dijelaskan akan terbatas….

  20. kulo nuwun mas.
    to the point nggeh mas. apakah kita bisa menemukan tuhan dalam meditasi walau agama dan kepercayayn yang dianut berbeda-beda? dalam artian tuhan yang sama tanpa membedakan apapun juga?
    matur sembah nuwun..

  21. apa yang disebut Tuhan YME, Allah, Hyang Widhi, Roh Kudus memang berasal dari yang SAMA, yang turun pada manusia sebagai NUR (sama seperti Nur Muhammad) dimana proses untuk melihat dan mendapatkannya akan diuji dengan nyata dan gaib dengan proses yang cukup panjang (bertahun-tahun) dimana butuh ketenangan pikir dan batin yang luar biasa.

    pada tataran ini Tuhan tanpa nama/tulisan (untitled) dimana sudah berhubungan langsung dengan hati manusia dan terjaga kerahasiaanNYA, dimana manusia seakan diperjalankan untuk membawa pesan/amanat keselamatan kehidupan. setiap gerak-gerik sudah tertata dengan rambu-rambu yang tak tampak, sehingga terlihat manusia yang berbudi halus dan menyejukkan.

  22. Dalam pewayangan ada tokoh Anoman. Digambarkan hanya seekor hewan kera putih berbadan kecil dan berdarah putih. Anoman = Ano (ada) Man (iman). Kita ini sebenarnya sangat kecil dibanding dengan keagungan-Nya. Namun yang membuat beda dari diri kita menjadi putih adalah iman yang ada didalam dada. Bila didadamu ada iman (anoman),biarpun kecil, Dasamuka (hawanafsu) akan lari terbirit-birit ketakutan. Hanya dengan modal iman kita dapat meghadap Tuhan.
    Maka, sudah seberapa dalamkah iman masuk kedalam dada kita?
    Seberapa percayakah bahwa Tuhanmu yang mengaturmu. Kenapa anda
    masih pusing dengan mikirin ingat pacar,utang,pekerjaan,dll. Apalagi mikirin/ingatnya sewaktu sholat (menghadap/mengingat Tuhan), Seberapa besar imanmu? Jangan munafik!

    Anoman terus beranjak dewasa menyandang nama “Kafiwara” (kafiwaro). Kita memang perlu masih banyak belajar untuk instropeksi diri sejauh mana kita dapat mengingat Tuhan dalam segala keadaan,tempat dan waktu. Bersyukurlah telah memiliki iman pada saat ini. Tingkatkanlah untuk dapat mencapai Tuhanmu. Jangan berbangga diri telah banyak memiliki ilmu, ilmu yang kau teguk baru segelas dari sehamparan samudera Tuhan. Iman kita yang kecil ini harus kita besarkan menjadi iman yang dewasa. Tulisan ini tidak hanya sekedar bernostalgia atau ulang kaji. namun wajib bagimu melaksanakannya untuk kebahagiaan hakiki. Bahagia didunia dan bahagia diakherat.

    Sadarilah bahwa segala nafsumu bila tak kau kendalikan, maka tunggu saja kecelakaanmu. Segeralah bersemedi,meditasi,bertafakur,sholat, atau yang lain apalah namanya yang tujuannya adalah dzikir (mengingat) Tuhanmu dalam segala keadaan,tempat dan waktu.
    Dapatkan sorga-Nya. Sorga di dunia dan sorga diakherat. Amien.

  23. Dalam pewayangan ada tokoh Anoman. Digambarkan hanya seekor hewan kera putih berbadan kecil dan berdarah putih. Anoman = Ano (ada) Man (iman). Kita ini sebenarnya sangat kecil dibanding dengan keagungan-Nya. Namun yang membuat beda dari diri kita menjadi putih adalah iman yang ada didalam dada. Bila didadamu ada iman (anoman),biarpun kecil, Dasamuka (hawa nafsu) akan lari terbirit-birit ketakutan. Hanya dengan modal iman kita dapat meghadap Tuhan.
    Maka, sudah seberapa dalamkah iman masuk kedalam dada kita?
    Seberapa percayakah bahwa Tuhanmu yang mengaturmu. Kenapa anda
    masih pusing dengan mikirin ingat pacar,utang,pekerjaan,dll. Apalagi mikirin/ingatnya sewaktu sholat (menghadap/mengingat Tuhan), Seberapa besar imanmu? Jangan munafik!

    Anoman terus beranjak dewasa dan menyandang nama “Kafiwara” (kafiwaro/kaffah).
    Kita memang perlu masih banyak belajar untuk instropeksi diri sejauh mana kita dapat mengingat Tuhan dalam segala keadaan,tempat dan waktu. Bersyukurlah telah memiliki iman pada saat ini. Tingkatkanlah untuk dapat mencapai Tuhanmu. Jangan berbangga diri telah banyak memiliki ilmu, ilmu yang kau teguk baru segelas dari sehamparan samudera. Iman kita yang kecil ini harus kita besarkan menjadi iman yang dewasa. Tulisan ini tidak hanya sekedar bernostalgia atau ulang kaji. namun wajib bagimu melaksanakannya untuk kebahagiaan hakiki. Bahagia didunia dan bahagia diakherat.

    Sadarilah bahwa segala nafsumu bila tak kau kendalikan, maka tunggu saja kecelakaanmu. Segeralah bersemedi,meditasi,bertafakur,sholat, atau yang lain apalah namanya yang tujuannya adalah dzikir (mengingat) Tuhanmu dalam segala keadaan,tempat dan waktu.
    Pahamilah apa yang dinamakan taat dan ibadah. Dapatkan sorga-Nya. Sorga di dunia dan sorga diakherat-Nya. Amien.

  24. cahaya warna hitam,merah,kuning dan putih merupakan sebagian dari misteri di alam semedi yang pada puncaknya akan melebur jadi satu yang akan sangat sulit untuk diterangkan dengan kata-kata karena merupakan CAHAYA DI ATAS CAHAYA.

  25. “Gelap Nyasar Terang Buta”.
    Piye to,
    Pelangi2 alangkah Indahmu. Merah Kuning Hijau Di langit yg biru. Pelukismu Agung SIAPA gerangan. Pelangi pelangi,ciptaan Tuhan.
    Ati2 lho, Ageman.

  26. Intinya sebenarnya Dzikir itu ada 2 yaitu Dzikir Lisan & Dzikir Qalbu.Dzikir Lisan adalah LAA ILLAHA ILLALLAH yg bisa di laksanakan setelah Sholat Wajib ataupun Sunah,Sedangkan Dzikir Qalbu? Tanya lah kepada Ahli Dzikir ( wali talqin ), karena hanya Wali Talqin lah yang berhak memberitahu tentang Dzikir Qalbu itu..adapun Dzikir Qalbu bisa di amalkan setiap saat tidak ada batas ruang dan waktu, yang pada akhirnya berdampak Positif pada perilaku Dzikir tersebut..menjadikan hidup ini penuh ketenang,kesabaran,keyakinan,dan Insya Allah membawa kebahagiaan bagi hidup kita yang berDzikir karena hanya BERDZIKIR lah kita manusia ( Hamba-Nya) bisa berkomunikasi langsung tidak ada batasan kepada Allah SWT yang menciptakan Bumi Alam semesta ini..Insya Allah Mudah2an sekapur sirih ini bisa memberikan manfaat kepada yg membacanya Amin Ya Robbal Allamin.

  27. Semedi, zikir, meditasi atau apapun namanya hanyalah sarana untuk menumbuhkan rasa ingat, yaaaaa rasa ingat dalam hidup… hidup itu 24 jam seharinya cuuuu begitu khan hehehe…. kenapa bisa ingat ooo karena sebuah penyaksian oleh kesadaran eh bagai mana kalau kesadaran pun lenyap waaaaaaah mabuuuuk toak aren kejedot lubang hitam di rumahne si mbah gundule waaaaaaah diampuuuuuut pingsaaaaaan lagiiiiiiiiii weleh weleeeeeeeeh….. mas kiye opooo ooooooo sekali kali mbok ya ngerasain beras kencure ojo disuguhi toaaak areeen mlulu … widiiiiiiw dangdutaaaaan nyooook walaaaaah katane pingsan kok dangdutan duasaaaar caah gendeeeeng habiiiiiis silaaaaau MAAAAAAAn hahahaha…….. bikin hidup lebih hiduuuuuuup tambaaaaaah hiduup hehehe rahasianyaaa Beras Kencur ama Toaaaak Aren racikan arek Malang hihi…

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***
    Iyo Kang tujuane ( deduksine ) mung supoyo ben biso bali marang KESADARAN untuk ELING. Eling marang Gustine ugo Eling marang URIPE ugo Eling marang ASAL~USULE URIP. Sebab awak dhewe URIP iki ono sing NGAURIPI. Mangkane banjur biso nyruput Kencur campur Toak Aren…keks..keks…

  28. waaahhh,ini bener2 hebat.saya jadi ingat sekitar tahun 2000an,waktu pesawat garuda ditching(mendarat darurat di air)di bengawan solo,akibat both engine flame out(kedua mesin mati)akibat terkena icing di ketinggian 19.000feet!dalam keadaan pesawat yang tanpa daya,capt abdul rozak pasrah,dia bergumam dalam hati..”ya allah,seandainya aku harus menghadapmu hari ini,aku pasrah,aku serahkan hidup dan matimu kepadamu,ampunilah semua kesalahanku,namum…jika ada jalan yang terbaik..berilah aku yang terbaik.ajaib!dia dapat ditching dengan sukses,hanya dengan bantuan aileron pesawat yang masih bekerja dengan baik,logikanya,kebanyakan,badan pesawat akan hancur akibat terhempas di air,dalam kejadian itu semua selamat,hanya 1 pramugari yang meninggal.

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Pasarah….dalam artian PENYERHAN TOTAL tanpa ada lagi daya upaya bahwa segala yg beredar di alam semesta ini menurut KODRAT dan IRODAT sang Pencipta. Manusia hanya perlu MENYELARASKAN antara HIDUP/URIP dengan Jasad Badan Kasar ( RAGA )…kanti LAKU Sabar, Nrimo, Ngalah, Ikhlas lan Pasrah marang titah Gusti ingkang Moho Suci.

    Dalam KEPASRAHAN TOTAL kepada Gusti ingkang Moho Suci, akan menjadikan sifat2 RENDAH DIRI. Kerendahan diri akan membuat kita pasrah, membuat kita menyerah total kepada Tuhan YME. Pasti Tuhan akan membimbing orang yang menyerah sebulatnya. Menyerah dengan kerendahan diri dan dengan perasaan takut dihadapan-Nya sebagaimana tertulis dalam QS.Al – A’raaf 205. Sehingga dalam penyerahan tadi, pikiran tidak ikut campur di dalamnya dan karenanya penyerahan itu mutlak dan tanpa pamrih, penuh dengan kerinduan dan cinta kasih kepada-Nya yang telah menyayangi dan mengasihi kita tanpa batas.

    Rahayu pak Joseph

  29. nah,intinya,segala doa akan lebih terkabul jika kita memintanya bener2 dari dalam hati kita yang paling dalam(cuma kebanyakan kita bener2 brdoa pas lagi kepepet aja baru bisa serius).

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~***

    DOA..bukan merupakan sebuah PERMOHONAN, PERMINTAAN dalam batas ucapan manis di bibir, melainkan sebuah UPAYA, AKSI, TINDAKAN, PERBUATAN yang disandarkan kepada fungsi KESADARAN sang Pribadi tanpa kemelekatan fihak ke-AKU-an yg ada di dalam batin…yang teraplikasi dalam sikap KEPASRAHAN tadi…dimana sang AKAL PIKIRAN ( RAGA ) sudah tak mampu lagi eksis dan beperan dalam mendominasi sang URIP/HIDUP.

    • hey keduwuren boso nggerr?

      “KUWI MAU KEHENDEKE SENG MAHA ESA.DADI KEDADHEN SENG ONO ING ALAM IKI YO WIS ONO SENG NGATUR.KABEH MAU YA COBA.MANGKANE GEDEKKE ATIMU NGGER

  30. waaaahh..bener2 mantab habis nih bapak.ilmunya tinggi banget.salut dah pokoknya.memang,dalam keseharian,seorang penerbang(dan pilot2 yang lain)selalu dihadapkan pada sesuatu yang dia memang harus bener2 pasrah dalam menjalani hidup ini.memang rumor yang beredar,byk pilot yg beginilah begitulah ,sama pramugarinya anulah,tapi itu hanya segelintir aja,cm terlalu diekspos,itu kadang yang bikin kita sewot.kebanyakan kita adalah orang2 yang pasrah tadi,selalu menyadari betapa kecil kita dihadapannya.saya dan rekan2 penerbang yang lain selalu mempunyai kebiasaan berkomunikasi dengan yang esa,sesaat setelah final check list atau saat taxy out to runway in use(jika mau take off)atau sebelum melakukan landing configuration(jika mau landing).bahkan saat mobiling diatas 10.000feet,semuanya nampak betapa kecil kita dihadapnya,sehingga selalu saya teringat akan kasih sayang dan kebesarannya,dan saya sering terharu.pernah suatu saat IRS(internal reference system)di pesawat kami rusak.kami tidak bisa lagi terbang dengan prosedur IFR(instrument flight rules).saya hanya bisa berkomunikasi dengan tuhan(dengan ATC medan aproach jg tentunya),dan ajaib,saya dapat visual landing di medan aproach dengan selamat.saat kita pasrah,pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan rileks dan kita dapat bekerja dengan lebih cemerlang.rahayu juga buat bapak.

  31. ga sengaja mampir… tapi bagus banget nich tulisan. Mengingatkan beberapa tahun yang lalu ketika saya masih suka meditasi. namun sekarang karena kesibukan kerja telah membuat semuanya menjadi jauh berbeda.

  32. Kadang Songgo Jiwo,

    Semesthinya kesibukan kerja bukanlah menjadikan penghalang dalam LAKU ZIKIR, MEDITASI.
    Bukantah dengan bekerja kita bisa ZIKIR atau Meditasi..??? Inilah yg dinamakan ZIKIR, MEDITASI GERAK ( Zikir AKTIF ) yang sudah selayaknya kita WUJUDKAN dalam bentuk KARYA NYATA agar bisa RASAKAN oleh orang banyak. Dalam khasanah Jawa hal yang demikian biasa dinamakan SHOLAT DAIM.

    Maturnuwun Sowannya

    DAMAI DIHATI…..DAMAI DIBUMI

    Salam

  33. Carilah sarang angin bukan hanya dalam meditasi tetapi dalam kehidupan yang meliputi 24 jam…. suara desir dari alam kasunyatan alam kehidupan sejati… membuat hidup dalam hening cipta, hening rasa hening karsa…… wooooow hilang aku yayaya hilanglah sang diri karena geraknya adalah intuisi…. ooo yayaya saat tiada lagi kepemilikan atas sang diri ini meliputi yang lahir dan bathin…. saat semua menjadi tenang dalam keheningan yang meliputi 24 jam yayaya sungguh indah dan luar biasa….. lepas sudah bebas… tanpa fikir… tanpa rasa perasaan… tanpa rasa…. weleh weleeeeeh hidup yang hidup dan semakin hidup dan tambah hidup
    Salam Sejati Mbah Gundul
    cup cuup cuuup celepoooot tak cium gundule… hehehe

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    URIP langgeng tan keno owah gingsir soko KAHANAN JATI…
    Meneng ~ Anteng lebur dalam HUKUM KEJATEN yang SEJATI~BAIK~SABAR

    Weeee Kang Boed, kok mambu Jengkol..???

  34. Nuwun sewu Kang Santri, bilih kepareng nyruput BERAS KENCURipun, Ndherek ngaos kawruhipun babagan sholat DAIM menika. Matur Nuwun. Salam.

    ***~~~~~~~~~~~~~~~***

    Lah disumanggakaken Mas Arief,
    dipun unjuk sak kerso njenengan mumpung taksih GRATIS dereng kengeng tarip PAJAK……hhhhhhhhhhaaaah….

    Salam
    Rahayu

  35. :-)

    ***~~~~~~~~~~~~***

    SENYUM yang sangat MENGGAIRAHKAN…..
    Ahhhgk….ngeloyor sambil tersipu malu…Malu~malu Kucing getoh…?
    ?

  36. Saya pernah diingatkan bahwa ahli Zikir dan ahli wirid itu berbeda.
    Mengulang ulang bacaan misal laa ilaha Illallahu…atau Allah Allah (hu hu Hu) di dalam hati berkali kali itu masih dikatakan ahli wirid..belumlah Ahli Zikir

    Yang disebut Ahli Zikir (ingat) itu meliputi dan sekaligus (integrited):
    zikir dalam ucapan, –> ingat Allah
    zikir dalam hati dan –> Ingat Allah
    zikir dalam laku. —> Ingat Allah

    ucapan, hati dan tingkah laku, harus ingat kepada Allah, kang Makaryo Jagad, yaitu :
    ingat perintahNYA untuk dilaksanakan
    ingat LaranganNYA untuk di dihindari
    Ingat CobaanNYA untuk di disabari
    Ingat NikmatNYA untuk disyukuri.

    empat empatnya bukan datang silih berganti, namun selalu datang bersamaan dg wajah dan memiliki sudut pandang berbeda.

    lha saya ini lalu apa .. ?
    he he he Ahli wirid ya belum apalagi ahli zikir…
    tapi alhamdulillah saya seneng karo wong kang seneng belajar wirid dan/atau zikir, koyo kang Gundul.iki
    Salam sejati ku

  37. hihihi…. si mBah ngisin ngisin kee wae… ooops lupa habis makan jengkol karo sambal gak gosok gigi… hehehe… uenaaak tenaaan…. udahnya rokoan… siiip… semur jengkol alias hati macan number one… waladalaaah… semur jengkolku diambil simBah padahal buat besok sarapan pagi biar menyebarkan bau naga eee macan…. hihihi…
    Salam Sayang
    Salam Taklim

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Halah….mbok jangan keras-keras berbisiknya, klu Semur Jengkolne tak boyong ke Kalimantan…noh malu sama tetangga sebelah…ciks…ciks…pedahal aku paling doyan sama PETE…haaaaa….

  38. Kleresan langkung. Ok sanget paparanipun. miturut Anand Krishna, semedi lebih utk keprluan pribadi. meditasi akan membentuk pribadi yg manfaat bg lingkungannya……
    Mbokmanawi wonten ‘komen’ panjenengan?
    Matur nuwun.
    Salam kenal …..

    • Kadang Wongdeso…
      Hiiiiii…kulo njih tiyang ndeso kok.

      Injih sarujuk menawi SEMEDI, DZIKIR, TOPO BROTO meniko kanggih kepentingan Pribadi utawo OLAH DIRI…ning sejatosipun sami-sami nggadhahi tujuan MENGEKSPLORASI BATIN~URIP~HIDUP supados Kemrungsunge AKAL~PIKIR~EGO~NEPSU saged dipun Kendalekaken ing samubarang gawe andadosaken Sumunar Pindho Bhaskoro dumateng sesami makhluk. Tujuan utaminipun supados kito sedoyo saged peduli kaliyan KESULITAN~KESUSAHAN sesami.

      Salam kenal wangsul

      Salam…salaim…rahayu

      • Walaah, Nyuwun duko sanget Kang Santri, nembe saged langkung, amargi taksih sibuk ngupoyo upo.Matur nuwun pitedah ipun.
        Kang Santri ingkang minulyo, Kaparengo kulo cerios sekedik : Kulo sampun nate meditasi ngantos ilang sedayanipun rasa raga/jasmani, ingkang kraos namung ketenangan kebahagiaan keindahan amat sangatluaaaaar biasa ingkang mboten saged dipun cariosaken lan dibandingaken dateng menopo kemawon; paribasanipun mbok kalasemanten kawulo dipun kersa-aken dening Gusti kulo ‘ikhlas seikhlasnya bahkan lebih dari itu’. Bibar meditasi raga kados kala taksih ‘celondo’ alias remaja, suegeeer sanget lan kados2 mboten kadah beban satunggal menopo. Padahal rikala semanten masalah saabyek numpuk dikantor maupun di gubug kawulo.
        Namung ingkang kados makaten, sesudah beberapa waktu berlalu’lha kok kawulo malah ajrih nglampahi meditasi. Nuwun sewu. kulo nyuwun pitedah ‘arahan panjenegan.
        Rahayu Rahayu ,,

  39. mas apakah anda penganut atau warga KAWRUH BATHIN TULIS TANPA PAPAN KASUNYATAN ( K B T T P K ) kala gak salah pusatnya di malang.Tes putih soko bopo tes abang soko biyang wujud gedong cagak papat lawang songo, sedulurku sing ono wekasan urip sejati jaganen lawang songo ojo nganti ono opo-opo supoyo sampurno uripku ono ing ngalam donya ora ono gangguan opo-opo tegese telu-teluning atunggal. megeng napas. salam kenal matur nuwun.

    • Kadang sedulur sinorowedi ” Warzbank ”

      Walah….saya sendiri malah belum tahu jeh…klu di Malang ada Paguyuban ” Kawruh Batin Tulis Tanpo Papan Kasunyatan “. Kira-kira di Malang tepatnya di mana yah…??.

      Cuman emang saya pernah dikasih buku ” TRI KAHONO LOKO ” dari Ki Suryo Sandjojo asal Kebon Aging – Malang cetakan tahun 1956 sama Almarhum bapak saya tentang apa yang Kadang sampaikan seperti di atas, namun saya sendiri tidak pernah mengikuti Paguyuban seperti yang Kadang sampaikan.
      Apa yang Kadang sampaikan adalah merupakan jenis ELMU KESELAMATAN URIP yang digunakan sebelum seseorang melaksanakan bepergian yang umum saya namakan dengan istilah ” SINGKIR ” di dalam menjalani Kehidupan dan Penghidupan. Sebelum mengamalkan hal tersebut di atas, biasanya terlebih dahulu melakukan SESUCI ROGO ( Adus Banyu Suci ) dan SESUCI batin dengan Dzikir SIIR ( sifat 20 ). Baru selalu AJEG dalam memahami akan BLEGERE Kamnungsan dengan seringnya MENGKAJI :

      Tes Putih soko Bopo,
      Tes abang soko Biyang,
      Wujud gedhong cagak papat lawang SONGO,
      Isen-isene SUKMO SEJATI,
      Tulis TANPO PAPAN Kasunyatan,
      Gumantung TANPO centhelan,
      Lungguhe BATIN sing SUCI,

      Begitu sedikit yang saya tahu, mohon kepada Kadang bila mengetahui Alamat yang ada di Malang. Sebab saya sendiri saat ini berada di Kalimantan Timur.

      Salam tetepangan dan Kekadangan
      Rahayu…

  40. hmm.. mBaaaaaaah kemana nih.. kangeeeeeeeen.. kok gak ada yaaa.. hmm.. ooo.. pantesan gak keluar keluar.. lagi tapa baroto.. *mangut mangut*.. keluar pelan pelan.. takut ganggu..
    Salam Kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

  41. pamuji rahayu…

    lho kangboed.. * mangut – mangut # apa masak mangut ..saudaraku…? masakannya ganti lagi ya .. bukan semur ati macan lagi.. ganti mangut belut.., nyaingi mbah Suwung tan soyo suwung gung liwang liwung dumunung ana sakjerone suwung… hehehe..ya.. kangmas santrigundul lagi ndak mau njedulll, biar aja dulu nanti kan ujug ujug makbenduduk.., hehehe… eeeeladhalah jebule bawa oleh oleh yang lebih nyeessss…ngademke sedulur sakjagad…

    salam sihkatresnan

    Rahayu..,

  42. Sugeng rawuh malih mbah gundul, mugi saged paring wewarah malih kagem sedaya sedherek sasampunipun sowan angemuli jagad sahir lan kabir, supados saged nentremaken sedaya samodra ingkang taksih ngambrah ambrah nengga leh-olehe kaliyan ngunjuk beras kencur. Nuwun.
    Salam.

  43. Salam hormat & sungkem utk semua yang ada magnit suci didalam dirinya sepanjang hamba mencari jati diri yang sesungguhnya, tdk pernah hamba temukan seorang gurupun yang dapat membimbing kearah tujuan sejatineng gusti. semua wejang hanya arahan, yang dominan dalam menentukan zdat sejatine gusti itu adalah apa yg dikenal orang dengan hati nurani karena disitu ada kitab suci kang manggon neng telenge ati yen moco ngang go o makrifat, maka akan terbuka semua yng samar/ yang gaib. insa Alloh tdk akan keliru mencari zdat yang mbau rekso jagad pribadi & jagat raya ini . AMIN

  44. @Warzbank & Santri Gundhul
    Paguyuban ” Kawruh Batin Tulis Tanpo Papan Kasunyatan “, punya blog atau situs di internet?

    Salam Brrrrr
    El bloggero unido jamás será vencido!
    (Blogger Bersatu Tak Dapat Dikalahkan)

  45. Assalamu alaikum pak kariyan,

    “Sak temene Surgo lan Neroko iku ora ono, namun pikiran sing andadekake koyo mengkene”
    Lamuno wis koyo mengkene opo isih nuruti nafsu setane?

    Jangan keburu nafsu untuk menghakimi tulisan diatas tetapi akan lebih bijaksana jika mau sedikit berpikir dan bertafakur kan begitu pak kariyan?
    Salam
    Karyono

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    Wa’alaikum salam Kang Mas Karyono,

    Injih Sarujuk ” SURGA dan NERAKA ” hanyalah buah Pikiran~Prasangka~Angan-angan “> Sebenarnya itu semua sudah kita RASAKAN sekarang ini…Di Bumi ini…Saat ini…Detik ini….!!!
    SURGA = Kedamaian Ati.
    NERAKA = Kemrungsunge Ati.
    Hal ini sudah jelas banget bahwa orang yang lagi KEMRUNGSUNG Atine dilarang untuk mendekati Sholat…apalgi mendirikan…Bakal kena pasal ” Fawailul Lilmushollin alladziinahum an Sholatihim Sahun ” haaaaaaaaaaa…

    Kang Mas Karyono,
    saya beberapa kali koment di Blog panjenengan….susah banget sih..pindah pake wordpress saja dunk???

    Salam~Kangen selalu

  46. kula nuwun. namung badhe nderek maos seratanipun tiyang-tiyang linuwih. mbok menawi kula ingkang saweg anglampahi NEREKAning kadonyan saged uwal lan saged lumebet dhateng rasa sejati, sejating ngaurip. ngupadi tapak kontul nglayang, susuhing angin. mugi kula saged ketularan kawruhipun Kangmas Santri Gundul.

    sugeng pitepangan Kangmas..nuwun

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Monggo pinarak Kang Mas Adi, mugi kunjuk ing ngarso dalem kanti bingahing manah. Kawruh niku sampun manjing sajroning URIP panjenengan Kang Mas. Monggo sami-sami dipun Waos ugi dipun penggalih.

    Nuwun kulo tampi tetepangan kanti bingahing manah.

    Rahayu

  47. kulo nuwun mas…………………………..kulo pemula nanging ngantos dugi sepriki dereng waget. lah…………kanthi dalan pripun mas……….karep kulo kados ngrokok wis ngrasakne sedep, mantep lan anglegke.seger yen diroso. pripun niku………..? balas

  48. Mbah nun sewu,ndos pundi sesaget anoto ati ben saget ngrasa’aken rawuhipun sang hyang dumadi,sebabipun kawulo tasih dereng saget angroso saktemene topo.kadang tasek kala kalian howa nafsu ing gumreget ing urusan duniawi,

    • Assalamu’alaikum wr.wb
      nyun sewu ngapunten kang katah sanget dumateng panjenengan kang awal pitakonan anggeniku. ndos pundi ambersih jiwo kang alam dunyo niki dados manah kang sepi ing dalaemipun keramaian lan rame dumateng ing sak lebete manah.kang semedi ngaten ing dalem kasunyatan meniku ndos pundi.

  49. ass.ww. sugeng pepanggihan sarta sugeng tepangan, kawulo alit meniko badhe nyuwun pituduh dumateng panjenengan. Ingatasipun dalem kontemplasi katah wewayangan lan suwanten ingkang dumugi, sedoyo wau andadosaken ajrih sarta bingung, wewayangan dan suwanten meniko saking pundi, menopo suwanten sarta wewayangan meniku sae, menopo saking jin setan brekasakan ingkang membo-membo, sarta naliko tawajjuh namung peteng lelimengan mboten wonten menopo-2 kadang kala wonten sumunar cahyo ingkang edi peni. Nuwun sewu dalem nyuwun pituduh lan piwulang supados anggenipun dalem kontemplasi boten lepat tur saged wonten mergi ingkang bener tur pener, saged inna lillahi wa inna lillahi rojiun. Nuwun, dalem antu walesanipun saking panjenengan. wass.ww. dalem tuhu – bambang

  50. kang dpun maksud sedoyo wawasanten duwur wau meniko mung awarni nipun nafsu kito piyambak boten sanes sanesnipun sebab sedanten kito niki tesih gadahi wadah pingin dados ten ngajeng boten dibarengi kalian nurani qolbu dhohir kelawan dhohir ,dhohir kelawan ghoib, lang ghoib kelawan ghoib mekaten ingkan kulo mangartosi sangking guru sejati

  51. matur suwun wonten wadah…………………………….meniko
    Artikel baik sekali, yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya untuk bisa melakukan semua itu padahal kita orang sibuk dengan kepentingan duniawi yang tiada henti………………………….

  52. kulo nuwun…………… bagus sekali bahasanya………………………………….
    yang banyak kita bahas adalah kesempurnaan jiwa, padahal jiwa tanpa jasad itu bisa berbuat apa?
    trus gimana kita menyempurnakan jasad kita?

    • Sholat yg gk pernah putus2 dalam LIDZIKKRI segala yg terpadang karena dipandangkan-Nya sesungguhnya adalah wajah-Nya jua. Hingga dalam setiap aksi, tindakan dan perbuatan dalam merealisasikan SALAM penutup adalah AF’AL Nya yg difitrahkan kepada setiap makhluk.

    • banyak Mas Daniel..banyak sekali Paguyuban, Padhepokan, Yayasan dan Kelmbagaan yg mengajarkan olah Spiritual MEDITASI, DZIKIR…tapi…semua akan berpulang kembali pada DIRI SENDIRI.
      Para Guru hanya sebatas memberikan Guiden, Methode saja…selebihnya kita sendiri yg menentukan PERJALANANNYA.

      Dan pada akhirnya GURU dan MURID itu adalah DIRI kita sendiri. Sebab hanya DIRI kita sendirilah yg mengetahui BATAS KENYANG bukan orang lain.

      • tolong jangan di buka dulu lah mbah……. syariat dulu
        yang istiqomah saja susah pa lagi yang mudawama……..
        [kawulo alit]

      • tolong jangan di buka dulu lah mbah……. syariat dulu
        yang istiqomah saja susah pa lagi yang mudawama……..
        [kawulo alit]

  53. Sholat adalah meditasi tertinggi dalam Islam karena dalam sholat mengandung 2 unsur yaitu logik dan holistik. Logik adalah ayat yang kita baca sebuah puji dan puja kita kepada Allah.Holistik adalah lepas alias mancer nya kita ke Allah maka secara otomatis khusyuk akan terasa, akah dihadirkan Allah ke dalam diri ini. Khusyuk bukan dilatih melainkan khusyuk adalah pemberian Allah.

    Orang sholat tetapi tidak khusyuk karena masih merasa “aku” bukan merasa sebagai hamba. Jadi lepaskan ke aku an bisa bisa menjadi seorang hamba yang tidak punya apa-apa kecuali memiliki Allah dalam dirinya.

  54. HANYA DENGAN MENJAGA PIKIRAN , UCAPAN , HATI , Dan Tingkah Laku Kita Sehari2….itu Sudah melatih DIRI Kita Untuk Mencapai “KETENTRAMAN JIWA “

  55. mas gundul……nyuwun sewu,aku nderek ngangsu kawruhe nggih….mumpung sik diparingi kesempatan,iso iruh tulisane njenengan iku berkah,legowo banget aku rasane karo pituduh iki…..duh Gusti

  56. semedi, sholat, dan semuanya hakekatnya ingat kepada Tuhan… kalau kita banyak ingat, maka akan sayang, cinta, nikah (rujuk) kita akan paham akan lepas sangkan paraning dumadi,,,, dan semua itu harus ada penuntunyya…..

  57. Salam rahayu sedoyo sederek
    silahkan mampir ngopi di warung saya yg tdk seberapa indah
    untuk tuan rumah , matur sembah nuwun
    Pareng

  58. kulo nuwun poro kadang……………….. asslamu ‘alaikum wr.wb. poro kadang, mbok kulo dipun tuntuni kados pundi caranipun enggal manunggal roso nipun. samadi kang sampurno nyawiji marang batin kang suci. matur suwun sak derengipun kang santri, kulo tenggo balasanipun.

  59. assalamualaikum
    saya terharu setelah membaca tulisan kakang
    mau nanya
    yang bikin susah tenang itu apa ya
    saya masih kerepotan ntuk mencapai hening
    suwun

  60. salam knal mas.,. . . mas tlg sy minta penjelasan lengkapnya tata cara meditasi.mulai cara mengambil nafas dan kosentrasinya. ada literatur yg mengatakan waktu ngambil napas mengucap ‘Hu’ dan kluar napas mengucap’ya’. tapi saya masi rancu tata cr ngambil napasnya. tlg pencerahannya mas. trima kasih sebelumnya.

  61. Sak sampunipun maos….dalem kemutan dateng poro pinisepuh,ingkang sampun wonten alam sampurno…inggih puniko eyang Suryo,eyang sadirin,bopo salimin ugi bopo soejadi almarhum.pitutur utawi wejangan kang diparingaken poro sesepuh, ndados aken mana dalem kempang(kangen dateng sosok poro pinisepuh2)kapan dalem saget mirengaken wejangan/welingan2 maleh nggih…???

  62. tulisanya mantep mas….madep matep lan leres biala bumi indonesaia ini di huni dengan manusia yang mempunyai kesadaran batin maka insyak Allah akan menjadi bangsa yang sangat bermartabat..!!! saya sejutau seluruh bangsa ini harus di beri pemahaman tetang kesadaran jiwa..manugaling roso ing manugaling gusti!!!

    • Assalamu alaikum AKI,,,,,SAYA REZA DI WONOGIRI Saya pengen menceritakan pengalama saya Lewat internet ini, dan saya mengutarakan ucapan terima kasih saya kepada KI COKRO WINOTO yang telah membantu kehidupan keluarga saya, dulu’nya saya Cuma se’orang buruh kasar yang bekerja di salah satu TAMBAK IKAN milik PAK H. SUTOYO di daerah WONOGIRI .. Penghasilan saya perhari Cuma 50ribu rupiah, hanya pas pas’san untuk mengecukupi ke’hidupan keluarga saya..Alhamdulillah sekarang berkat angka ritual AKI yang kemaring 4d yaitu 5405 dan alahamdulillah saya dapat Rp 150 juta dan tadi AKI saya dapat Rp 90 juta karena angka AKI TADI 3D 284 tembus lagi alhamdulillah modal saya bertambah lagi KI dan kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan.. Saya sudah memiliki TAMBAK IKAN se’luas 4hektar..Kehidupan keluarga saya’pun jauh lebih baik dari pada sebelum’nya.. TERIMA KASIH KI COKRO WINOTO dan buat saudara bapak/ibu yang ingin mendapatkan REJEKI dalam PERMAINAN TOGEL..monggooo Hub/telpon KI COKRO WINOTO Di No Hp 0822-9225-2244 insya allah angka beliau di jamin 100% tembus dan anda akan sukses.trima kasih tas tumpangannya shob…..?

  63. subehanaallah,, mas santri salam kenal,.
    saya membaca artikel imas ini sunguh luar biasa, mas ini bukan hanya sareat tapi sudah ke marifat,,seperti yg sudah dijalan kan para wali allah,
    saya baru belajar tapi garis besarnya mungkin sama yang ditulis mas,,
    aku lagi belajar yg selalu diajarkan sunan bonang belajar mati sebelum mati, kenali diri sebelum mengenal tuhan, dan cara cara melepas ruh,, tapi aku masih pemula tolong di bimbing, wasalam

  64. yuwun pangapuro saderenge,…
    kulo tinggali sedoyo tulisan ugo ulasan kok podo pinter -pinter ngih…tapi podo keblingger babakan agomo lan ajarane kuwi yo ben podo dilakoni dwe-dewe…
    sing agamo ne islam yo ben dilakone isalame sing temen ben ditinemu karo gusti allahe.sing agomo liyo yo ben dilakoni menurut agamone karo kitab dewe-dewe. agomo kabeh kuwi nuntun barang kang bener sing ora bener kuwi menungsone sing gowo agomo mau,…ojo mayang mentoleh opo wae lak dilakoni kanti percoyo karo pasrah mesti kasunyatan…
    babakan semedi,wirid,zdikir,kuwi gawe coro lan aturan dewe dewe ojo di gampruh podo wae… kabeh mau ono tingkatane lan urut-urutane… ojo waton ngucap lan wedarake pangerten / kaweruh sing uwis ditompo. tingkatan spiritual manungso siji lan sijine kuwi mesti bedo,,,ono seng nyantren,peguron,ngelmu,lelaku,kabeh mau sak jane ngono ngolek sejatine kasampurnane urip seng sejati. babakan wong urip, sing gawe urip lak diwedar marang sing durung ngerti mundah bingung,,, nganggo sanepan wae …uneng -uneng kae sileme gabus kumambange watu item … mengko onok jaman jo majujo …langgar bubar, mesjid morad-marid sopo to mengko sing digolek i karo gusti allahe,,, lak wis iso golek-i tapak-e kuntul ma bur galek-i galehe kangkung opo to sejatine sing di kongkon golek-i manungguso kuwi,,,
    mulane kabeh mau ujung-ujunge golek sampurno ne urip neng jaman kelanggengan sak wise rogo mati, sing sowon roh sejati sing mboh gowo urip nang alam ndonya. mulo akeh pangerten sing mboh golek-i kanggo mengko bali onok jaman kelanggengan ono sing percoyo agamo,aliran,dalane macem-macem mung tujuane glek kasampurnane urip, pangerten / tuntunan kuwi ora perlu di wedare ndik umum jenenge ae kitab diri pribadi kanggo diri pripadi, seng umum ae diwedarne ndik umum mengko dikiro sirik ,aliran sesat,,, kenyataane uwis onok syeh lemah abang korban goro-goro protes ajarane wali,,,( sing ngak ngerti ) ben jaman mengko sing iso ngomong sing bener mesti bakal digolek-i ,,,,
    wis sak mene wae wedaranku / kritikanku …
    hong welaheng sekare bahwono langgeng…

  65. saya merasa sangat pingin tahu lebih detil lagi tentang meditasi itu..karna sangat menunjang atau menambah kukuhnya iman kepada Allah swt.

  66. bicara masalah meditasi atau semedi… mungkin arahnya masuk kealam diri yang terabai,,, karna kita sudah terlalu lama dijajah oleh otak dan pikiran yang selalu memikirkan duniawi…. memang seharusnya kita mulai sekarang sering belajar mengendalikan diri.. dan kami mohon pada semua yang merasa punya agama dan merasa paling benar,,, janganlah terlalu fanatik dan selalu menyalahkan agama/aliran lain… sebab AGAMA adalah pembelajaran/sarana kita mendekatkan diri pada sang Pencipta,,, benar salah Agama yang kita anut itu tergantung bagaimana kita bisa menerapkan dengan baik… agama/aliran/ajaran,,, adalah hubungan manusia dengan Tuhannya,,, tapi entah mengapa sekarang banyak sekali aliran yang merasa dirinya paling benar,, dan mengutuk dan juga mengkafirkan yang lain,,,,, memang banyak sekali manusia dengan pikiran dangkal,,,,

  67. saya kurang setuju Mengatakan Allah itu Bertempat di hati, sedang Alqu’an mengatakan Allah itu meliputi segala sesuatu dan dihadapan kita , tapi disini bersemedi bahwa ada dihati…..kalau boleh saya sarankan yang ada di hati itu hanya ilmunya saja, namun perlu dikaji lagi ilmu yang hag itu yang Bagaimana…….

    • tambah tolol aja lo kata hati itu kata yg sesungguhnya maksudnya bukanya akal,akal bs bohong,nafsu angan-agan, keinginan,itu kan kehendak manusia

  68. as. wr. wb. rkth
    nderek numpang komentar…
    Belajar mengenal sasmito alam, (komunikasi manusia dengan tuhan melalui alam sekeliling), melalui rasa, dan sasmito gaib. sulit di ceritakan….. apakah ada yang mengerti komentar saya ini. suwun.

  69. mas ponidin kalau nggak salah yg sampean maksud mengenal sasmito alam adalah membaca al-quran kodim yg belum tertulis anda harus didampingi oleh guru sejati, kalau nggak didampingi oleh guru sejati ya nggak bisa mas, karena peran guru sejati disini menuntun kita untuk membacanya,dan itupun atas kehendak guru sejati jadi bu kan kehendak kita, kadang lagi enak2 tidur dimalam hari kita seperti dibangunkan di ajak jalan2 kadang sampek pagi kita baru sadar dan pulang, yg dimaksud baru sadar karena selama perjalanan kita akan keasyikan dituntun oleh guru sejati kita untuk membaca alam beserta isinya termasuk manusia, binatang dan tumbuh2an misalnya kita melihat seorang ibu setengah tua jam 2 pagi bersepadah penuh dengan sayuran itu juga ayat yg belum tertulis krn setelah dijelaskan oleh guru sejati ibu tersebut seorang janda beranak 5 jadi hrs berjuang untuk menghidupi ke 5 anak tsb, dan perlu diketahui apabila ibu tsb ikhlas ( tdk ngedumel / ngomel )dalam menjalaninya maka dosa2 besar tertentu akan terhapus, disitulah ayat2 yg tidak tertulis tapi sangat perlu untuk kita ketahui, kita harus ikhlas apabila kita berjuang mengais rekeki se mata2 untuk keluarga silakan dicoba insyaallah lancar, dan masih banyak lagi ayat2 belum tertulis yg akan kita lihat contonya dipinggir ada krumunan orang lagi main / berjudi sambil ter tawah2 cekakak an itu bunyi ayatnya kayak apa, ya demikian kurang lebihnya sy mohon maaf sebelumnya terutama sama mas gun yg punya rumah takut dimarahi mas gun sopo iki ngumbar suoro nang kene, ampun mas gun salam katresnan….. rahayu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s