Meneruskan PERJALANAN

Poro Sanak Kadangku sedoyo ingkang Minulyo ( Saudara-saudaraku semua yang diberkati Gusti Allah )

Dalam beberapa hari ini, minggu ini, bulan ini atau entah sampai kapan. Saya mungkin harus HENGKANG dari dunia MAYA ini. Entah apakah nanti saya akan kembali hadir meramaikan dunia MAYA ini atau tidak, embuh…wis aku ora weruh…Ada perjalanan yang harus saya kerjakan dan selesaikan untuk memenuhi KAREPING ROSO. Bukan karena JENUH ataupun MALES NGEBLOG lageh, bukan…bukan karena itu masalahnya. Tapi ada sesuatu yang memang membuat saya harus memenuhi KAREPING ROSO yang begitu kuatnya menarikku hingga saya tak mampu lagi untuk membendung dan menghentikan apalagi sekedar hanya untuk melawannya. Oleh karenanya, menyadari akan keadaan saya yang penuh ALPA dan LALAI ini, saya hanya mohon Poro Sanak Kadang mau memberikan KEKUATAN dan KELAPANGAN hati untuk MEMAAFKAN DIRI ini jika selama ini ada sikap, tutur kata atau tindak tanduk manusia lemah dan bodhoh serta DZALIM ini yang pernah “ KURANG AJAR “ dan tidak berkenan di Hati saudara-saudaraku semuanya yang sangat saya cintai.


Jujur…begitu berat walau sementara mungkin seh…. untuk tidak MENYAPA kembali saudara-saudaraku yag SEJATI di dunia MAYA ini. Walau kenyataannya kita belum pernah bertatap muka sekalipun, namun rasanya TAUTAN HATI yang terjalin diantara kita begitu melekat kuat TERPATRI INDAH bagai hamparan PELANGI dalam sang PRIBADI-ku. Biarlah semua ini terukir dan tertoreh di dalam “ GESANG KITO PRIBADI kang YEKTI “ diantara kita.

Sebagai RENUNGAN mari kita simak wewaler di bawah ini yang masih berkaitan dengan Teka-teki “ TAPAK KUNTUL NGELAYANG ( mabur ). Namun mohon maaf jika ini tersajikan asli dalam bahasa Jawa. Kalau ada saudara-saudaraku yang mau menjabarkan dalam bahasa Indonesia monggo dipersilahkan. Wewaler ini saya nukilkan dari wejangan “ Guru PAMEJANG “ Ki S. Suryosanjoyo dalam “ KAWERUH MONCO WARNO “ dari Kebon Agung – Malang – Jawa Timur.

Tapake Kuntul Nglayang ( mabur ) : Iku ateges, Ora nganggo labuh, tanpo tilas, nyatane metu soko KAHANANE.

Kombang nganjap ing tawang : Iku ateges, Gesang kito pribadi kang durung oleh panggonan ( Ghaib ).

Panca Driyo : iku ateges, Pikiran cacahing 5 ( limang ) perkoro kang soko ROSO.

Kusuma Anjrah ing Tawang : Iku ateges, Wiwit nyoto KAHANANE.

Tunjung tanpo Telogo : Iku ateges, Kembang Teratai kang urip ono ing Banyu.

Isine Bumbung ( Wuluh ) wungwang : Iku ateges, Isen-isene wong kang banjur kang diarani MANUNGSO.

Golek Geni Dedamaran : Iku ateges, Manungso kang golek Kaweruh becik kudu madhangake ANGEN-ANGENE.

Ngangsu pikulan banyu : Iku ateges, Lamun karep ngupoyo sandhang pangan kudu ngetokake KRINGETE dhewe.

Jaran ngarep ing pandengan : Iku ateges, Cumitake ANGEN-ANGEN

Kekesod ngideri Jagad : Iku ateges, Kawedar kahanane.

Kodhok ngemuli lenge : Iku ateges, Anane Gusti yo anane Kawulo. Awit anane sifat kawulo diliputi ing Gusti. Dadi Dzating Gusti iku sing nguwasani sifate manungso, awit Gusti wenang MBABAR ugo wenang NGUKUT.

Galihe Kangkung : Iku ateges, Anane Hyang SUKMO SEJATI sing teko lan lungo.

Mudah-mudahan wewaler diatas bisa menjadikan bahan perenungan bagi kita bersama dalam menjalani kehidupan kita masing-masing dengan harapan kita bisa saling ASAH, ASIH dan ASUH dengan landasan sikap yang RAHMAN dan RAHIM ( Welas Asih ) terhadap sesama makhluk UNVERSAL “ tanpa memandang ATRIBUT yang dikenakannya “ agar kita selamat dan selalu berada di JALAN yang LURUS ( Ihdinas Sirotol Mustaqim ) untuk bisa PULANG kembali kepada Tuhan Yang Maha MEMILIKI dalam keadaan “ Nafsul Mutma’innah ( Jiwa yang tenang )“ hingga yang namanya “ Kolu Innalillahi wainna Ilaihi Rojiun ( semua yang berasal daripada-Nya akan kembali kepada-Nya ) “ bentul-betul menjadi kenyataan kelak. Amin.

SYAHADAT PANETEPING AGOMO

Bismillah Hirrohman Nirrohim.

Ingsun anebut Asmaning Dzat ingkang Moho Suci kang WELAS ASIH

“ Asyhaduallah Illaha Illallah, wa asyhaduanna Muhammadar Rosulullah “

Ingsun anekseni (angaweruhi) Syahadat panetep panata Agomo kang jumeneng “ Rochilafi “ kang ono telenge Ati kang dadi pancering URIP, kang dadi lanjering Gusti Allah kang tunggal ( Esa ). Wangunane Muhammad kang dadi utusaning Dzat kang Moho Suci yao iku sejatine Cahyo kang sinampurno ingkang madhangi alam kabeh sak isine. Becik donya ugo becik Akherat. Slamet Donya ugo Slamet Akherate.

Akhirnya dengan harapan semoga kita masih bisa bertemu lagi dalam dunia MAYA ini.

Nuwun.

Pamuji RAHAYU buat semua saudara-saudaraku yang TERKASIH.

82 comments on “Meneruskan PERJALANAN

  1. Waduh, nembe arep kangen-kangenan wis arep mabur….
    Yo wis kang, selamat menempuh perjalanan, semoga menjadi perjalanan yang mendapat rahmat dari Illahi Robbi, mendapat ridho Nya…Amin

  2. meneruskan perjalanan? Lanjutkan, Mas Santri. Kalau memang ada proses yang lebih penting dan bermakna dalam menemukan kesejatian diri, kenapa mesti ditunda. Lanjutkan, Mas, semoga perjalanannya nanti mampu membawa berkah keselamatan dan kesejahteraan, baik utk pribadi mas santri, keluarga, atau orang lain. Mangga, Mas, ingkang ngatos-atos, mboten perlu noleh wingking malih, hehehehe😆

  3. sampai ketemu lagi kang Gundul,bila sdh waktunya tiba saya juga akan mendem dulu,karena tinggal sedikit materi yg diberikan oleh mbah yai Faqih ( pasuruan )tentang sifat 20 itu.

  4. Ealah kang mas… sumprit deh gw gak tau arti yang diatas…
    Pleazeee…. deh… ada yang berbaik hati untuk men-translate-nya… Padahal dah lama banget gak berkunjung kemari…
    Lagi kangen2nya, kog malah hengkang seh kang???
    Halah… gubrak…😉

  5. Ada yang kelupaan neh kang…
    Sayonara… Titi DJ yach?
    Hope be successful in the future…
    Jangan lupa kirim2 surat kemari…
    Hihihihi….😉

  6. ::ono opo toh cak santri, koq tiba-tiba ..too nag rene wae..ngelakoni sambil topo…selamat dunia akherat…..
    sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW “aku lebi senang mengurus urusan saudaraku ke suatu tempat, ketimbang i’tiqab di mesjid selama sebulan penuh”, namun urusan roso…selamat menempuh, selamat kembali…jangan tutup mata kaki, namun jangan celananya yang dipotong….selamt..selamat…

  7. titip yo kang gundul nggo wong blitar

    Pupuk Bersubsidi Mulai Langkah
    19 Mei 2008 – 9:33 WIB
    MUSA Z

    VHRmeida.com BLITAR- Kelangkaan tidak hanya terjadi pada BBM, tetapi mulai merembet ke pupuk bersubsidi. Kelangkaan tersebut terjadi hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Blitar dan Trenggalek.

    Untuk Kabupaten Blitar, kelangkaan terjadi pada empat pupuk bersubsidi. Yakni Urea, SP-36, ZA, dan Phonska. Sedang di Trenggalek, hanya Urea yang masih tersedia di pasaran. Tiga jenis pupuk lainnya seakan menghilang dari pasaran
    ———————————————————–]

    klo ZA bisa diganti Urea campur belerang. tinggal unsur Pospor dan Kalium. Di Delanggu klaten ada pabrik pospor organik.

    trims

  8. Selamat jalan kang santri, mana yang utama maka itu yang pertama. Jika mungkin bisa saling sapa, maka waktu untuk menyapa pasti akan datang juga.
    Selamat jalan
    Selamat jalan
    Selamat jalan

  9. menanggalkan terompah, menapaki jejak si kunthul mabur…
    nora butuh kanca, nora butuh mungsuh…
    butuhe kabecikan…

    sluman, slumun, slamet… rahayu sakabehing urip.

  10. Air mengalir sampai jauh…akhirnya ke laut..(sambil nyanyi)…seperti Musa: aku akan terus berjalan tidak peduli sampai kapan, hingga aku sampai di pertemuan dua lautan…selamat jalan, Kang Santri

  11. We ladalah elok temen lelakon iki…
    Gusti Ingkang Akaryo Jagad wis paring kanugrahan, Dewa Ruci wis kawedar. Byar padhang jagadmu Kang Santri. Iqra bismi rabbik….wis nuntun lakumu kanthi nutup babahan hawa sanga nuju kasampurnaning langit papat lan bumi loro. Wis bisa mangerteni maknane GOD lan TUHAN, jalaran DOG kuwi njegog2 yen weruh HANTU.. Ruh Ilafi nuntun marang Sukma Sejati….
    Sing antheng kakang…tunggunen wedharing pituduh lan pitulungan saking Dewo Wolu kang bakal medhar hasta brata….Yoh karya slamet Kang Santri, Mugi Gusti Ingkang Akaryo Jagad tansah paring kawelasan, kawilujengan, kasarasan, tinebihno ing sambekala, kalis ing bebaya tumrap sliramu. Jaya…jaya wijayanti…lebur dening pangastuti. Tok…tok…tok..
    *walah…malah ndalang*
    wusssss….

  12. hangidunga piweling kaki
    sabda palon pamong nusawantara
    ameca kasengsarane
    rakyat nusa sedarum
    nampi panodhining Hyang Widhi
    kalambangnya wong nyabrang
    prapteng tengah kali katempuh
    santering kali kang bena
    yeku ing Gapura Sapta Ngesthi Aji
    keh jalma samya lena

  13. Huhuhu… Om… Kok pergi sih… Padahal aku yang lagi semangat blogwalking…😥
    (Asline sik gak lila, tapi yaapa maneh…😥 )
    Ya wis lah, padahal masih banyak yang harus kutimba dari sampeyan. Wis, selamat nglanglang bhuwana wae, Om… Semoga mendapat apa yang dicari…
    Tapi jangan lupa kasih kabar…

  14. Walah…Mas Kariyan ini kok sepertinya mau pamit kemana gitu… hehehe…😉
    Baru pindahan dari blogspot ke wordpress, eh..lha kok mau kabur lagi…hayooo ngaku mau kemana yo😀

    Opo wis ketemu Kuntul Mabur sing cocok ya, sehati gitu… hwekekek…😉

    Yo wis nek ngono, mugo-mugo panjenengan tansa pinaringan slamet soko Gusti Allah…

    Salam dari Surabaya,
    Wuryanano

  15. ya wis, oyaken apa sing kang dadi karepmu. legakna sikilmu, bebasna lakumu. mumpung cengkir durung gogrok, aja nganti jiglok yen durung akeh santen-e.

    kepara sepet wis ilang banyuni, tetep nempel ana pucuk. ben isa nyawang kaendahane ati sing sak temene.

    sugeng tindak…

    salam,
    den bagus lare yojo

  16. Pak karyan mau kemana? maafkan zaki yang lama ga blogwalk di sini. Bapak mau kemana, jangan ngabur dl gt donk, pasti zaki kangen ma bapak. Maaf kl zaki banyak salah, salah untuk semuanya. Kapan ya ketemu lagi? di maya maupun di realita.😦

  17. Mo kemana, pak ?
    Wah…sekali-kalinya mampir kemari tuan rumahnya malah gak ada…:(
    Hm..sayang sekali saya gak begitu bhs jawa tingkat tinggi, pak…Jadi gak begitu paham ama tulisannya..:)

    Hm..saya juga mohon maaf jika ada salah dan khilaf…

    Selamat berjuang, pak…
    Semoga lekas kembali

  18. Yoben ojo di goleki ilange pawongan iku, amargo deweke lagi goleki jati dirine, sopo kang biso sumurup marang pribadine tamtu ora kasamaran marang gustine, mugo2 kabeh sing podo gulo wenthah rosone dewe2 men jumbuh marang gustine, ono tetembungan mangkene ono padang dudu padange rino, ono peteng dudu petenge wengi, lan dewene mengko yen wis jumbuh marang gustine bakal ono jejibahan anyar kanggo nuntun poro umat2 agomo kabeh, wis podo gegulangen sing wis mbok tompo soko poro kyai, ulama, brahmana, yang yogi sing penting iso di rasake.

  19. Om jangan lupa bawa buku dan pulpen ya… eh siapa tahu namanya manusia kan suka lupa sama kejadian kalau gk ditulis,
    ntar minta critanya disini ya om…🙂

  20. mahanani kaelokaning jagat sing diliwati sang pandita iku, para widadari padha nembang prasasat akeh wong padha bayen (mbayi).
    bisaa mesem sajroning tangis
    bisaa nangis sajroning ngguyu

  21. Tulisan-tulisan yang tidak bisa menjawab pertanyaan apa yang terjadi sesudah mati, hanyalah sampai kebatinan saja, belumlah tentang ruh apalagi tentang Tuhan.

  22. emang paling afdol bertanya pada orang yang sudah mati saja di kuburan, kalau yang masih hidup orangnya sedikit dan Anda sudah malas duluan untuk mencarinya
    hehehe

  23. @wong ndeso
    he he he juga…., ndak usah tanya pada yang udah mati, banyak orang dah tau kalo setelah mati, nunggu kiamat, setelah kiamat hidup lagi, setelah hidup lagi baru disuruh mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di dunia ini, trus masuk neraka atau surga tergantung amalnya masing-masing sewaktu masih di dunia.🙂
    Yang masuk surga berarti bersama jasadnya, wong sudah hidup lagi. Masuk neraka juga bersama jasadnya lho.🙂 🙂 🙂 Yang konsepnya nggak sampe ke alam kubur, kiamat, hidup lagi artinya kan ajaran kebatinan to? 🙂

  24. @wong ndeso
    mohon maaf bila tersinggung, tapi ini ada pendapat yang mungkin lain-mungkin sama.
    -Syariat = mempelajari hukum2 yang berhubungan dengan jasad, muamalah, fisik
    -thariqah = ilmu sisi batin/hati
    -hakekat = ilmu tentang ruh
    -ma’rifat = ilmu tentang ketuhanan/ Tuhan
    Kalau saya mencari tentang imu batin dari yang asalnya hadramaut, atau dari amerika (syaikh muhammad hisyam kabbani), atau dzuriyyat yang ada di indonesia, kayaknya ajarannya sama, meliputi aspek dunia (langit dan bumi) dan ukhrowi (akherat). Artinya secara tersirat menggambarkan alam dunia, alam kubur, kebenaran hari akhir.
    Apalagi yang perlu saya cari untuk menambah-nambah bekal hamba Allah yang hina rendah takberdaya dan butuh Allah ini.

  25. kayaknya bekalnya dah cukup kalau mo nambah ya bawa suplemen air bergelembung supaya gak ngerasa rendah dan tak berdaya. anda kagak butuh Allah, hanya butuh keberanian.
    jika di otak tidak ada jawaban… turunlah ke dada, kalau gak ada jawaban lagi ya tanya ama “anu”mu. cermati saja ketiganya punya dunia sendiri-sendiri tetapi perlu disinkronkan sehingga membentuk satu manusia yang utuh.
    kuncinya… apa yang ada, yang tidak anda sukai adalah milikNYA, maka perbaikilah itu dulu sebelum ketemu empunya.

  26. @saharanun
    rasa rendah dan tak berdaya dihadapan Allah swt kan baik, bukan rasa rendah dan tak berdaya dihadapan manusia. Cobalah sampeyan merasa dah ngetop, paling suci, paling kuat dihadapan Allah swt, atau lebih baik daripada Allah swt, ujung-ujungnya pasti ujub/sombong dihadapan manusia, dan kalau kena masalah berat ujungnya stress. 🙂

  27. ya ya ya
    semua dirasakan dan tak bisa mungkiri perilaku pribadi
    semakin banyak berjalan mengamati hidup dan kehidupan akan semakin mengerti untuk menjadi manusia seutuhnya.

  28. Tutupan

    Kalau diibaratkan total semua cahaya yang dibawa dari Adam, nabi2 di timur barat utara dan selatan sampai Nabi Isa Al masih (al masih = cristo = yg diminyaki dengan miyak urapan = kristus (?) ) dengan cahaya yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw adalah= setetes air dibandingkan dengan seluruh air di samudra. Allah swt mampu membuat hati Muhammad saw menampung cahayaNYA yang meluas.

    Dengan sedikit cahaya dari Nabi Muhammad saw saya hanya berharap menjadi mengerti bagaimana manusia seutuhnya itu sehingga mampu melihat dan menempuh jalan yang lurus. Dari salah satu cahayaNYA adalah AL QURAN 4:56 = Sungguh orang-orang yang membangkang (kafir) kepada ayat-ayat KAMI, kelak akan KAMI masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, KAMI ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab. Sungguh, Allah Maha-perkasa, Mahabijaksana.

    matur nuwun semuanya.

  29. yayaya bibit kesombongan umat Islam berawal dari situ, jika manusia membawa firman Tuhan dan bicara seperti Tuhan

    ayat-ayat suci biarlah Allah sendiri yang mengatakan pada hkalbu orang-orang yang dikehendaki… yang diberi pelajaran… yang berhati seluas samudra… yang membawa kedamaian bagi seluruh alam kehidupan. A-

  30. apa yang kmu cari dalam kehidupanini ? kemuliaan harta benda nama besar ilmu kesaktian ? semua itu hanya bayangan . kamu akan tentram jika bisa merasa cukup. damai kalau bisa rela dan menerima. mungkin kita bsa dialog lewat email saya. salam rahayu bagi yang mencari sejatinya diri. amien

  31. Shalawat lan salam kawula dumateng Nabi Salangkungan lan salangkungipun.

    Banyak buah lupa akarnya, merasa menjadi wujud paripurna (buah) tapi lupa asal-usulnya, merasa bisa menulis tapi lupa asal hurufnya, Adam yang awal/pertama diciptakan adalah yang diajari Tuhan tanpa perantara…
    sehingga jika umat Muhammad mengklaim agamanya sebagai yang paling sempurna adalah lahir dari kesombongan yang sangat dibenci Tuhan (ingat cerita iblis yang dikutuk karena kesombongannya)

    hehehe… sadis!

  32. @wawu ndombleh
    Yang bilang telah kusempurnakan agamamu dan kuridhai Islam sebagai agamamu kan Allah, Tuhan kan boleh-boleh aja sombong. Tapi kalau umat manusia janganlah sombong. Namun kalau umat muhammad merasa Islam yang paling sempurna kan boleh aja, tambah yakin tambah baik. Umat lain yang merasa agamanya yang paling sempurna juga boleh. katanya bagiku agamaku bagimu agamamu

  33. SELAMAT JALAN, SEMOGA MENDAPATKAN SEJATINE WONG NGAURIP..! SEPULANGNYA, KEMBALI BERSAMA MEMBANGUN BANGSA YANG LUHUR BUDINE
    bagi para kadhang, seluruh tamu yang budiman, yang selalu haus akan piritual, dan tiada henti mencari Tuhan, sambil menunggu “oleh-oleh” Mas Santri sepulang dari pengembaraan spiritual, silahkan mampir ke rumah kami, semoga secangkir kopi hangat, segelas teh manis, dan secawan intip goreng saya hidangkan,
    dapat melegakan dahaga spiritual anda
    tanpa harus terintimidasi neraka dan iming-iming syurga
    tak membedakan apa latar belakang agama anda…

    http://sabdalangit.wordpress.com

  34. kesuwun Sanget Kang, atas pengertian Galihe Kangkung : Iku ateges, Anane Hyang SUKMO SEJATI sing teko lan lungo. tapi kulo kok tasik rodo kurang paham teng atase arti ateges Galih Kangkung niku? brarti SuKmo hyang sejati lungo lan teko? lan nopo Hyang Sukmo sejati niku podo aran tegese kalih Guru sejati?
    ingkang medal saking setiap manungso saking idzin lan barokahe Gusti Allah Taala?

  35. andum slamet mas, slamat jalan, bagi oleh-olehmu nanti…

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Lah..lah…ini sudah kembali mas. Baru saja ON seminggu lalu he..he…lantaran kangen saja sama sedherek sedulur sepuh lan enem wonten dunia Blog meniko.

  36. ***@ mbak Toety,

    Iyo mbak jarene sejauh-jauhnya Merpati terbang kembalinya ke Pegupon juga,,,kaks..kaks..

    ***@ mbak Nurul sing Imut2…MANIZT gak yah???
    Aahhg..gak ada maksud apa2 tuh gambar mbak, cuman kok APIK saja klu dipajang getoh…

    ***@ Sam Wijaya

    Salam OngiS nadE dhisik sam…hak…hak…
    Ono sing ketinggalan sam…Alas MERU BETIRI durung disebut hayoooohhh….lan terakhirne balik neng PADHANG KARAUTAN….dadi HANTU meneh….
    Hanune Ken AROK…kaks..kaks….

    Suwun wes mampir, tak LINK yo, mlebu gorup Kera Ngalam.

  37. Malam semakin sepi mencekam
    Saat ini ku duduk termenung sendiri dalam kesepian
    hanya bertemankan jerit dan tangis batinku ini
    Entah kenapa rasa itu tiba tiba datang menghampiri

    Kucoba merenungkan sang diri
    apa yang terjadi dan apa yang diinginkannya
    suka duka silih berganti telah kulalui
    tawa canda dan tangisanpun selalui mewarnai

    Tapi apa apa sebenarnya yang kucari ? Entahlah !!
    kuraih harta duniawi tapi jawabnya pelan Entahlah !!
    Kucari dalam kenikmatan duniawi eh dia menangis dan berkata lirih, Entahlah !!
    Kucari kedudukan kehormatan dia tetap tertegun dan berbisik Entahlah !!

    Kucoba masuk lebih dalam untuk bertanya pada sang diri
    dia masih terdiam membisu
    dia masih bungkam seribu bahasa
    sampai satu ketika dia berbisik sungguh pelan bukan bukan itu

    Akhirnya kuterdiam kembali dan mencoba berpikir lebih jernih
    Burung di udara Tuhan pelihara
    tumbuhan hijau Tuhan pelihara
    binatang laut darat Tuhan pelihara

    jodoh, takdir, rejeki sudah tertulis dari awal
    kenapa aku harus khawatir lagi akan dunia
    toh semua sudah tertulis tinggal kita lalui
    apakah bisa dilalui dengan baik atau tidak

    Bodohnya aku kenapa aku harus meminta minta akan dunia yang sudah dijaminNya
    Tololnya aku yang selalu memaksakan kehendakku dalam permohonanku tanpa mencoba mengikuti kehendakNYA
    Mengapa aku belum bisa memasrahkan segala sesuatu padaNYA tanpa mulut ini diam
    Sungguh tak kusadari aku bertuhankan egoku sendiri

    Selama ini ………..
    Kupaksakan keinginanku
    Kuminta yang enak enak
    Kumohon yang nikmat nikmat

    Ketika diberikanNYA padaku
    aku pura pura bersyukur
    ketika ditolakNYA keinginanku
    aku menangis duh Gusti kieu kieu teuing

    ternyata bukan bukan itu yang Kumau
    sang diri akhirnya berkata dengan tegas
    bukan itu yang Kuingini
    semua hanya membuatKu menangis sedih

    Kesejatian yang Kumau dan Kudambakan
    Ingat itulah tujuanKu turun kemuka bumi
    Mohonkan kesejatian minta dengan kesungguhan dan rasa tak berdaya
    Hanya itu hanya itulah tujuanmu

    akal pikiran bersih dan hati nurani yang jernih
    gunakanlah sebaik baiknya untuk mencipta
    berkarya demi maslahat seluruh saudaramu
    jangan kotori lagi niatmu

    masuk masuklah dalam kesucian
    sucikan hatimu murnikan nuranimu
    kuatkan tekadmu tegaskan semangatmu
    Sampai satu saat engkau bertemu dengan yang kudamba

    akhirnya kutersadar
    kopiku sudah habis
    sang diri telah berhenti berbisik
    diam kutersenyum kucoba menatap esok lebih baik
    Entahlah !!!!!!!!!!!!

  38. eh … hehehe ….
    namanya ketinggalan di bawah saja yaaa…….
    Itulah perjalanan sudah satu paket dan tertulis dari awal bahkan berjuta juta tahun yang lalu hiiiiiiiii… sekarang tinggal mo menjalaninya dengan senang hati atau ruweeeet tinggal pilih koo …. gitu aja kok repot… hehehe…. suka tidak suka senang tidak senang wiiis jalan waeee toh kita semua nie lagi manggung dalam dunia khayaaaaaaal hahahaha………..

  39. ***@ Kang Boed.

    Sampeyan iki pancne TOP MARKOTOP tenen yen bikin PUISI dan BERFILSAFAT.

    Kang kalau sudah MASUK ke yang LEBIH DALAM,
    Dan bertanya pada sang DIRI.
    Mengapa masih BERPIKIR???

    lah iki lak jenenge podho karo MLEBU…METU, BOLAK…BALIK…alias MUNTUB~MUNTUB….
    keks..keks…

    Hayo Kang mbok sampeyan nggawe BLOG saja.
    Karya2 sampeyan ki APEK TENAN loh Kang…
    Iki omongan ASLI, ora MABUK TOAK iki rek…..
    neng MABUK KOPI TUBRUK…

    Huaaaaaaaaaakks..kaks..kaks…

  40. AL A’RAAF 2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.
    IMAN inilah Ruh atau Jiwa atau Esensi Shallat, shallat masih terputus putus tetapi iman 24 jam sehari tanpa putus, Seseorang tanpa sadar masih tak marah kalau ditanya kenapa kamu gak shallat dia masih bisa jawab sambil tersenyum, tapi coba kalo dia ditanya mengapa kamu gak beriman, he he he dijamin anda dimarahin bisa bisa digamparin… alias ditabokin hehehe…
    Ternyata tanpa kita sadari sang diri tahu sekali pentingnya iman dan tak seorangpun yang mau disebut orang tidak beriman, tapi sebelumnya kita juga tetap harus melihat petunjuknya dan memeriksanya kedalam diri kita pribadi masing masing lepas dari menunjuk keluar dari diri kita, karena iman ini adalah urusan yang didalam diri masing masing dan modal terpenting bagi kita dalam melangkah.
    Hei orang orang beriman maka akan tergetarlah hatimu ketika mendengar nama Allah,…….
    Standar minimalis bagi kita kita semua yang mengaku sebagai orang orang beriman mari mari kita tanyakan kepada hati kita sudah kah kita tergetar ketika mendengar nama Allah, sudahkah hati kita tergetar ketika mendengar panggilan suara adzan membahana di angkasa, sudahkah hati kita tergetar ketika kita berzikir mengingat Allah ? jawab saudaraku, renungkan saudaraku, jangan saling tunjuk karena ini urusan kita masing masing dan akan menjadi pertanggung jawaban kita masing masing ayo jadi orang egois dalam arti yang positif jangan hiraukan yang lainnya tempuhlah jalan kedalam diri sampai engkau menemukan kesejatian.
    Getaran hati maknanya sangatlah dalam getaran hati melambang pelbagai hal bisa getar kerinduan, getar ketulusan, getar kasih sayang, getar keikhlasan semua getaran hati tersebut ternyata buah dari cinta. Ternyata hanya cinta yang bisa membangkitkan getaran hati, karena itu mari kita tempuh jalan cinta mulai kita amenyadari semua perjalanan sang diri dan mencoba mulai mencintai Allah lebih sungguh lagi dalam cinta ada ketenangan dalam cinta ada kedamaian dan dalam cinta ada pemurnian.
    Hei Jiwa yang Tenang (mutmainah) kembalilah engkau….
    Siapa yang mau kembali dan bisa kembali kepadaNYA ternyata jiwa yang tenang bukan jiwa yang bergelombang. Jiwa menjadi tenang ketika dia menempuh jalan cinta menempuh pemurnian cinta pemurnian iman dan mulai merasakan kehadiran yang di cinta ternyata begitu dekat mulai menemukan dan memegang pegangan yang pasti ketenangan yang tidak di buat buat oleh pikiran tapi ketenangan yang muncul dari kesadaran sang Diri, ingat saudaraku ini semua baru standar minimal untuk kembali kepadaNYA, berat sepertinya begitu tapi coba tinggalkan pikiran dan logika kita semua buang semua dalil yang ada kita putihkan dan lemahkan hapus semua perjalanan dan lempar ego jauh jauh dan mulai tempuh jalur cinta, cinta adalah penyerahan diri bulat bulat dalam La Hwalla Walla Quwata maka akan terjadi keajaiban besar bukan kita yang merubah diri kita tapi semua perubahan besar terjadi tanpa kita sadari inilah keajaiban ketika Sang Kekasih bekerja. Bekerja dalam ketak berdayaan kita, semakin kita tak berdaya maka pekerjaanNYA semakin dahsyat…….
    Jiwa Yang Tenang adalah jiwa yang berada dalam pelukan cintaNYA sehingga selalu gemetar dalam kerinduan akan sebuah pertemuan……… hmm…..
    La Hwalla Walla Quwata karena sudah mengerti segala sesuatu terjadi karena Qudrat dan Iradat Allah atau seijin Allah atau karena ijin Allah dan akhirnya “mengerti dan menyadari keberadaan diri ini yang tak berdaya apa apa” hihiihi….
    Aturan dibuat untuk dilanggar, artinya selam aturan itu menjadi bagian luar dari diri kita maka pelanggaran adalah sudah wajar… tetapi jika kita bisa tumbuh menjadi aturan itu sendiri maka walaupun kita sepertinya tidak tahu aturan tapi tetap kita berjalan sesuai aturan dengan otomatis… itu semua hanya ada dalam hidup yang khusuk yaitu dalam ketenangan jiwa… Jiwa yang tenang… Jiwa Mutmainah… sehingga dalam keislaman jiwa yang tenang ini harus bisa dicapai untuk yang mo pulang kembali… jiwa yang tenang adalah fitrah diri kita.. bermodalkan TULUS IKHLAS. SABAR. TAWAKAL. RIDA DAN SYUKUR….. saya jadi ingat sedikit petuah Hirup teh keudah Peurih jeung Narimo Ngaji diri Nahan Nafsu….. yayaya itu semua adalah modal kita untuk meniti shirattal mustakim atw jalan yang lurus untuk kembali kepadaNYA… hancurkan tembok.. temukan ketenangan jiwa… itulah modal segala modal dalam melangkah baik lahir dan batin….

    Salam Persahabatan untuk semua saudaraku

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Hiiiiiiiiii…Kang Boed nek wes MIJIL koyo mengkene iki…Nyuuuuuuuusss..

    Ternyata yang disuruh KEMBALI kepada TUHAN hanyalah JIWA YANG TENANG…Lalu apakah JIWA ini ada kaitannya dengan PEMELUKAN manusia terhadap NAMA sebuah AGAMA….???? Dan dengan GEMAGAHNYA kita berteriak lantang, bahwa Nama Agama tertentu yang kita peluk adalah yang PALING BENER…???

    Ini yg musti menjadi perhatian bersama.

    Hanya MUTMAINNAH ( Jiwa yg Tenang ) saja yang sanggup melewati Jembatan Sirotol mustakim….lalu bagaimana dengan AMAL JARIYAH, SODAKOH, Hewan Qurban dan PAHALA…??? Sementara hal semacam ini dalam banyak ceramah pemuka Agama yang selalu digaungkan sebagai KENDARAAN kita dalam menyeberangi Jembatan ” Rambut dibelah tujuh “…??? Ahhhgk…kayaknya bikin BERAT saja MELANGKAH…jangan-jangan malah PEDHOT Jembatane yoh Kang….keks..keks…

    DATANG DAN MENGHADAPLAH SEORAG DIRI…..!!!!!

  41. hehehe… jiwa yang tenang yayaya…. jiwa yang tenang.. hanya satu satunya cara kembali kepadanya yayaya… dan ini yang selalu luput dari perhatian kita semua apalah arti semua yang kita kerjakan jika tidak dalam ketenangan jiwa…
    Setiap rumus ataupun pemahaman yang kita punyai hanya bisa diaplikasikan menjadi perbuatan dalam jiwa yang tenang hahaha…
    Begicuuu mbaaah…

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    THINGAK~THINGUK karo NGGELAR KLOSO…..monggo Lenggahan Kang

  42. Ternyata sekarang KangBoed sudah bisa dan pandai baca Qur’an ya…. (Mengaji).

    Tuuh…!!! Diatas kita semua dingaji’in sama KangBoed Surah Al-A’raaf.

    Apa Kabar Bandung…!!!! Kapan2 ajak saya ke Gunung Tangkuban Perahu ya..????

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***
    Kang mAs PJ,
    Itulah ASLINYA si BOTOL KOSONG kang Boed…
    Segala yang MUNCRAT dan SEMBURAT dari dalam dirinya walaupun nyamar dalam bentuk KELAKAR, namun selalu saja memberikan MAKNA dan penuh HIKMAH…

  43. hihihi…. rasanya sampeyan masih di Bandung hehehe… nyang gitu itu baca dibuku hahaha… kalau ngaji teteeep oon hmmm… berarti sampeyan mau ke Bandung lagi yaaa asyiiik dunk hehehe,….. sekalian ajak ajak tuh si mBah Gundul khan tetangga sampeyan hehehe… biar bikin Bandung tambah dingin…. I miss you Brother… mudah mudahan bahasa inggris segitu mah ngerti yayaya….
    Salam Sayang buat semua saudaraku..

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    Kang Boed,
    Percayalah jika ada jodhoh…kita akan dipertemukan secara fisik. Entah RAGA saya yg akan ke Bandung atau sebaliknya sampeyan yg ke Borneo. Sedianya bulan Juli ini saya akan klinong-klinong menemui saudara-saudara dunia MAYA di Jakarta~Semarang~Surabaya dan ke Kampong halaman di Malang…mendadak rencana tersebut URUNG…

    Saya pribadi ada gerak hati pingin bertemu fisik dengan kang TOMMY sdh sejak lama…namun belon kesampaian…keks..keks…

  44. wah hebat bener digital imagingnya…
    sebenernya mau dong diajarin.. itung2 bagi2 ilmu biar dapat pahala yang banyak
    …. please………..

  45. nafsu ingkang anteng njih puniko kang paling aurat, menawi keantengan nafsu soyo tambah ateges dalan marang gusti kang moho kuoso tambah celak, punopo ngoten njih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s