Spirit Islam

Spirit itu semangat. Banyak yang bilang kalau spirit itu ruh. Jadi spirit itu merupakan inti. Sesuatu yang tidak kelihatan, karena sifatnya yang ghaib.

Saya pernah baca, kalau gak salah baca di hadits qudsi “Bahwa Dia itu tidak melihat dunia, semenjak menciptakannya”. Untuk mengenalNya, dalilnya cuman satu … ” Qudus alal Qudus, Qadim alal Qadim “. Barang alus didekati oleh yang alus, barang kasar didekati dengan yang kasar. Lha Pengeran iku khan barang alus. Maka dari itu mendekatinya harus secara halus. Pengeran itu tidak bisa didekati dengan banyak-banyakan melakukan ritual sholat … Lha emange mau olahraga … he..he..he…

Ada hadits yang bilang bahwa “Niat seorang hamba itu lebih mulia dari apa yang dikerjakannya”. Tapi banyak juga yang menyalahartikan maksud hadits tsb. Banyak yang mempunyai niat baik, cuman agak malas-malasan dalam pelaksanaannya, karena menganggap niat itu lebih baik dari apa yang dikerjakannya. Sungguh suatu kebaikan dalam bentuk angan-angan atau bermimpi, jika demikian adanya. Setiap perbuatan dasarnya niat. Dan niat gak bisa diupayakan. Niat itu timbul dari lubuk hati yang paling dalam. Niat itu tidak bisa dibuat-buat dengan kata-kata. Misal ada seseorang berkata “niat ingsun shadaqah”, namun kalau dalam lubuk hatinya masih ada rasa eman, rasa pelit, dll. Maka sesungguhnya ibadahnya tsb kering, tanpa makna, tanpa ruh. Gak ada spiritnya…!!!

Contoh bahwa niat lebih mulia dibanding dengan apa yang dikerjakan … Kita ketahui bahwa Umar bin Khattab adalah sahabat nabi yang kaya raya. Kekayaannya melebihi kekayaan Abu Bakar. Abu Bakar dan Umar berkorban harta benda dalam membantu perjuangan nabi Muhammad saw. Abu Bakar berkata “saya korbankan seluruh harta saya”. Umar berkata “saya korbankan separuh harta saya”. Separuh kekayaan Umar itu jumlahnya lebih besar daripada seluruh kekayaan Abu Bakar. Namun Allah memuji Abu Bakar lebih dibanding Umar. Kenapa ??? Allah tidak melihat jumlah, melainkan melihat “niat”. Prosentase ketawakalan Abu Bakar kepadanya mencapai 100%, sedangkan Umar pada waktu itu cuman 50%. Hal ini membuktikan bahwa Yang Kekal (Qudus) itu lebih utama dari Yang Fana (Qadim). Makanya gak usah terlalu pusing memikirkan yang Qadim. Wajah yang menua pun tidak bisa ditutup-tutupi, wajah tua tidak bisa disamarkan, walaupun dipupuri bedak dengan merek termahal sekalipun…he…he…he…

Embah,…. pernah memberi wejangan kepada saya, dalam diri manusia, ada yang harus diberi makan.

Raga = makanannya adalah makanan yang biasa kita makan sehari-hari.

Jiwa = makanannya adalah perbuatan baik, ilmu bermanfaat, dll. Imam Ali pernah berkata “Siramilah jiwamu dengan ilmu, kalau sampai 3 hari jiwamu kosong dari ilmu, maka jiwamu akan mati”

Sukma = makanannya adalah kalimat tauhid, selalu mengembalikan semua keadaan hanya kepadaNya.

Ruh = makanannya adalah “ilang samubarang kesenengan marang dunyo” (bersikap asketik kepada dunia). Nah, Abu Bakar tadi sudah “ilang samubarang kesenengan marang dunyo”, udah tawakal illallah 100%. Maka dari itu Abu Bakar dekat/kenal denganNya. Sebagaimana kita ketahui bahwa jalur tariqat itu ada 2 jalur. Jalur pertama dari Abu Bakar Ash Shiddiq, sedang jalur kedua melalui menantu Nabi Muhammad saw yaitu Ali Bin Abi Thalib.

Islam artinya berserah diri, kepasrahan, tawakal. Semakin tawakal seseorang kepadaNya maka semakin dekat pula ia denganNya. Orang yang sudah dalam tingkatan mampu ” Berserah DIRI, PASRAH dan TAWAQAL ” dalam timbangan yang paling rendah sudah bisa dikatakan SELAMAT=Islam. Namun sejauh ini, ada kesalah KAPRAHAN bagi kebanyakan dalam memaknai ISLAM yang tersurat dalam teks book Kitab GARING Al-Quran dalam 3 surah Al Imran 19, 85 dan 102 . Seolah-olah orang SELAMAT dan diridhloi Tuhan adalah orang yang berAGAMA dengan Nama Islam. Diluar Nama Islam adalah….Kafir dan SESAT…haaaaaaaaaa…..haaaaaaaa….jadi kebanyakan yang menjadi ukuran standartnya adalah LABELNYA, ATRIBUTNYA, SIMBOLNYA…ketimbang isinya. Jikalau ada terdengar adanya ujar-ujar yang mengatakan bahwa kelak Islam akan pecah menjadi 73 dan hanya 1 saja yang BENAR. Pertanyaannya Islam yang manakah itu…??? Islam yang bersandar pada MADZAB siapakah itu…??? Hambali-kah, Maliki-kah, Syafi’i-kah atau Hanafi…??? Belum lagi Islam yang bersandar pada Aliran Thareqat-Thareqat di belahan jagad ini yang konon saling KLAIM telah memiliki TALI SILSILAH tak terputus hingga Rasulullah….nah loh…!!!Sementara jika kita tanyakan,  mereka sama-sama berpegang pada Nabi, Kitab Suci dan Hadist yang sama pula….heeeee..heee….

Sepertimya kita memang jangan sampai terjebak dalam memahami ISLAM hanya sebatas NAMA, LABEL, ATRIBUT yang tak lebih hanya sekedar simbol-simbol KULIT LUARNYA saja yang  membuat MATA kita SILAU hingga tak mampu lagi melihat ISI~INTI SARIPATI atau SPIRITNYA…

Dengan demikian kita tidak secara dangkal dan membabi buta dalam memaknai bunyi ayat seperti ini : ” Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam “. ( QS. Al Imran 102 ).

45 comments on “Spirit Islam

  1. Jiwa Mutmainah hmmm…. yayaya sebenarnya mu’min itu adalah jiwa jiwa yang tenang… jiwa yang tenang karena sebuah penyaksian…. yayaya penyaksian di alam ke-4 hehehe alam arwah…. di alam ke-3 ada pertanyaan Bukankah AKU ini TUHANmu…. lalu dijawab YA ENGKAU adalah TUHANku…. tiba tiba para ruh berkata di alam ke-4 YA saya menjadi SAKSI… MENYAKSIKAN…. Syahadat…. bukan hanya lisannya saja tetapi sudah meliputi… sehingga disini mulai terbukalah pintu gerbang ketuhanan….. yayaya…. berusaha RIDHA…. dan menunggu DIA MERIDHAI untuk KEMBALI kepadaNYA… yayaya…. inilah tujuan kita…. inilah sebaik baiknya tempat kembali…..
    SALAM SAYANG

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Kang Boed,
    Nek misalne gak bersyahadad ala NGARAB gono bisa kembali gak yah kiro-kiro..??? Sambil melirik nukilan Al Isro’ 97…

  2. yang bikin heboh banyak orang mau mati udah sekarat boro-boro pasrah, malah nyebut duit terus🙄

    @ Kang Boed
    apa tuh alam ke-3, ke-4 ?

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Ho..oh..bener…bener mbak,
    Saking hebohnya, malah dari kiri-kanan pada NGAJARIN Nyebut Asma-Nya…lah orang gi Sekarat kok diajarin….opo tumon….???

    Hayoh Kang Boed…dijawab pitakone mbak Illuminationis…</strong>

    • lha memang susah sih… tahu & kenal nama atau sifat belum tentu tahu & kenal zat. saya tahu nama mas Kariyan, tapi hanya bisa mereka-reka sifatnya, apalagi zatnya. dikira sudah tua ternyata masih muda, dikira lelaki gak taunya perempuan. sapa tau aja… wong namanya belum ketemu sih:mrgreen:

      • Haaaaaaks..kaks..kaks…
        Lah pancene repot dadine nek Nyebut Asmoning Gusti diarahkan pada satu Asma. Lah yg pas yg mana…??? Allah, Alloh, Hyang Widi, Hyang Manon, Hyang Wiseso, Gusti Pengeran, Gusti ingkang Moho Suci, God, Lord, YHW….

        Lah soal Asmo ROGOku Kang Jenang,
        Kuwi ASLI tenger soko Bopo Biyung. KARIYAN ateges KARI = Hidup, YAN = Jiwa.
        huaaaaaks…kaaaks. Saiki aku tinggal nemokke Asmo URIP-ku wae sampek tak rewangi Munggah~Medhun Gunung Mleper Wono, Jajah Deso Milangkori mung nggoleki ASMO URIP/HIDUP.

        Hiiiiks…dasar wong ueeeedan tenan iki ASMO kok digoleki….haaaaaaa…

  3. hihihihi….. hmm…. waaaaaaaaaaah ampuuuuuuuun tobaaaaaaaaat……………. ini sih dikerjain hahaha……. gak apa apa lah namanya juga asal dongeng hehehe…. alam ke-4 hmm… alam arwah… hmm… namanya juge menyaksikan ya terserah dunk mau menyaksikan pake cara apa aja mo ngarab keeek hehehe… yang jelas menyaksikan bukan katanya eeee menyaksikannya pake apa yaaaaa….namanya juga alam arwah alam roh pake cara apa yaaaa bingung daaaah terus memangnya dah punya jasadkah eee namanya juga alam ruh hehehe…. waaah nanti panjang lagi… daaaah aaaah ampuuuun…. namanya juga cerita konon khabarnyaaaaa.. disitulah letaknya fitrah diri titik nol… tawafnya para haji mabrur dan alam semesta rayaaa… bersama dalam satu gerak zikrulllaaaah dalam satu denyut tarikan…. ooo inikah yang menjadi shallat Dhaimun ??? inikah yang disebut ingat tanpa lupa hmm.. Jiwa yang Tenang berbekal ikhlas, sabar, tawakal, ridha dan Syukuuur… yayaya… Islam / mu’min sejati………..
    Salam Sayang

  4. Wheleh Wheleh, berarti KTP saya udah bisa kembali ke sono ya? Lha KTP saya islam ntuh kata pak camat, wis yo ben najan sih nyanthol ning ‘kereta kuda’ iki, belajar lon-alon nyang Kang Boed sinambi ngangsu kawruh marang mbah Gundhul bae lah….

    *merenung dulu sambil ngudut siong nunggu wangsit*

  5. Ping-balik: Comment on Spirit Islam « Kang Boed

  6. ::zat koq digolek i, lha , meluntang-meluntung lha ya rak ketemu, padahal semua yang ada berasal dari …., sssstt jangan ribut lagi UN.
    sifat-nama untuk mengenalinya, lak engga ngerti asmine…lha celuk wae nganggo hey anu…sambil nuding, lha si “anu” mau lak noleh ..he…he..
    he..he..rasane ketemu gusti gak enek batasan cara toh, wong yo sakkarep Gusti, “jika tiba waktunya, akan kami paksa keluar untuk menemukan waktunya itu”, ooopss..ini soal mati…wadhaow… ini hanyalah soal “demi masa”
    sabar..sabar semua dapat tanda tangan….🙂

  7. Assalamu’alaikum mbah yai!? Kulo badhe nanya nich:
    1. Dmn dununge Rasa Sejati?
    2. Sopo iku Muhammad?
    3. Sopo iku Rasululloh?
    4. Opo kang sinebut manungso?
    5. Manungso iku dicipta marang gusti soko pirang nash?
    Cekap semanten rumiyin, matur sembah nuwun teng kyu..
    Wassalam..

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~***
    Wa’alaikum salam
    Katur Kadang Mas Purnomo,
    Lah…lah…niki pitanglet saking panjenengan meniko Multi Tafsir ateges saben tiyang nggadhai penafsiran piyambak-piyambak ingkang KELERESANIPUN taksih relatif. Ning menawi miturut kulo njih kinten-kinten kados mekaten :
    1. Dununge ROSO SEJATI = Angelimputi sekalir kabeh kang ono, awit URIP~HIDUP~DIRI~RUH kuasanya namung MOBAH lan POLAH lah lenggahe wonten ROSO JATI.
    2. Muhammad = Nur Cahyo~ Cahyo PINUJI kang madhangi Jagad sak isine.
    3. Rosululloh = Menungso kang panggonan Nur Cahyo ateges sopo wae kang nduweni LAKU UTOMO marang sapodho-padhane, kewan lan Alam.
    4……….???
    5……….???

    Sumonggo dipun lengkapi kersane saged andadosaken piwulang poro sedulur utaminipun piwulang kangge kulo.

    Nuwun….

    Salam…Salim…Rahayu

  8. Ping-balik: Misteri Nama KangBoed « KangBoed

  9. @KangBoed,

    Kalau dah pernah ke alam ke 3 dan ke 4 ikutan dunk…
    siapa tahu bisa ketemu peri kecil2 yang kaya di pilem kartun itu…..
    Atau bisa ketemu burung kecil2 yang kadang muter disekitar kepala kalau baru kejedot pintu….🙄

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Mangsrud sampeyan ketemu WIDODARI sing pake Kemben di pinggir sungai Mahakam gonoh Kang…??? hiiiiks..kiks..kiks…MULUS-MULUS Cooooyyy….

    • hehehe….. namanya orang mabuk bebas yooo… apa tak ajak sampeyan yayaya mabuknyaaaa……… hahaha… endangdutan lagi sama si mbaah Lambang…. *MABOK BAE*….. versi mbah Gundule… dengan gitaris die never die Syekh Jenang…. * DVD player MODE ON *… wakakakakak……… hahahaaaa…………
      Salam Sayang……..

      ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

      Lungguh SILO…mbakar KEMENYAN….kaks..kaks…
      Melu JOGETAN Goyang Karawang….taaariiiiiiiiiikkk mang…

      • hayyoh.., KangBoed,..kamu ketahuan..pake avatar siapa…, kamu ketahuaaan…

        ***~~~~~~~~~~~~~~***

        Kang Zal,
        Kang Boed lagi ” MENCOLO PUTRO~MENCOLO PUTRI ”
        Heks…AVATARNYA sama-sama jenis ALINE…hiks..kiks..kiks..<
        /strong>

  10. Assalamu’alaikum, mbah yai!
    Mboten ateges kulo kemeruh lan kemiso, kulo taksih blajar ngenal diri hingga mboten karu-karuan timbul tuwuh pitakenan kang kados makaten.. Kulo saestu mboten mangertos. Mbah yai wonten ing sakjeroning roso kulo kathah tuwuh uneg2 kados to:
    1. Menopo gunane sembahyang lek gusti iku wis ono ing diri (sembahyang iku ateges ono kang disembah benten lho kalih sholat. Ojo2 enko nyembah ayang2e dhewe)
    2. Panjenengan sarujuk menopo mboten yen wonten ujar2 ananing gusti yo ananing ingsun?
    3. Panjengan ugi sarujuk menopo mboten yen sejatining urip ono donyo iki MATI dados kito sedoyo ingkang wonten donyo meniko mayit ingkang mlaku?
    4. Duh.. Mbah yai kulo gadhah uneg2 malih kulo nyuwun sekedhik pengetahuan panjenengan.. Urip iku ono ngendi panggenane, opo kang sinebut ilmu, MAUL HAYAT iku ono ngendi nggone?

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Wa’alaikum salam
    Kadang mas Purnomo ingkang minulyo,
    1. Monggo dipun simak tulisan meniko babakan Sholat benten kaliyan Menyembah leres panjenengan. Sedoyo sampun kulo serat wonten :
    https://kariyan.wordpress.com/2008/03/02/mana-yang-bernilai/#more-45

    2. Sejatining Agomo iku Busono, Kunci Sejati. Mulo duk jaman kuno makuno siarani Kabudayan banjur dianakake Agama. Mulo ing kene perlu kito aturaken Mungguh hananing DUMADI banjur Hananing Pangeran Sanyoto. Samangkono ono tembung A~I~U ateges ” AKU~IKI~URIP “. Hananing URIP ono sing NGURIPI~Hananing KAWULO/Ingsun sebab Ananing GUSTI~yen ora ono GUSTI wes mesti ora bakal ono KAWULO/Ingsun.

    3. Ingkang atos-atos perkawes meniko. Awit sejatosipun URIP dipun wastani HIDUP~DIRI inggih RUH…Namung sampun kadhung dipun KRANGKENG kaliyan ROGO ingkang LINAMBARAN ” Akal~Pikiran~Ego~Nepsu ” Kawontenanipun LAKON ing alam Bebrayan meniko kathah Menungso sing Kesrimpet-srimpet kaliyan PANGUOSONE ROGO. Dados mboten benten kaliyan tumindake Kewan utawi SATO. Lah meniko ingkang dipun wastani Menungso iku MATI ( mayit sing mlaku ). Kanjeng Nabi saw. ngendiko ” Banyak Manusia ini berlalu-lalang di muka bumi, namun HATINYA MATI “.

    4. URIP~HIDUP~DIRI~RUH ” Kuwosone Mobah lan Polah, lenggahe dumunung neng ROSO JATI. URIP kuwi asale soko Gusti kang Tunggal kang ORA ONO BEDONE, sing nggawe bedo kuwi ROGONE ( badan jasad lahir ) sebab yen ROGO ditinggal URIP wes mesthi ora bakal biso Mobah lan Polah ateges MATI. URIP kuwi ora biso MATI…tetep LANGGENG ora biso owah soko KAHANAN JATI sak lawase.

    MAUL HAYAT…niku nopo…??? Ngapunten kulo dereng mangertos artine….hhaaaaa…

    Nuwun
    Salam…Salim…rahayu

  11. Sugeng Rahayu Wilujeng, kadangku mas kariyan! Matur nembah nuwun sanget tumrap kawigatosanipun maringi kulo damar damel lelaku, mbok bilih mboten klentu MAUL HAYAT meniko kang diwastani AIR KEHIDUPAN / TIRTA PERWITA SARI..
    Nembah nuwun
    Salam rahayu wilujeng

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Matur nuwun dumateng kang Mas Purnomo penjelasanipun.
    Hmmm….Banyu PERWITO SARI yang dibamrkan oleh lakon GELAR~GULUNG dalam serat Dewo Ruci kawontenanipun dumunung ing TELENGING QALBU. Jembar~Padhang Terawangan ngauripi samubarang makhluk sak Jagad kanti welas asih marang sapodho=padhane.

    Nuwun…nuwun Kadang mas Purnomo
    Slamet…Rahayu…Widodo.

  12. Salam Cinta dan Damai
    Hmm…… akhir kata walau dengan berat hati… yayaya… sangat beraaat sekali saya ingin mengucapkan selamat tinggal kepada para sahabatku semuanya yang walau kukenal dalam dunia maya… maya… walau hanya sekejap saja hanya kurang dari 4 bulan saya berkeliling tetapi sungguh membekas begitu dalamnya di hati saya seakan saya menemukan berbagai macam karakter orang orang yang unik dan langka…. yayaya… tetapi pada dasarnya dibalik semuanya itu saya merasakan kepolosan dan kebersihan serta kejernihan hati yang sungguh sangat sulit ditemukan lagi di dunia luar sana… pertahankan terus semangat dan rasa persaudaraan yang mulai terbentuk sedikit demi sedikit dan tingkatkan serta wujudkan menjadi satu kreasi dan karya yang nyata minimal sedikit demi sedikit dalam membangkitkan moral di sekeliling kita dan memberikan ketenangan jiwa bagi lingkungan kita….
    Mohon maaf semua saudaraku… mungkin seperti mBak ILL berkata mengenai pengkaderan… yayaya… saya menganggap bahwa saya telah membangkitkan jiwa kang Boed yang asli dan sudah saatnya saya sebagai tiruannya dari kang Boed untuk kembali ketempat asalnya… sebagai Preman Jalanan… Kuli Bangunan… yayaya… sebagai BoedJeger Kiaracondong… yang tentunya sebenarnya sangat oon dan GAPTEK mengenai teknologi sehingga dengan mudahnya dikerjain dan dipermalukan… hahahaha… salute…. two thumb ups…. tapi semua ini menyadarkan saya kembali bahwa belum saatnya saya terjun dalam dunia maya seperti ini… hahahaha… sekali OON teteeep OON.. karenanya biar saya mundur dulu… dan mungkin jika nanti saya kangen dan sudah tidak begitu gaptek mungkin saya akan kembali….
    Akhir kata saya ucapkan selamat tinggal saudara saudaraku semuanya Tetap Semangat…. Semoga ALLAH selalu menyertai perjalanan kita semuanya…..
    Dan untuk kangBoed yang asli dan Kawan Kawannya silahkan teruskan BLOG ini dan rawat baik baik dan pergunakan nama yang saya tirukan dengan sebaik baiknya… Terima Kasih saudara saudaraku semuanya yang sudah mengingatkan saya bahwa belum saatnya…. yayaya…. belum saatnya saya berkecimpung di dunia maya ini… mohon maaf sebesar besarnya………
    Salam Sayang
    Salam Hormat
    Salam Taklim
    Salam Kangen
    ci OON sur OON

    ***~~~~~~~~~~~~~***

    Hmmm….Kang Boed,
    Saya tak NYINDHEN buat sampeyan yah Kang,

    WAHAI DIRI…yang sebenar-benar DIRI.
    Jadilah bagai ARJUNA…
    Yang TAK TERGODA oleh apa-apa
    Karena ia tahu….
    Senjata SAKTI ada di kedalaman Samudera Surgawi.
    Dan untuk meraihnya dengan melanglang buana….
    Menyusuri riuh dan riak gelombang Jagad….

    Inilah JALAN yang pernah ditempuh MUHAMMAD, ISA, MUSA dan wajah-wajah suci lainnya. Ketika tak lagi melihat dunia sebagai sebuah wujud yang menyilaukan,…Ketika menyadari ada rahasia yang sangat besar dibalik penciptaan alam raya,…Ada rahasia agung yang tersembunyi dibalik berdirinya keindahan,…Ada kekuatan yang Maha Dahsyat dibalik beratnya beban yang dikandung bumi. Ada Keajaiban yang masih tertaburi dari pandangan mata, ketika menyadari dunia tak cukup memberikan penjelasan dengan keberadaannya,… Dunia hanya bias berkata, “RENUNGILAH… dan RENUNGILAH….

    Pada Tuhan kunci semua kesejatian, pada Tuhan semua pertanyaan akan memperoleh kebenaran jawaban.

    Kang Boed,
    Percayalah…sebentar memang perkenalan ini TERJALIN walau lewat dunia maya. Namun…ROSOMU adalah ROSOKU Kang…Dunia BLOG yg sempat aku tinggalkan selama 8 bulan dengan meninggalkan sedulur2 yang rasanya seperti yang sampeyan alami…sungguh berat meninggalkannya. Hingga akupun kembali hadir menyapa poro sedulur. Kini dengan KEHADIRAN sampeyan…jujur buat Santri Gundhul ini sampeyan merupakan NUTRISI~SUPLEMENT penambah semangat untuk saling berbagi di dunia maya ini seperti sedulur sepuh SENIOR lainnya seperti Kang Zal, Kang Siti Jenang, Kang Danalingga, Kang Lambang, Kadang sepuh Sabdolangit, Kang Mas Ngabehi, Kadang Pengembara Jiwa, Kadang Mas ADJIE dan sedulur2 semua.

    Westala gak bakalan sampeyan TEGA meninggalkan kami-kami Kang…
    ” TEGO LORONE~ORABAKAL TEGO PATINE “.

    Salam Seduluran
    Salam Kekadangan
    Salam Persaudaraan
    Salam SAUDARA SEJATI<
    /strong>

    • ::monggo..monggo silahken sampeyan berubah jadi yang asli…, gayanya harus sama lho…nanti aku gak kenal lagi…minimal ada lah dikit dikit…yang khas…🙂

    • sumanggem hanyanggemi… sampai jumpa di jagad sepi… nanti tinggal tambain aja jadi KangBoed ™😎

      ***~~~~~~~~~~~~~***

      Kang Jenang,
      JAGAD SEPI = ALAS GUNG LIWANG~LIWUNG

  13. kalau mau ndeketin kucing, ya bicaralah pakai bahasa kucing. macam, manuk, pitik, enthoq. apamaneh? bebek, wedhus, semana uga.

    jadi, kalau mau ‘ndeketin’ (maksudnya biar kenal gitu) sama badan, jiwa, maupun ruh. ya, mesti alias kudu bin harus ngerti dulu bahasa masing-masing.

    bahasa badan, kalau gak mau mules, ya jangan makan sambel secobek-cobeknya. kalau gak mau mriang, jangan makan nasi ditelen segarpunya.

    bahasa jiwa, gitu juga. bahasa ruh, apalagi. mana ada orang bisa ndeketin ayam tapi, bahasa disuarakan pus..pus…pus… meong…meong…. lah, pitik’e malah kabur. he..he.he… manteb kang postingane.

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Kakang Salwangga,

    Hanya yang KOSONG bisa MANUNGGAL dengan sang Maha KOSONG.
    Untuk bisa manunggal dengan sang Sumber URIP yah harus dengan URIP kita.

    Gonoh yah Kang…???
    Sampeyan jiaaaaaaaannn….ces pleng tenan Kang.

    Suwun Kang</strong>

  14. @KangBoed:

    Hehehe….

    Haiyah… gitu aja koq terus ngambek…..

    Diskusi lewat email semalam kan ngga saya publikasikan…. jadi tenang aja Kang…..

    Saya ini muncul justru ingin menyiapkan tempat buat sampeyan…. ngga ada niat sama sekali untuk mengambil alih nama KangBoed….

    Buktinya, avatar sampeyan kan udah saya buatkan…. apa yang seperti itu harus dibalas dengan ngambek…

    Bentar lagi sampeyan akan saya jadikan kontributor yang bebas untuk mengisi artikel di sini….

    Dan ngga lama lagi blog ini juga saya akan serahkan semuanya ke sampeyan… termasuk password dan semua statistic accounts-nya….. termasuk online tutorialnya (via HP) kalau mau…..

    Yayaya.. baru dikerjain dua kali aja udah nyerah…
    Ga boleh gitu… sampeyan harus tahan banting….. sampeyan kan terkadang ngomen orang lain yang membuat beberapa orang menjadi anjlok dan merasa ngga ngerti apa-apa…..

    Nah sekarang dicoba untuk merasakan sendiri, gimana rasanya anjlok itu… apa seperti jatuh dari kereta… atau seperti turun lift… atau seperti meteor jatuh dari langit….. atau seperti mursyid turun dari kayangan…. hihihi….

    Ah.. malu-maluin…. katanya preman kiara condong….. baru dikerjain sekali via blog ini dan sekali via email tadi malam terus merasa terpuruk…

    hayo.. bangkit… mana KangBoed yang biasanya ceria dan guyon itu…..

    Saya sebetulnya bukan KangBoed asli… yang asli itu ya sampeyan….. saya cuma sok-sokan pura-pura asli tapi niat baik sepenuh hati dari saya adalah untuk membantu sampeyan…. sekalian membuat agar blog ini rame….

    Lihat saya hits-nya…. baru 3 hari sudah 600 hits dan 130 visitors … apa ngga luar biasa….
    Itu semua terjadi karena nama sampeyan itu sudah sedemikian populer…. sudah seperti selebritis….

    Rencananya malah mau saya undang beberapa media cetak dan elektronik untuk meliput sampeyan…
    *hayah… ngayalnya kejauhan*

    Yayaya… ayo… bangkit…. jangan mundur…
    Kalau sampeyan mundur ya blog ini saya masukin kulkas…. KangBoed yang asli maupun tiruan sama-sama masuk ke alam baka……

    Hihihi…. ayo senyum…. malu dilihat sama teman-teman tuh…

    Salam sayang untuk sampeyan. Cup… cupp…. muaaaahhh……🙂😕😉😀🙂

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***
    Yah…yah…ternyata BENER lan PENER menowo ” APA yg TERBAIK menurut PIKIRAN kita belum tentu BAIK menurut PIKIRAN orang lain “. Bercanda memang perlu..jika tidak ada KEPENTINGAN ” MERUGIKAN dan DIRUGIKAN “…
    Akan lain endingnya jika semua berjalan atas dasar ROSO PANGROSO, sebab ROSO SEJATI kuwi MONCO WARNO ning TUNGGAL hanane.

    Sumonggo Kadang mas Kang Boed…LEREM dhisik menowo SUMENDHAT ROSONING ATIMU…
    Heneng~Hening~Winenang sebagai bentuk Instropeksi DIRI. Bercermin untuk MELONGOK segala KEKOTORAN yang selama ini melekat di HATI kita….yang secara tak kita sadari telah MERUGIKAN DIRI maupun DIRI orang lain.

    Monggo sama-sama saling MERENUNGI….

    Salam Seduluran

    • Hebaaaaaaat…. semuanya bisa di tembus… YM dan E-mail hahaha…. dan ini sepertinya sudah tidak main main lagi…. makanya saya mundur saja…. yayaya…. mundur…. dan sayapun sudah tahu siapa yang mengaku KangBoed asli ini…
      Selamat tinggal
      Salam Sayaaaaang

      ***~~~~~~~~~~~~~~***
      Kang Boed,

      Washobiiiru wa Roobhitu…
      wattaqullaha…la’allakum Tuflikhuun…

      Ora perlu NINGGALKE GELANGGANG…

    • Hmmm…. Hebaaaaaat maaas…. ruaaaar biasaaa…. sampai chat YM dan Email bisa ditembus…. hahahaha… daripada ciloko mendingan saya bubar barisan… balik kanan sajaaaa…. karena sepertinya sudah tidak lucu lagi…. dan buat mas yang saya sudah tahu namanya hati hati yaaa semua dah kelewatan… daaaaaah… mending yang waraaas munduuuuuur
      Salam Sejati
      Salam Sayang

      ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

      Kang Boed,
      BISUL sebiji memang terkadang SAKITA dan membuat JALAN kita miring-miring, namun pada akhirnya kita harus tetap TEGAK berjalan demi menempuh perjalanan panjang menuju terang benderang. Berlaku seperti AIR mengalir menuju SAMUDERA akan lebih BIJAK dan BERMANFAAT dalam memberikan KEHIDUPAN bagi siapa dan apa saja yang dilaluinya…hingga akhirnya menuju dan menyatu pada sang SAMUDERA tak BERBATAS….lebih UTAMA.

      Air dalam perjalanannya selalu saja tidak semulus dengan apa yang terbayang…kadang KEBENTUR, TERHAMBAT, DIHAMBAT demi berbagai kepentingan NAFSU yg tak terkendali manusia yang pada dasarnya memiliki sifat-sifat TAMAK dan RAKUS serta selalu mengejar segala sesuatu yang BUKAN MENJADI MILIKNYA. Orang BIJAKSANA hanya akan mengambil segala sesuatu yang sudah menjadi HAK HIDUPNYA…SECUKUPNYA….

      Monggo untuk sama-sama selalu ELING~WASPADA dalam segala TINGKAH~POLAH dan TINDAK~TANDUK…

      yang WARAS tidak selalu harus TUNGGANG LANGGANG
      ” Wa kul ja’al Haq wajahakol BATIL, Innal BAATHILA kana Jahuko “
      Dan katakan yang HAQ telah datang, yang BATIL telah LENYAP. Sesungguhnya yang BATIL itu akan LENYAP “

      Ahhhhhgk….Dunia memang PANGGUNG SANDIWARA~tempat BERSENDAU GURAU saja.

      Salam….Salim…Rahayu

  15. Wah…mau koment yang mana ya…? Niatnya mau koment masalah ‘niat’ terus putar haluan ke nama2 dzat dan apalagi2. Terus terang saya sering bertanya pada diri-sendiri, saat2 manusia belum berbahasa & belum bisa baca-tulis, yang disebut DZAT itu sudah ada atau belum ya?
    Setelah kita kita bebahasa, baca-tulis kita bingung oleh istilah2 yang kita ‘ciptakan’, niat – ikhlas – rela – tulus dst…dst… Semakin bingung & gemetaran setelah tahu istilah2 tsb tercantum dalam apa yg kita sebut-ulang-‘kita-sebut’ KITAB SUCI. Dan saya lebih-lebih BINGUNG setelah melihat keichlasan-ketulusan BERANG-BERANG dalam ‘menciptakan’ Harmoni-Ekologi, dg menebang beberapa pohon utk membuat bendungan, Tumbuhlah Ratusan bahkan mungkin Ribuan Pohon Baru…
    Kitab-Suci/Nabi Berang2 namanya……?

    ref.:http://dbo911mosaik.wordpress.com/
    PENCIPTAAN ADAM
    Rahayu…..

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Yah…yah…kebingungan itu suatu hal yang lumrah dan logis saja. Sebab dalam DIRI ini masih terikut AKAL~PIKIR~EGO~NAFSU. Segala yang terpandang semestinya kita ENDAPKAN terlebih dahulu dalam KESADARAN sang Pribadi agar AMPASNYA turun ke bawah dan tinggal Sari patinya. Kitab Suci sudah selayaknya tidak hanya dibaca sebatas AKAL dan PIKIRAN serta secara HARFIAH saja. Kitab Suci harus kita gunakan sebagai LENTERA yang kita gunakan untuk MENERANGI Ayat-ayat Tuhan yang sudah ada di dalam DIRI ini ” Sesungguhnya AL QUR’AN sudah ada di setiap DIRI manusia ” apapun Agama yang tlah dianutnya…!!! Bukantah begitu…???. Dengan saling membaca Kitab BASAHNYA masing-masing diharapkan segala LAKON GELAR~GULUNG manusia akan selalu SELARAS dan SEIMBANG dengan HUKUM KEJATEN~HUKUM ALAM yang memiliki sifat-sifat dasar SEJATI~BAIK~SABAR. Aplikasinya telah dicontohkan melalui perilaku kehidupan Berang-Berang tadi…..bergerak menurut Hukum Alam.

    Terima kasih mbah KAKUNG…telah membuka MATA ini hingga bisa MELEK…

    Salam…Salim…Rahayu

  16. waaaahhhh….., jangan mundur kangboed.., baru mau akrab dan kenal… malah pada rebutan mundur.. apa tega dengan para kadhang yang sudah Kadhung tersna…? hayyooo.. pantang mundur… , apa nanti ada pepatah mengatakan.. maju ora wani .. mundur kewirangan … mandeg ditengah tengah.. hehehe.. kan ndaklucu… nanti kalo pada mundur.. waaahhh. para kadhang yang sudah terlanjur tresna dengan postinganya kangboed yang yahoed.. nanti kebingungan .. dan banyak saudara dan kawruh.. malah ilang lagi…, ya dah ndak apa apa ..kalo sudah niat untuk mundur sementara dan nglakoni yang kangboed, toh nanti kalo kangen pasti njdul lagi… apa ini hanya gertakan untuk buat sensasi yaaaa… hehehe…., just kidding…, jas hujan tidak dipake jadi merinding… hehehe…, salam sihkatresnan

    rahayu…

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Hiks..kiks..kiks…
    Istilah di kampung saya ” KALAH WIRANG~MENANG GAK KONDHANG “..luwih becik tawa..tiwi di sini…JOGETAN~ENDHANG DUTAN sama sedulur semua..kan ENJOY…
    Bukantah begonoh njih Kang Mas Wiro…???

    Ayo kang Boed….NENGGAK KECUBUNG campur Beras Kencure plus TOAK AREN arek Malang…ditanggung…EGP ( Emang Gue Pikirin )…

    Lari ke dapur…
    Siapin KOPI MEDAN + Pisang Goreng Keju kesukaane Kang Boed…Monggo sedulur…disambi nyamikane….hayoooooh…

  17. *lirik komen atas*

    Nama yang sama, tanpa URL dan beda avatar…
    Hehehe… saudara kembar… tapi masih perlu ikut kursus kilat dulu…

  18. Sebenarnya yang jadi korban penipuan tidak hanya kang boed asli, tapi saya juga tertipu karena mengira yang selama ini komentar di mana2 adalah kang boed palsu.

    Pantas aja kang boed asli marah, karena ini kan sudah termasuk fitnah dan pencemaran nama baik. Mesti usaha ekstra keras buat membujuk kang boed asli agar tidak mundur.

  19. Jujur saja, diam-diam saya telah banyak belajar kepada KangBoed (asli), dan sahabat kita ini telah memberikan warna mewarnai gegap gempitanya suasana persahabatan. Menjadikan hidup lebih hidup penuh kehangatan. Namun siapapun pasti akan pernah mengalami benturan/gangguan yg terkadang membuat batin tidak tenang dan nyaman. Bisa saja hal yg sama terjadi pada kita-kita semua. Dan seyogyanya kita jadikan saja sebagai “kawah candradimuka” untuk menggembleng mental dan emosi kita. Gangguan, hambatan, kesulitan, kadang kita butuhkan sebagai sarana LABORATORIUM dan sarana pendidikan pelatihan (diklat) kehidupan untuk menjadi yg lebih baik lagi. Human error dan kebablasan dapat dijadikan sebagai suatu pelajaran berharga.
    Namun Saya tetao salut pada Lanceuk ku abdi KangBoed yg tidak terpancing emosi malah tetap konsisten dalam canda tawanya, hanya saja memang perlu COOLING DOWN utk sejenak waktu, dan saya berharap sekali dapat segera berkumpul lagi dalam kebersamaan, kehangatan, dan keselarasan rahsa sejati. Semoga sikap maaf memaafkan menjadi sebuah keindahan diakhir cerita.

    NIAT BAIK TIDAK DAPAT DIJADIKAN UKURAN KEBAIKAN, perlu pemikiran akan CARA/JALAN yg bijak/baik/tepat/pener.

    KEBAIKAN ada tiga macam; kebaikan subyektif, kebaikan obyektif, kebaikan sejati (kebenaran).
    Artinya KEBAIKAN KITA tidak bisa menjadi standar umum atau nilai obyektif, bahkan kebenaran sejati. Karena sesuatu yg menurut kita baik, belum tentu baik pula utk org lain. Baik menurut ukuran mata manusia, belum tentu baik di hadapan Hyang Widhi.

    Buat lanceuk Kangboed siapa tahu waktu yg ada juga bermanfaat utk mempraktekan “penyelarasan” sebagaimana Mas Ngglosor ajarkan.
    salam sejati
    we are always waiting for u…
    miss u always

  20. semoga kita semua termasuk dalam golongan orang2 yang takwa dengan sebenar2nya takwa..

    ***~~~~~~~~~~~~~~~***

    Amin….
    TAQWA dalam konteks WUJUD KARYA NYATA dalam setiap aksi, tindakan dan perbuatan untuk saling PEKA terhadap Kesulitan~Kesusahan orang lain. Tidak aja JALAN LAIN terkecuali selalu menerapkan SALAM dalam kehidupan sosial masyarakat. Sebab ukuran TAQWA bukan banyak-banyakan melakukan RITUAL Ibadah yang PASIF.

    Dalam teks book Kitab Garing, disindir bahwa orang yg sudah BERIMAN dan BERTAQWA…belumlah CUKUP untuk kembali PULANG. Untuk bisa pulang seseorang harus tahu JALANNYA….heeeeee…
    Bukantah begitu Kadang Mas oRIDO…???

    Salam…Salim…Rahayu

  21. “Aku jadikan kamu (sekalian) bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling mengenal”
    “Berpegang teguhlah pada tali (jalan) Allah, dan janganlah kamu sekalian bercerai-berai”
    Karena segala nama dan juga sebutan kuwi sejatining ora ono, sing ono sejati iku mung Ingsun. Sangat disayangkan bila di puri yang sejuk ini ikhwan saya meninggalkan semua sedulur yang membutuhkan pituduh lan pencerahannya. Namun Sedulurku (yang asli) sing ngilang, mesthi
    bakal bali maneh.
    Salam…
    Shanti…
    Rahayu…

  22. Huuuuuuwwaaaaaaaaaakakakakak…. hmm… muncul lagi aaaaah… kangen niiiih…. sama saudara saudaraaaaku…. huuuuuueeeeeeeek… *sembunyinya dah ketahuan*…. Banyak penampakan manggilin *Narsis Mode ON*….. waaaaaaakakakak… hihihi…. Dunia sepiiiiiii yaaaaa…. Gak ada nyang nemeeenin jogeeeeetan… hehehe… hmm… atau mending ngilaaang lagiiiiiii aaaaahh…. Waaaaaakakakakakakakk…. Dasaaaaar wong ediiiiiiiiaaaaaaaaannnnn…. Hehehe…… Hidup lebih hidup, semakin hidup dan tambah hiduuuuuuuuup…… hahaha…..
    Salam Sayang Selalu Saudara Saudaraku

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Hiiiiiiiiii…..Kang Boed,
    Mana bisa sampeyan meninggalkan sedulur-sedulurmu yang sudah kadhung membuat kita-kita pada kesengsem diantara satu sama lain. Sebab HATI diantara kita telah TERPAUT bagaikan CINTA PERTAMA…haaaaaaaaa….

    Salam…Salim…Rahayu…

  23. hahahaha……..
    satu pertanyaan mBaaah :
    SPIRIT ISLAM…
    islam itu adalah Rahmatan lil Allamin…
    Rahmat dan Anugerah bagi semua manusia…
    Mari kita bersama wujudkan…
    Mari kita tebar Cinta dan Kasih Sayang…
    Mari kita wujudkan Spirit Islam dengan karya nyata…
    silih asuh.. silih asah.. silih asih..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

  24. mangga para sedulur tunggal-sikep kita ziarah lan zikir neng Sangiran, sinau mensyukuri jati-diri sejati tegese pada sejatining fitrah utawa titah awake dewe..

    mangga bebarengan neng Sangiran…..
    salam kanggo mas arief…

    Rahayu…….

  25. Ping-balik: Kekasihku (2) « kangBoed…

  26. Ping-balik: RUMAHKU « kangBoed…

  27. Kadang untuk mengenal sesuatu itu kita harus memberi nama pd sesuatu itu,kemudian nama tersebut sudah jadi maka kita mengurai nama tersebut dengan uraian yg panjang.Bisakah “Batu” adalah nama doang yang sudah pasti “Sifatnya” keras ,jadi yang sudah kita ketahui sebaiknya jangan dipertanyakan seumur hidup kita,ada baiknya amalkan mulai sekarang dari pd besok ataupun lusa.Maaf mas ini sekedar ngomong bukan bantahan atau kontradiksi.Ida namanya wanita kelaminnya lemah lembut sifatnya tinggi semampai bentuknya bikin terpesona jika lelaki memandang,jadi pahamkam kalau si Ida itu cantiknya insan wanita.

    ***~~~~~~~~~~~***

    Betul…betul sekali Saudaraku Madawali apa yg saudara ucapkan.
    Mengamalkan dan merealisasikan PEKERTI LUHUR lebih UTAMA dan BERMANFAAT.

    Terima kasih

    Salam…Salim…Rahayu

  28. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA SAUWDARA2 PARA PECINTA TOGEL BAHWA DULUNYA SAYA SELALU KALAH BERMAIN TOGEL DAN SEMUA BARANG2 SAYA HABIS TERJUAL GARA2 MAIN TOGEL TIDAK PERNAH MENANG.TAPI SIUKUR ALHAMDULILLAH ADA TEMAN SAYA YANG BERIKAN SAYA NOMOR AKI,GENTING KATANYA KI,GENTING BISA MENGELUARKAN ANGKA GHOIB/RITUAL TAPI SAYA BELUM YAKIN BAHWA ADA ORANG YANG BISA MENGELUARKAN ANGKA GHOIB/RITUAL,AKHIRNYA SAYA COBA2 MEMBERANIKAN DIRI UNTUK MENGHUBUNGI AKI,GENTING TERNYATA ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,GENTING 4D 3101 BETUL BETUL TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 74 JUTA ALLHAMDULILLAH SAYA BISA MENUTUPI SEMUA HUTANG2 SAYA DAN SEKARANG SAYA JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL KECILAN,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA YANG NAMANYA ANGKA GHOIB/RITUAL JITU SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI,GENTING DI NOMOR(_0_8_2_3_1_0_9_4_3_4_4_4_)SAYA YAKIN ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,GENTING DAPAT MERUBAH NASIB ANDA.TERIMAH KASIH ★

    SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA SAUWDARA2 PARA PECINTA TOGEL BAHWA DULUNYA SAYA SELALU KALAH BERMAIN TOGEL DAN SEMUA BARANG2 SAYA HABIS TERJUAL GARA2 MAIN TOGEL TIDAK PERNAH MENANG.TAPI SIUKUR ALHAMDULILLAH ADA TEMAN SAYA YANG BERIKAN SAYA NOMOR AKI,GENTING KATANYA KI,GENTING BISA MENGELUARKAN ANGKA GHOIB/RITUAL TAPI SAYA BELUM YAKIN BAHWA ADA ORANG YANG BISA MENGELUARKAN ANGKA GHOIB/RITUAL,AKHIRNYA SAYA COBA2 MEMBERANIKAN DIRI UNTUK MENGHUBUNGI AKI,GENTING TERNYATA ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,GENTING 4D 3101 BETUL BETUL TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 74 JUTA ALLHAMDULILLAH SAYA BISA MENUTUPI SEMUA HUTANG2 SAYA DAN SEKARANG SAYA JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL KECILAN,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA YANG NAMANYA ANGKA GHOIB/RITUAL JITU SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI,GENTING DI NOMOR(_0_8_2_3_1_0_9_4_3_4_4_4_)SAYA YAKIN ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,GENTING DAPAT MERUBAH NASIB ANDA.TERIMAH KASIH ★

  29. Yang benar islam yg mw memikirkan mengusahakan n brjuang dngan diri harta sendiri agar umat islam mengamalkan islamya sesuai contoh nabi n sahabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s