Rahasia-mu

Rahasia adalah laksana sesuatu yang terselubung dalam kelembutan dan kehalusan yang tersembunyi di dalam DIRI manusia, seperti halnya keadaan ” Jiwa dan Raga ” serta ” Ruh dan Jasad “.

Rahasiamu yang tersembunyi itu berkekuatan melebihi kekuatan bumi dan langit.

Rahasiamu dapat memandang segala sesuatu tanpa biji mata, mendengar tanpa daun telinga, bertempat tinggal di alam rumah-rumah dan tidak pula membutuhkan makan dan minum.

Rahasiamu tidak mengenal malam dan tidak pula mengembara disiang hari, keberadaannya tidak diketahui oleh ” AKAL dan PIKIRAN ” dan tidak pula berhubungan dengan hukum sebab akibat.

Rahasiamu hidup dalam abad demi abad, sedangkan jasadmu hidup dalam waktu yang telah ditentukan. Tuhan berada di belakang rahasiamu tetapi pengetahuan rahasiamu tidak dapat menjangkau dan menyaksikan Tuhan. Bila engkau yakini tentang rahasiamu, maka engkau BUKAN lagi engkau…, sedang engkau-engkau itu adalah tetap engkau…

Engkau semua berasal dari pada-NYA, sedangkan segala sesuatu yang berada di alam wujud ini datangnya kemudian daripadamu, tiada satupun yang datangnya dari padamu dapat mengalahkan engkau, asalkan engkau telah ” MENGENAL KEDUDUKANMU ” dan membiasakan diri duduk di dalam ” MAQAMMU “, maka yang demikian itu engkau lebih kuat dari bumi dan langit.

Engkau lebih kuat dari SURGA dan API NERAKA sekalipun…dan lebih kuat dari kandungan huruf dan asma’, lebih kuat dari segala apa-apa yang nyata di dalam dunia dan akhirat.

Jika engkau telah meyakini akan RAHASIAMU, maka yakin pulalah Engkau akan Tuhanmu, karena dari pada-NYA lah adanya segala yang ada. DIA lah yang menyatakan segala sesuatu…DIA tidak berada di dalam sesuatu dan tidak pula berdiam di dalam segala sesuatu….DIA tidak akan terjawab oleh pertanyaan ” BAGAIMANA ” dan tidak pula oleh ” UCAPAN TANYA ” yang seperti apapun. Laisa Kamislihi Syaiun….Tiada segala sesuatu yang telah diciptakan ” MENYERUPAI ” Keberadaan-NYA.

DIA adalah Yang Maha Esa, Yang Maha Tunggal dan menjadi tempat kembalinya segala macam PINTA, tidak ada yang dapat menyatakan adanya menjadi NYATA selain DIA.

DIA telah mendhahirkan alam semesta, bumi dan langit yang bersifat teguh dan tetap. Apabila DIA bernyata niscaya DIA akan melenyapkannya dan apabila DIA berkehendak niscaya DIA akan mengembalikannya kepada mendhahirkannya pula dengan pakaian-pakaian sementara serta aneka ragam sesuatu yang terdapat dimana-mana yakni pakaian ” RUANG dan WAKTU….MASA dan MANA “

Maka peliharalah batasmu antara MAKNAWIYAH dan STABITIYAH antara RUH dan JASADmu.

Segala sesuatu akan dituntut oleh dari mana ia berasal…Jasad berasal dari tanah, maka tanah itu akan menuntut kembalimu. TiadalahDIA berasal segala sesuatu, lalu sesuatu itu akan menuntut-NYA dan tiadalah DIA dengan sesuatu, maka sesuatu itu akan berkhusus dengan-NYA.

Tiadalah DIA ditentukan…dan sesungguhnya DIA adalah MUTLAK dan tiada pula segala sesuatupun yang menyamainya ” Laisa Kamislihi Syai’un “. Tiada segala sesuatu yang telah diciptakan dapat menyamai ( menyerupai-NYA ).

By Kariyan Santri Gundhul Posted in MANJING

37 comments on “Rahasia-mu

  1. Pokoke Pertamaaaaaaaaax.. komentare nanti yaaa mbaaaah masih menjadi Rahasi dalam Rahasia.. ikut nyanyi yaaa.. hei burung dalam sangkaaaaaar.. mengapa engkau diam terpaku..
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Rindu untukmu😆

  2. om..sampeyan wis ketumu rahasiamu sendiri belum? kalo sdh wah hebat sampeyan, kalo belum kok sampeyan bisa berdalil seperti ini,..makasih ya..om…

  3. oh ya om.. satu lagi nek sampeyan wis ketemu rahasiamu, tolong dong om, bumi ini di sulap jadi damai. tentrem makmur lagi.

  4. Tubuh ini bukanlah milikmu, begitupun Engkau bukanlah milik tubuh ini. Bumi, Air, Udara, Api, dan Eter membentuk tubuh ini dan ke sini juga tubuh ini harus kembali. Tetapi Jiwa adalah Abadi, maka apakah gerangan Engkau ini?

  5. Lha gara-gara “rahasia”, saya sering uring-uringan lho Mas… tapi juga sering dibuat mesam-mesem disebut mudeng nggak disebut ra mudeng jg nggak…dan yang terakhir ini yang bikin saya takut… we lhah gek-gek..

    Butute nyuwun izin taut nggi Mas Santri Gundul Ingkang Sulityo?

    Salam Damai penuh Senyum dan Cinta

  6. Wah jan mak nyuss tenan wejangane mas santri gundul
    membuat jiwaku tersedot kedalam kehampaan abadi
    yang tiada arah dan kiblat

  7. oom.. belum balik yaa ooom.. minta terumbu karangnya duuunk.. katanya lagi nyelem di laut.. ikannya bagus bagus endaaa..
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu..😆

  8. Kagem Kang Mas Santri Gundul nyuwun idipangestunipun bade nderek nyantri, sampun sakwetawis anggen kulo midangetaken sedoyo piwejang panjenengan dipun jangkepi
    piwejangipun poro winasis wah..mak nyees rasane koyo disiram banyu sewindu,tapi nggih nyuwun sewu saget kulo namung midangetaken amargi taksih cubluk.
    cekap semanten rumiyin, mugi mboten ndadosaken kuciwaning penggalih.

    Salam
    Hormat& bahagiaselamanya.

  9. Assalamu Alaikum wr.wb

    Wah wejangane kang santri ghundul makin berat soale makin berisi mantab tenan,apa maksud dari “rahasia” yg dimaksud diatas mengenai “MANFAR” Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robahu..? (maaf klo tulisannya salah, namanya juga lagi dlm masa pembelajaran)

  10. Mantab banget om tulisannye… wah. lama ndak mampir.. begitu mampir mak trecesss.. adem…

    ***~~~~~~~~~~~~~***

    Huuuaaaaaaaaaaa….asal gak sampek KADHEMEN wae mbak Tut.
    Gimana dikabar DIKAU dan DIA nya…???.
    Salam tetep LANGGENG njih mbak….amiiiiin.

    Rahayu

  11. Rahasiamu RahasiaKU
    RahasiaKU rahasiamu
    Jika engkau ingin mengetahui akan RahasiaKU maka ketahuilah akan Rahasiamu
    Jika engkau sudah tahu akan rahasiamu maka tahulah engkau akan rahasiaKU
    Jika engkau sudah mengetahui akan rahasiaKU maka sampailah engkau kepadaKU
    Jika engkau sudah sampai kepadaKU maka tiada lagi rahasia diantara kita
    Rahasia tidak lagi dikatakan rahasia.

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    Kang PJ,
    Iki lak podho karo ” Man Arofa Nafsahu waqod Arofa Robbahu ” Bogoh yah Kang..???.

    Muuuaaaaaaaaaaannnniiiiiiiissss sekali Kang UNGKAPANNYA….

    Salam…Salim…Rahayu…

  12. Mas …
    gambar diatas ‘artistik’
    hasilnya tajam dan
    ber-‘aura’
    sy tertarik, tapi tidak berani mengcopy-nya.

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    Silahkan Bu, jika ada keinginan dan ketertarikan mengcopy…tinggal KLIK saja kok…gak ada PAJAKNYA…haaaaaaaaaaa…

    Rahayu

  13. hmm.. andai mereka mengerti dan menyadari… mulai masuk kedalam DIRI… mengolah hati nurani dalam penyerahan diri total kepadaNYA dengan tiket Laa Hwalla Walla Quwata… masuk dalam sebenar benar diri yang tiada berdaya apa apa… memperhalus frekwensi batiniah… subhanallaaaaah… sesuatu yang besar terjadi tanpa kita berusaha… Kesadaran Batiniah membungkus Kesadaran Lahiriah…. ruaaaar biasaaa.. sesuatu yang sulit menjadi mudah… itulah NILAI POKOK dari UBUDIYAH yang terlupakan sekarang ini..
    Salam Sayang
    Salam Taklim
    Salam Hormat

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    Hmmm…UBUDIYAH…
    Kata yang sering terucap SEMBURAT dan MUNCRAT dari bibir ini Kang,
    Ubudiyah adalah wujud PENGHAMBAAN manusia kepada Tuhan-Nya. Menyadari sepenuhnya akan peran HAMBA~ABDI~BATUR~BABU~JONGOS nya Tuhan…dan memahami tugasnya MELAYANI Tuhan.
    Huiiiiiiiiikkkk…Tuhan kok DILAYANI…??? Corone koyok opo…???.
    Monggo Kang Boed dibabar di sini.

    Rahayu

  14. ::lha…lha..KangBoed, ternyata Kang Ghundhul main bom, makane terbongkar semua isi lautan…, walah -walah…terumbu karange wes ancur…meski indah namun tetap keras dan kaku….
    wah…ternyata kelembutan mengalahkan yang keras dan yang tinggi…,
    dhelosor……ndhelosor…lha..lah..awakku sik ketok’e..posisiku sik keduwuren…yak opo carane ndhelosor…Kang…

    • hehehe… yayaya… tatuuuut yaaaaa… mbaaah gundhul jadi pasukan pembooooom.. hahaha.. kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur..
      Salam Sayang
      Salam Rindu untukmu.. berdua..😆

      ***~~~~~~~~~~~~~***

      Huuuusssszzzz…..jangan keras-keras Kang, ntar aku dikarain anggotane Amrozi…huuuaaaaaaks….
      Tuh lihat Alam bawah Air kan INDAH banget…mampu membuat aku merenungi dan menuangkannya dalam tulisan Ngelantur dan Mblarah…hhaaaaaaahh…

      Rahayu

  15. Meneng anteng ora iso opo opo lan ora duwe opo opo?

    ***~~~~~~~~~~~~~~***

    Mas Pur,
    Katanya Kang Boed ” WOLO-WOLO KUWOTO ”
    Sebab sudah menyatu dengan yang DUWE OPO-OPO…haaaaaaaaa…

    Rahayu

  16. Lama juga tidak bertemu mas-mas, akang-akang, abang-abang yang bernama santri gundhul, pengembara jiwa, STMJ, dst..

    Saya juga punya rahasia, dulu nama saya fitri yang punya situs di blogspot. Sekarang atas perintah dari bang korlap, nama saya di ganti jadi fietria dan pindah ke wordpress. Di harapkan kunjungan baliknya.

    ***~~~~~~~~~~~~~***

    Haaaaaaaaaks….Baju Baru dan rumah barui nih ceritanya…
    FITRIA…tak tambahin ELVIE SUKAISIH….hiiiiks..kiks..kiks..

    Rahayu

  17. salam jumpa kangmas kariyan,smg selalu sehat.

    orang harus tahu apa yang dikatakan,kepada siapa dikatakan,mengapa dikatakan,dimana dan kapan harus dikatakan dan bagaimana mengatakan.
    YANG DIKATAKAN HARUS BENAR,TETAPI TIDAK SEMUA YANG BENAR HARUS DIKATAKAN..RAHASIA DAN NAMA BAIK ORANG HARUS DIHORMATI.

    salam rahayu sabrayat agung.

    ***~~~~~~~~~~~~~***

    Hmmm…Yang Kung ini pancen wes TUWO tenanan,
    Injih matur nembah nuwun Kung wewarahnya. Mudah-mudahan saja tulisan NGELINDUR saya yang NGELANTUR tersebut gak menyinggung poro sedulur.

    Rahayu

  18. tulisan yang membumi dan kita memang haarus seimbang anatara ruhani,jasad dan akal.
    selamat malam. salam semangat

    ***~~~~~~~~~~~~~~~***

    Yah…berusaha agar selalu SEIMBANG menyelaraskan dengan HUKUM KEJATEN yang sesungguhnya memiliki sifat-sifat dasar ” SEJATI~BAIK~SABAR “. Inilah tugas kita.
    Terima kasih Kawan.

    Rahayu

  19. Puji qodim puji muhadas

    ***~~~~~~~~~~~***

    Monggo Mas Purnomo…haaaaaaaaaaa….ganti Klambi yah???
    Mukholafatul Lilhawadzisti..

    Rahayu

    • Njajal nuruti roso niki lho kyaine, kulo tak meneng anteng ae midhangetake opo dhawuhe pinisepuh. Opo sing neng jerone jeroanku lan karepe rasaku jan jibles persis kabeh dadi wis kari meiyakan ae.. Aku yo aku, Aku yo sliramu. Meneng anteng, pedhot kabeh, sing ono kono yo ono neng kene n sebalik’e..

      ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

      Whalah…whalah….mas Pur,
      Iki sing jenenge tekan anggone LAKU KASAMPURNAN JATI.
      Meneng, Anteng menurut Kehendak URIPE yang dibimbing sang Sumber URIP wes…wes…ora bakal keno SAMBIKOLO.

      Rahayu mas Pur.

      • Lah…nikupun kulo saruju sanget Mas Pur,

        URIPKU~URIPMU, sak walik’e …URIPMU yo ugo URIPKU
        ROSOKU~ROSOMU, sak walik’e …ROSOMU yo ugo ROSOKU.
        Weeessssss…nek ngene iki ora ono bedone meneh yoh…??? Sing marakke bedo kan mung Wdhag’e wae kang linambaran Ego~Nepsu~Akal~Pikir.

        Semua berasal dari sang SUMBER URIP yang TUNGGAL.
        SUWUNG GUNG LIWANG~LIWUNG…..haaaaaaaaaaaa…

  20. WEALAH PANGLING AKU, HAMPIR KELUAR LAGI….ijo royo royo lambang subur, jejem jinem adem ayem.Sik kang tak simaknya alon alon.

    ***~~~~~~~~~~***

    Heee…..kepingin ganti baju saja Kang,
    Ijo royo-royo tak sengguh temanten ANYAR…haaaaaaaa…
    Monggo Kang, alon-alon waton kelakon.

    Rahayu

    • Huuuuwaaaaaaaakaakakakak.. mBaaaaah cat nyaaaa baruuuu yaaaaa.. rumahnya tambaaaah bagus ajaaaaaaa.. hehehe… kapan kapan aku ikuuuut yaaaa neng bawaaaah lauuuut..
      Salam Sayang.

      ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

      Lah ayoh Kang, nek arep melu SLULUP neng SEGORO ben weruh Dunia lain yg ternyata luwih ANTENG KAHANANE sambil bersendau gurau dengan makhluk kecil nan indah lagi bersahabat haaaaaaaaaa….

      Salam Cayank celalu…xi..xi..xi..

  21. Hmmm…Monggo monggo kakangmas santri njenengan ingkang sampun ngrumiyini keli dhateng segoro kulo tak ndherekne lampah jengandiko mugo2 melu keli ugo neng gisiking samodro. Ben iso dolanan karo iwak cilik2. Fana ul maqom margo wis kecemplung segoro ora iso duweni mili maneh, ing samubarang ngadhep mung anane Sing Duwe Rupo.. Ina lillahi wa ina ilahi rojiun ojo kullun nafsin da’iqotul maut. Akeh kang Siji, Siji kang Akeh…

    ***~~~~~~~~~~~~~~~***

    Whaaaaaaaaa….Mas Pur,
    Keli-kintir neng Segoro rupane ora podho karo Kintir neng Kali. Neng Segoro kuwi tibakne ANTENG ora kenceng ARUSE. Bedo yen neng Kali Banter temenan miline…nek gak kuwat Gondhelan yo pancene biso Keli mobat-mabit…glagepan…haaaaaaaaaa…

    Njih Mas Pur ” TELU TELUNE SATUNGGAL ”

    Salam…Salim…Rahayu…

    • Bila tidak ada rahasia, maka kata rahasia gak ada gunanya. Sedangkan ALLOH menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya/kegunaannya. Begitulah kurang lebihnya.
      Salam kenal semuanya

  22. *Ketika si “Majnun” sedang menyendiri dalam kesendirian……….
    Dan si “Laila” pun bertanya kepadanya….*
    ——————————————————————————-

    L : Sedang apa Engkau duhai kekasihku……???
    M : Menyendiri dalam kesendirian……wahai Laila…
    L : Apa yang Kau lihat……???
    M : Tidak ada “Majnun” yang terlihat, melainkan hanya Aku saja yang ada……
    L : Setelah itu..???
    M : Aku pandang diriku, ternyata Aku pun juga tidak ada…..
    L : Truus…siapakah yang ada wahai Kekasihku…???
    M : Entahlah….apakah ini suatu ke GILA an… atau ke MABUK kan…, yang jelas….terlihat disitu hanya Engkau yang ada. Jadi Aku tidak ada….Sepertinya Aku telah keluar dari diriku sendiri, dan tidak kutemui lagi diriku itu. Malah…yang ketemu hanyalah Engkau semata duhai “Laila…….”, dan hanya Engkau saja lah yang pantas berkata dan mengaku *”AKU”*, bukan Aku karena Aku tidak ada dan tidak berhak mengata dan mengaku *”AKU”*.

    Salam Tresno Kang Gundhul dari si “Laila…..” (Laila….ha……illallaah)
    Laila…laila…..
    Laila…Laila….
    Laila…Laila….
    Laila….ha….illallah…….

    Salam Taklim,
    saudaramu…PJ

  23. Rahasia adalah rahasia, bagaimanapun juga harus tetap menjadi rahasia.
    Meskipun kita telah mengetahui rahasia, namun selayaknya menjadi rahasia antara kita dan sang rahasia itu sendiri.
    Karena bagaimanapun, apapun, dimanapun, kapanpun rahasia antar rahasia tidaklah mesti sama.

  24. saya sependapat dengan sampean mas,mengetaui rahasia dalam diri itulah anugrah sang khalik,rahasia alam memang ada dlm diri kita,rahasia tuhan juga ama kita tetepi ada yg menganjal dalam benak saya,kalau ruh ini pulang kemana ruh ini bersemayam??????? kalau jabawaban anda kembali ketuhanitu sudah pernah saya dengar,sya ingin lebih detail,dan gimana cara kita untuk menyempurnakan kematian kita trims

  25. aku adalah aku dan aku yang tahu akan aku tapi aku tak akn tahu tantang aku jika aku tidak mengenl tuhan aku terlebih dulu tapi dimana tuhan aku dimana dia dan berasal dari mana dia,sungguh semua ini hanya aku dan tuhan aku yang tahu,tak usah di ucap tak usah di rasa dan tak usah di dengar tapi yang pasti terjadi TUJUAN HIDUP AKU BERTEMU DENGAN TUHAN AKU dan lenyaplah aku dalam kasih sayangNYA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s