SERAT SABDO JATI

Serat SABDO JATI. RADEN Mas Ngabehi Ronggowarsito. Demikian nama salah seorang pujangga terkenal yang pernah menorehkan jejak gemilang dalam kesusastraan Jawa di abad 19. Namanya senantiasa dikenang sebagai pujangga besar yang karya-karyanya tetap abadi hingga kini.
Dari tangan pujangga asal Keraton Surakarta ini lahir berbagai karya sastra bermutu tinggi yang sarat nilai kemanusiaan. Buku-bukunya antara lain membahas falsafah, ilmu kebatinan, primbon, kisah raja, sejarah, lakon wayang, dongeng, syair, adat kesusilaan, dan sebagainya. Namun sebagian masyarakat Jawa, terutama rakyat jelata, sering mengidentikkan Ronggowarsito dengan karangan-karangan yang memadukan kesusastraan dengan ramalan yang penuh harapan, perenungan dan perjuangan.
Dilahirkan pada 15 Maret 1802 dengan nama asli Bagus Burham. Ayahnya seorang carik Kadipaten Anom yang bernama Raden Mas Pajangswara. Ibunya Raden Ayu Pajangswara merupakan keturunan ke-9 Sultan Trenggono dari Demak.
Bakat dan keahliannya dalam bidang kesusastraan semakin terasah dengan bimbingan kakeknya Raden Tumenggung Sastronegoro. Semenjak kecil, ia dibekali ajaran Islam dan pengetahuan yang bersandar pada ajaran kejawen, Hindu, Budha, serta ilmu kebatinan.
Karya-karya besarnya yang terkenal sampai saat ini adalah Serat Kalatidha yang berisi gambaran zaman penjajahan yang disebut “zaman edan”. Ada kitab Jaka Lodhang yang berisi ramalan akan datangnya zaman baik, serta Sabdatama yang berisi ramalan tentang sifat zaman makmur dan tingkah laku manusia yang tamak.Menjelang akhir hayatnya, Ronggowarsito menulis buku terakhir Sabdajati yang di antaranya berisi ramalan waktu kematiannya sendiri. Buku ini pun berisi ucapan perpisahan dan permohonan pamit karena Ki Pujangga akan segera meninggalkan dunia fana ini.
Pada 24 Desember 1873, pujangga besar dari tanah Jawa itu meninggal dunia dengan tenteram. Tempat peristirahatan terakhirnya terletak di Palar, sebuah desa kecil di wilayah Klaten-Jogjakarta.
 

Hawya pegat ngudiya Ronging budyayu
Margane suka basuki
Dimen luwar kang kinayun
Kalising panggawe sisip
Ingkang taberi prihatos

Jangan berhenti selalulah berusaha berbuat kebajikan,
agar mendapat kegembiraan serta keselamatan serta tercapai segala cita-cita,
terhindar dari perbuatan yang bukan-bukan, caranya haruslah gemar prihatin.

Ulatna kang nganti bisane kepangguh
Galedehan kang sayekti
Talitinen awya kleru
Larasen sajroning ati
Tumanggap dimen tumanggon

Dalam hidup keprihatinan ini pandanglah dengan seksama,
intropeksi, telitilah jangan sampai salah, endapkan didalam hati, agar mudah menanggapi sesuatu.

Pamanggone aneng pangesthi rahayu
Angayomi ing tyas wening
Eninging ati kang suwung
Nanging sejatining isi
Isine cipta sayektos

Dapatnya demikian kalau senantiasa mendambakan kebaikan,
mengendapkan pikiran, dalam mawas diri sehingga seolah-olah hati ini kosong namun sebenarnya akan menemukan cipta yang sejati.

Lakonana klawan sabaraning kalbu
Lamun obah niniwasi
Kasusupan setan gundhul
Ambebidung nggawa kendhi
Isine rupiah kethon

Segalanya itu harus dijalankan dengan penuh kesabaran.
Sebab jika bergeser (dari hidup yang penuh kebajikan)
akan menderita kehancuran. Kemasukan setan gundul,
yang menggoda membawa kendi berisi uang banyak.

Lamun nganti korup mring panggawe dudu
Dadi panggonaning iblis
Mlebu mring alam pakewuh
Ewuh mring pananing ati
Temah wuru kabesturon

Bila terpengaruh akan perbuatan yang bukan-bukan,
sudah jelas akan menjadi sarang iblis, senantiasa mendapatkan kesulitas-kesulitan, kerepotan-kerepotan, tidak dapat berbuat dengan itikad hati yang baik,
seolah-olah mabuk kepayang.

Nora kengguh mring pamardi reh budyayu
Hayuning tyas sipat kuping
Kinepung panggawe rusuh
Lali pasihaning Gusti
Ginuntingan dening Hyang Manon

Bila sudah terlanjur demikian tidak tertarik terhadap perbuatan yang menuju kepada kebajikan. Segala yang baik-baik lari dari dirinya, sebab sudah diliputi perbuatan dan pikiran yang jelek.
Sudah melupakan Tuhannya. Ajaran-Nya sudah musnah berkeping-keping.

Parandene kabeh kang samya andulu
Ulap kalilipen wedhi
Akeh ingkang padha sujut
Kinira yen Jabaranil
Kautus dening Hyang Manon

Namun demikian yang melihat, bagaikan matanya kemasukan pasir, tidak dapat membedakan yang baik dan yang jahat, sehingga yang jahat disukai dianggap utusan Tuhan.

Yeng kang uning marang sejatining dawuh
Kewuhan sajroning ati
Yen tiniru ora urus
Uripe kaesi-esi
Yen niruwa dadi asor

Namun bagi yang bijaksana, sebenarnya repot didalam pikiran
melihat contoh-contoh tersebut. Bila diikuti hidupnya akan
tercela akhirnya menjadi sengsara.

Nora ngandel marang gaibing Hyang Agung
Anggelar sakalir-kalir
Kalamun temen tinemu
Kabegjane anekani
Kamurahane Hyang Manon

Itu artinya tidak percaya kepada Tuhan, yang menitahkan bumi dan langit, siapa yang berusaha dengan setekun-tekunnya akan mendapatkan kebahagiaan. Karena Tuhan itu Maha Pemurah adanya.

Hanuhoni kabeh kang duwe panuwun
Yen temen-temen sayekti
Dewa aparing pitulung
Nora kurang sandhang bukti
Saciptanira kelakon

Segala permintaan umatNya akan selalu diberi, bila dilakukan dengan setulus hati.
Tuhan akan selalu memberi pertolongan, sandang pangan tercukupi segala cita-cita dan kehendaknya tercapai.

Ki Pujangga nyambi paraweh pitutur
Saka pengunahing Widi
Ambuka warananipun
Aling-aling kang ngalingi
Angilang satemah katon

Sambil memberi petuah Ki Pujangga juga akan membuka selubung yang termasuk rahasia Tuhan, sehingga dapat diketahui.

Para jalma sajroning jaman pakewuh
Sudranira andadi
Rahurune saya ndarung
Keh tyas mirong murang margi
Kasekten wus nora katon

Manusia-manusia yang hidup didalam jaman kerepotan,
cenderung meningkatnya perbuatan-perbuatan tercela,
makin menjadi-jadi, banyak pikiran-pikiran yang tidak berjalan
diatas riil kebenaran, keagungan jiwa sudah tidak tampak.

Katuwane winawas dahat matrenyuh
Kenyaming sasmita sayekti
Sanityasa tyas malatkunt
Kongas welase kepati
Sulaking jaman prihatos

Lama kelamaan makin menimbulkan perasaan prihatin, merasakan ramalan tersebut,
senantiasa merenung diri melihat jaman penuh keprihatinan tersebut.

Waluyane benjang lamun ana wiku
Memuji ngesthi sawiji
Sabuk tebu lir majenum
Galibedan tudang tuding
Anacahken sakehing wong

Jaman yang repot itu akan selesai kelak bila sudah mencapat tahun 1877
(Wiku=7, Memuji=7, Ngesthi=8, Sawiji=1. Itu bertepatan dengan tahun Masehi 1945).

Ada orang yang berikat pinggang tebu perbuatannya seperti orang gila, hilir mudik menunjuk kian kemari, menghitung banyaknya orang.

Iku lagi sirap jaman Kala Bendu
Kala Suba kang gumanti
Wong cilik bisa gumuyu
Nora kurang sandhang bukti
Sedyane kabeh kelakon

Disitulah baru selesai Jaman Kala Bendu. Diganti dengan jaman Kala Suba.
Dimana diramalkan rakyat kecil bersuka ria, tidak kekurangan sandang dan makan seluruh kehendak dan cita-citanya tercapai.

Pandulune Ki Pujangga durung kemput
Mulur lir benang tinarik
Nanging kaseranging ngumur
Andungkap kasidan jati
Mulih mring jatining enggon

Sayang sekali “pengelihatan” Sang Pujangga belum sampai selesai, bagaikan menarik benang dari ikatannya.
Namun karena umur sudah tua sudah merasa hampir
datang saatnya meninggalkan dunia yang fana ini.

Amung kurang wolung ari kang kadulu
Tamating pati patitis
Wus katon neng lokil makpul
Angumpul ing madya ari
Amerengi Sri Budha Pon

Yang terlihat hanya kurang 8 hari lagi, sudah sampai waktunya, kembali menghadap Tuhannya. Tepatnya pada hari Rabu Pon.

Tanggal kaping lima antarane luhur
Selaning tahun Jimakir
Taluhu marjayeng janggur
Sengara winduning pati
Netepi ngumpul sak enggon

Tanggal 5 bulan Sela
(Dulkangidah) tahun Jimakir Wuku Tolu,
Windu Sengara (atau tanggal 24 Desember 1873)
kira-kira waktu Lohor, itulah saat yang ditentukan
sang Pujangga kembali menghadap Tuhan.

Cinitra ri budha kaping wolulikur
Sawal ing tahun Jimakir
Candraning warsa pinetung
Sembah mekswa pejangga ji
Ki Pujangga pamit layoti

Karya ini ditulis dihari Rabu tanggal 28 Sawal tahun Jim, akhir 1802.
(Sembah=2, Muswa=0, Pujangga=8, Ji=1) bertepatan dengan tahun masehi 1873).

Iklan

93 comments on “SERAT SABDO JATI

  1. Waah… senengnya mengetahui ada blog yg concern dengan berbagai tema seputar kultur Jawa. Jadi kerinduan saya terhadap kampung halaman (ing Sukoharjo, Solo) bisa terobati hanya dengan bertandang ke sini.

    Monggo…

    *************

    Ha..ha…lumayan jadi NGIRIT Ongkos pulang neh Pak.
    Semoga BETAH di sini…

  2. Yang ini juga tak kalah menarik Mas… Paling tidak mengingatkan bahwa sebagai orang Jawa jangan sampe tercabut dari akar kebudayaanya.. Maturnuwun…

    +++++++++++++++++++++++

    Nggih leres njenengan Mas Wino,
    Sak meniko kathah piyantun ingkang sampun LALAI dan LUPA dengan asal muasal JER-JERING manungso saking Kabudayan piyambak. Malah Kabudayan saking negari sanes dipun Subyo-subyo kanti langkung. Akhirnya pada LUPA dengan JATI DIRINYA.

    Suwun wangsul

    • anda jangan asal bicara…!!!!
      saya adalah siswa dari padepokan sabdo langit yang telah tahunan berguru….!!!!
      jadi tolong jangan mencememarkan nama baik padepokan sabdo langit….
      MEREKA SANGAT MENJUNJUNG TINGGI BUDAYA TIMUR…!!!
      MENGUTAMAKAN TATA KRAMA DAN SOPAN SANTUN…!!!
      terima kasih

      RUDIANTO – MALAYSIA

    • maf,..mbak aini…tolong jgn bikin fitnah….saya sebagai orang2 yang menyukai ilmu gaib..g bisa terima kta2 mbak tanpa ada bukti…dan ga ada ilmu allah yang di jalankanya dengan cara yg di larang oleh allah…trima kasih….

  3. sudah cukup sya tertipu akibat ulah sbdo lgit yg berlokasi di jln assalam!! keperwanan sya bnr2 habis dirnggutnya! apa mas semua masih ada hati.. sya ingin berbicra jjur aga r smua pndgar jg smpai msk ke jurang sprti sya. dan sya akn mlporkn kpd pihak berwjib!!

    • Assalamu’alaikum…. salam sejahtera selalu…!!!
      saya adalah salah satu siswa sabdo langit… saya sangat terkejut akan berita yang saya baca….
      sungguh hanya seorang pengecut yang berani mencemarkan nama baik padepokan yang telah
      banyak menolong orang,,,, ini adalah fitnah… karna saya yang bertahun2 berguru dengan sabdo langit
      mendapatkan hasil yang sangat berguna bagi kehidupan saya……

      jadi tolong kalau hanya sekedar iseng jangan mencemarkan nama baik padepokan ku…..
      karena padepokan sabdo langit sangat menjunjung budaya timur…
      dengan kerendahan hatinya, sopan santun, saling menghargai,
      jadi sangat tidak mungkin kalau anda berkata demikian, Terima Kasih

      Rudianto – Malaysia

      • sugeng tetepangan kaleyan kulu mas Rudianto.Nama saya edi dosa sebaiknya mas Rudi tidak usah kaget gumun atau panik menanggapi tulisan saudari aini karena kita semua tau siapa itu kang mas sabdo langit guru saya yang terhormat yang sudah membagikan banyak ilmu kepada kita semua melalui tulisan2nya meskipun saya belum diangkatnya menjadi murid. Kebenaran tidak akan padam karena tipu ,muslihat seorang yang kurang kerjaan dan biarkanlah kebenaran akan menunjukkan kebenarannya sendiri tanpa campur tangan manusia.

        salam persaudaraan
        edi dosa

    • dasar tukang fitnah pembohong besar,.saya tau gimana padepokan sabdo langit,.walo ini pos lama saya tau tulisan gini kok marah juga,cobalah sadar diri jangan main fitnah.tolong yang punya blog tuh posting fitnah di hapus,.

  4. Mbak-mbak yang merasa ditipu dan direnggut keperawanannya lapor kepada kami email saja ke fpisulthon@yahoo.com.

    Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberantas pelecehan seksual terhadap wanita pada suatu organisasi dan hal ini untuk seluruh umat beragama tidak hanya muslimat saja.

    Harap email ke kami berikut kronologisnya dan alamat yang tepat data anda terjamin kerahasiaannya.

    • lapor pak ada pencabulan yang dilakukan kyai Umbar Mulyopno terhadap santriwatinya di suabaya dan pondok pesantrennya dirussak warga karena warga kesal dengan ulah kyai tersebut mohon diatasi masalah ini pak baca beritanya di yahoo kemarin terima kasih .

  5. Atau langsung laporkan ke markaz kami atau cabang-cabang kami,
    Kami membantu ummat dengan jiwa dan raga kami.

    Wassalam

  6. Dumadine wong kang becik bejan..orah koyok dadi wong jowo…yen orah ksebut “GAK PATE’ JOWO”.

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Dadi womh JOWO ojo sampek ILANG JAWANE…
    Masyarakat Jawa mengartikan kata ‘Jawa’ bermakna ‘mengerti’ atau paham. Oleh karena itu, di dalam keseharian sering terdengar masyarakat Jawa melontarkan ungkapan seperti: ‘durung jawa’ (belum paham), ‘wis jawa’ (sudah paham), atau ‘wis ora jawa’ (berubah sombong atau atau buruk karena menjadi kaya – menjadi punya jabatan, menjadi punya pangkat, dll).

  7. hmm… sungguh indahnya… hidup tetap Eling dalam kesadaran dan Waspodo dalam menangkap hikmah di balik setiap kejadian… sehingga berhati hati dalam melangkah dan memutuskan sesuatu… modalnya hanya kepasrahan diri… belajar sabar.. tawakal… ikhlas dan ridha… serta mulai bersyukur setiap saat… alam semesta akan merespon dengan indahnya sujud syukur insan hina…
    Salam Sayang
    Salam Taklim
    Salam Sejati…

  8. pamuji rahayu…

    KUKUH BAKUH BUMI NUSWANTARA…., SURADIRA JAYANING – RAT, LEBUR DENING PANGASTUTI….

    kangmas Gun.., arek wis kentekan omongan dadhi malah bingung.. arep ngomong opooooo, box koment dikebaki wong kabeh.., malah ndok kene ana sing wong kerik ndemit barang..wis dadhi bubrah…, bhiyuuuuuhhhhh…,
    mending lungguh sila methekel matek tempe penyet.. wedang jahe anget anget udud klembak menyan.., nyawang mbulan ndadari… wah.. malah nyang ati trentrem ayem jenjem…, ora gawe tingtrime wong sak jagad.., lungguh sambil ngantu ngantu saudaraku kangmas Gun dan Saudaraku Kangboed njedul.. ayoo ayooo wedhangan duluuurrr…, guyub rukun saeka praya.. mbangun praja kanggo wigatining bangsa…,

    salam kangmas Gun..,

    Rahayu.. mugya panejengan lan para kadhangku kang kinasih tansah dahat karaharjan.

    Rahayu…

  9. wis manteb pokoke…
    sesuk kapan bali mrene maneh, rasah adoh-adoh neng malang

    ***~~~~~~~~~~~~~~~***

    Haaaa…lah kulo piyambak wangsul teng Malang pendak 3 tahun pindah. Amargi awes sanget bondhone pak Bud.

  10. SABDO PALON MENCIPTAKAN CANDI SUKUH DI TAWANG MANGU.TAWANG MANGU ARTINYA MEMBANGUN KESADARAN SEHINGGA PRABU BRAWIJAYA MENYADARI SEPENUHNYA AKAN HAKEKAT AJARAN YANG DIBAWA KALI JAGA YANG DISUKAI PUTRI CAMPA YANG DOYAN SEK.CANDI SUKUH ADALAH PERWUJUDAN ALQURAN TERJEMAHAN SABDO PALON ATAU SEMAR.AJARAN KALI JAGA BERARTI CANDRA SENGKALA.AGAMA YANG MENGHANCURKAN DAN MENYESATKAN.ATAU JURU PENERANG YANG MENGHANCURKAN.PADA AJARAN KALI JAGA WANITA DIPERKOSA DAN DILECEHKAN HINGGA TITIK TERENDAH.WANITA DI HANCURKAN DAN DINODAI.BAIK OLEH GUNA-GUNA .DEWANYA DEWA CABUL KAMAJAYA.PADA AKHIRNYA KAMAJAYA DI HANCURKAN MENJADI ABU OLEH DEWA SIWA.SABDO PALON BERKATA SEBUAH NEGERI YANG WANITANYA DI RENDAHKAN DEWATA TAK SUDI DATANG MEMBERI BERKAH KEMAKMURAN.DEWA KAMAJAYA SENDIRI DI USIR DARI SURGA.ROHNYA DI DUNIA MENDIAMI MAHLUK YANG BERCINTA DAN KASMARAN.DEWA KAMAJAYA TAK PERNAH MENCAPAI SURGA.JUGA PARA PENGANUT AJARAN KALI JAGA TAK PERNAH MENGENAL SURGA.BOHONG BESAR JIKA USTAD CABUL DAN BERWAJAH BURUK MENERANGKAN TENTANG SURGA.PEMELUK AJARAN KALIJAGA HANYA JADI MANGSA BUTO ATAU RAKSASA SEMATA.PRABU BRAWIJAYA,PUTRI CAMPA DAN KALI JAGA MELAKUKAN DOSA TAK BERAMPUN BAGI UMAT MANUSIA.BERGURU PADA MANUSIA SESAT HANYA MENDAPAT KESESATAN DAN PENDERITAAN TIADA AKHIR.

    • saya sangat suka dengan ajran sunan kli jogo,…karna bliau adlah yg bisa mejadi satukan ,…islam dengan kbudayaan jawa ,dan tidak menyimpang dri ajran islam…sedikitpun bagi kita yang memahaminya.

  11. KALAU MERASA SAKTI MANDRA GUNA PADA ACARA TARIAN CALON ARANG DI BALI BOLEHLAH KALIAN UJI KESAKTIAN DISANA.HUBUNGI PAK NGURAH ARTHA DI DEWATA TV.KENALI DULU SAKTINYA LEAK BALI DI YOU TUBE LEAK BALI MELAWAN DUKUN-DUKUN JAWA.JANGAN CUMA BISA MEMPERKOSA WANITA SAJA.
    KALAU TERTARIK BUAT GROUP ORANG -ORANG SAKTI MINIMAL 100 ORANG.SILAHKAN ADU KESAKTIAN DENGAN LEAK BALI.ITU BARU SPORTIF.

    ***~~~~~~~~~~~~~***

    Haiiiiiyyyyyyyyyyyoooooohhhh….
    Siapa yang MERASA SAKTI…, tuh ada info dari mas Rasa untuk uji coba Elmu JOYO KAWIJAYAN dengan Leak Bali.
    Hiiiiiii…paling-paling ujung-ujungnya juga sama-sama ” MO-GO-BO-THO-NGO ” ( sama-sama jadi MAYAT )…haaaaa..haaaaaa…
    Jika ada orang yang MENGAKU-AKU dirinya SAKTI…sesungguhnya Dia SANGAT LEMAH….

    Salam – SLUMAN~SLUMUN~SLAMET Kang mas Rasa.
    Rahayu

    • udahlah wes ga usah ribut…….jangan tonjolkan sikap sikap kalian yang bisa memicu terjadinya sesuatu yang tidak baik !apakah kalian cukup faham apa inti dari kata kata tersebut?

    • orang sakti bukan orang2 yang banyak2 omong…dan orang sakti tidak pernah mnampakan kesaktianya…..ingat saudara penyakit ilmu adalah sombong…g ada orang sakti di dunia ini…hanya allah lah…yang maha sakti….salam .dalih albantani

  12. Mohon maaf saya mau nanya,,,,sabdo langit itu organisasi ato perguruan apa…………………………………………saya pengen tau,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ***~~~~~~~~~~~~~***

    Wah…saya malah belum tahu mas CBONG, bisa saja ada Paguyuban, Perguruan ataupun Organisasi dengan nama tersebut.

    Mohon maaf tidak bisa memberikan petunjuk.

    Salam

  13. Kalou topeng diadu dengan manusia ya lucu,gmana kalau leak diadu dengan reog, atau kalau gak etis lagi leak diadu dengan buaya dipenangkaran buaya?Atau dengan harimau dikandangnya? Gak ada manusia sakti toh manusia itu masih bentuk ciptaan,sampai kapan bentuk-bentuk ciptaan itu bisa kekal?

    ***~~~~~~~~~~~~~~~~~***

    Iya saudaraku Madawali,
    Memang tiada yang SAKTI dan KEKAL…Ilmu JOYO KAWIJAYAN hanya akan menjadikan kita berperilaku ADIGAN~ADIGUNG~ADIGUNO~SOPO SIRO SOPO INGSUN…yang pada akhirnya hanya mambuat kita LALAI dan LUPA akan DIDI sendiri.

    Jika ada seseorang yang mengatakan DIRINYA SAKTI karena bisa TERBANG…sesungguhnya Burung-burungpun telah melakukannya.
    Jika ada seseorang yang mengatakan DIRINYA SAKTI karena bisa BERJALAN DI ATAS AIR…sesungguhnya binatang ANGGGANG-ANGGANGpun telah melakukannya.
    Jika ada seseorang yang mengatakan DIRINYA SAKTI karena bisa MENEMBUS BUMI…sesungguhnya JANGKRIK, CACING pun telah melakukannya.

    Salam

  14. Alhamdulillah, alam berbisik,insan lelap bermimpi,tatkala angkara sudah di Tuhankan,aku jadi tak bisa menahan kentut,sempit sudah akal kita jikalau Tuhan cuma bisa menantang Ciptaannya,jikalah mau percaya, Tuhan itu mampu mematikan dengan Cinta,bukan dengan kanuragan dan senjata apalagi sabdonya pak pendeta.He..He..He. Salam akur yg punya blog jangan lupa yang dua itu di syukuri kalau tidak lewat lho.Kayak kawanku yg duanya sudah gak ada lagi.He..He..He

  15. iNI SRat SBdo jAti ApA saBdo lNgit?? Sya jD bngung
    Kalau memang ini sBdo Langit SYA mAu meLPorkan PErbuATan yG meLeCehkan Kakak SAya yG bernama Suryaningsih
    perlu di ketahui.. saya sudah lama dan akRab dgn perguruan sabdo langit.krna sudah bbrp kali saya dan kakak saya berobat d sna.
    namun tepat pda tgl 14 mei lalu ketika kakak saya hendak pasang susuk.. kakak saya malah d suruh utk d buka bajunya.. dan seterusnya ia d suruh melayani ABah SOdiqe dgn Alasan ingin mengeluarkan Ghoib Yg ad d bdannya.. HArus dgn ritual tersebut… .SUDAH KE 4 KALI kakak saya melakukan hub trsebut dgn abaH Sodiqe dan ia Skrng HAmil.. lalu siapa yg hArus bRTanggung jawab .. saya tdk minta lebih .. dan melihat kondisi kakak saya yg depresi.. berat.. saya turut sedih… tolong tegakan keadilan!!! saya gq mau menuntut mereka..namun saya minta kepada para wanita untuk selalu berhati2 dlm memlih paranormal..yg jelas asal usulnya.

    trimakasih.

    • dari pada ngomong ga karuan, yg terzolimi silahkan laporkan kepolisi spy diproses. kalo merasa nerima, ga usah komentar.

    • maf…bukan saya membela sabdo langit….tpi kenyataanya di majalah libertiy betapah tinggi padepokan sabdo langit,,,…dalam menjunjung nilai2 islam ,serta sopan santun .makanya saya sempat tidak percaya….klo memang benar ingat lah…allah maha tahu semua ciptaan nya.tpi klo anda orang yang yang membenci padepokAN sabdo langit.tolong jgn menggunakan media elktronik…tpi dengan media gaib….trima kasih

  16. Sabar ya mbak…
    SABDO LANGIT??? YG pimpinan ki sukma ningrat itu kan??
    SAya juga pNAh Bljar d sna.
    tapi SAya bLajar YG d Jakarta .. yg d Joglo ituloh..hehehehehe.
    Wkti itu SAya Ambil progRam kesepuhan sAbdo dadi.. ehh lAnjut ke ilmu pamungkas sabdo langit… trus SAya jg aMbil kHOdam Sapu JAgAd.
    wahh PELAyanann nya meMuaskan koq .yahhh memang Aki nya rada MAtre.. MUngkin jga GHoiB ny doyan Duit kali..hehe.
    wktu itu Saya d suruh masuk kamar.. dan d suruh pandangin foto nyai loro kidul…dan ditinggal ki ny gitu aja.. DENGAN ALASAN akinya mau bantu saya dari kamar sebelah.buat transfer energi. sesudah 1 jam gitu.. saya keluar aja .. (hendak ke wc) Ehhh gq sengaja liat abah dan aki2 ny lg ngitung duit.. yg td saya beri buat keilmuan ..hehehe.. yg saya langsung trperanjat aja.. kaget bnget.. masa saya D SURUH NUNGGU D KAMAR SEDANGKAN AKI2 NYA PADA NGITUNG DUIT..WELEH2
    total program yg saya ambil bErikut susuK merah delima nya sebesar 30 jt an.
    yahh nyesellll banget sih.. tp ya mau gimana lg..
    tp gPpalah.. SAYA jg ngAMbil beberapa brg2 dari kamar nya wktu ditnggal 1 jam gtu…(nyolong dikit) hehe.. kyk keris ama tasbeh,buku2 keilmuan..
    trus saya juaL ke ki JOko bodo deh.. yg d jln mesjid al umar ituloh.. yahh walau dpt 12 jt.. tp yah.. lumaynlah buat nutup kerugian.
    dan sekrang saya membuka cabang di jln menteng raya 3 no 712 dpan rumah makan nasi uduk mak cingur..
    saya sudah mendapat ilmu sedikit dari ki jojo bodo.
    hati2 yang ingin belajar di sabdo langit. uang habiss ilmu pun tidak dapat

    • Ternyata Asyik Juga ya ,membaca komentar dari orang yang kena tipu semoga mereka diberi Iman dan jangan sampai menimpa anak dan cucu.

  17. YG susuk merah delima itu kn bonus anti nembak jg kn mas?
    sabdo langit memang bener2 menipu..
    SUAMI SAYA CACAD KAKI SEBELAH KIRINYA!!! KETIKA IKUT TEST KEKEBALAN OLEH SABDO LANGIT.. KAKI SUAMI SAYA DI TEST KEBAL SENJATA.DAN DITEMBAK KAKI KIRINYA..
    CERITANYA PADA WAKTU ITU SUAMI SAYA IKUT KE PELABUHAN RATU .. DSNA ki SUKMA nINGRAT , UsTAD aBDULLAH DAN abH sODIQ MEMBERIKAN AJIAN2… DENGAN MAHAR 18 JT. ITU BKANLAH JUMLAH KECIL… MENGINGAT KERJAAN SUAMI SAYA SEORG SATPAM..
    LALU KTKA TENGAH MALAM RITUAL ITU DIMULAI.. LALU.. DITEMBAKLAH KAKI KIRI SUAMI SAYA.. PADAHAL SEBELUM NYA YG DIMINTA ABAH2 ITU UNTUK MENENMBAK PERUT SUAMI SAYA..
    DAN PELURU PUN MENEMBUS PAHA KIRI SUAMI SAYA…. LALU MEREKA MENINGGALKAN SUAMI SAYA DN MENYURUH PETUGAS HOTEL UTK MEMBWA K RUMAG SAKIT TERDEKAT.. ALHASILL UNTNG;AH NYAWA SUAMI SAYA DPT TERTOLONG..WLAUPUN PENDARAHN. BNYAK
    DAN 3 HARI SESUDAH NYA.. SYA MENDATANGI TEMPAT SABDO LANGIT DAN MEREKA SUDAH TIDAK PRAKTEK LG D JKRTA…DA MENJELSAKAN ITU SALAH SUAMI SAYA.. YG KURANG MEMBAYAR MAHAR NYA… SUAMI SAYA MEMBAYAR 15 JT. DGN JANJI 3 JT NYA LG PAS SETELAH RITUAL..
    SAYA JG SUDAH TIDAK MAU MENUNTUT MEREKA.. BIARLAH ALLAH SWTA ALLAH YG MEMBALAS..

  18. SABDO LANGIT BERKAta MAHAR KAMI KEMBALIKAN PENUH JIKA KEILMUAN TIDAK BERKASIAT
    duhh nyatanya mau minta mahar balik aja XUSAH N

    • dasar memang sabdo langit biadab tangkap saja penipu seperti itu…
      saya liat banyak sekali kasus yang sudah dibuat oleh sabdo langit….!!!!
      dari penipuan penggandaan uang, penipuan menjual ilmu2 palsu, pelecehan sexsual, dan masih banyak lagi…

      pokoknya wacana ini langsung saya sugest ke website polda metro agar segera ditangani…

      mohon doanya untuk semua yang merasa dirugikan oleh sabdo langit!!!!

      • benar.

        tangkap saja… saya punya alamatnya

        JL. MAMPANG PRAPATAN 20 NO.14A DUREN TIGA JAKARTA SELATAN

        SUKMA NINGRAT BIADAB

  19. MAHARNYA AJA DIMINTA LAGI KAGAK DI BALIKIN PADAHAL DI TULIS KALO MAHAR DIKEMBAIKAN PENUH..
    MAU BALIK URUSAN NYA PANJANG..
    BISA2 DISANTET NTAR

  20. Salam Sejati, Sugeng rahayu.

    Gak tau mana yang benar, dan siapa yang salah. atas komentar diatas, mudah2an para pembaca yang budiman bisa menyikapi lebih hati-hati dan sabar, dan tidak mudah ikut-ikutan hawa nafu, karna nafsu itu sesungguhnya setan, kita jaga selalu nafsu mutmainah kita, agar bisa mengalahkan tiga nafsu yang
    mengembara itu, .

    nuwun.

  21. wah waktu malem suroan saya ikut gemblengan di PKM hasilnya memuaskan. maaf ini bukan mengiklankan tapi ini pengalaman saya. terus saya ketemu teman dari palembang dan saya berkenalan berbincang panjang lebar tentang pengalaman spiritual. dia bilang pernah berguru di sabdo langit sudah bayar habis 5jt. katanaya belajar terawangan tapi hasilnya O besar. kasihan yah.

  22. Assalamualikum Wr.Wb
    Rahayu.. rahayu..rahayu sagung dumadi

    Dalamsebuah perjuangan memang banyak kendala dan rintangannya, apalagi untuk uri uri budaya jawa fitnah akan bertebaran kemana mana, saya pribadi tidak terkejut sama sekali dengan adanya fitnah yang ada di posting ini, dan itu hanyalah golongan dari orang orang yang mearasa dirinya paling benar dan terusik sumber kantongnya dengan paparan paran di tulisan SABDO Langit ini, karena masih berpikiran tentang kulit saja dalam menjalani kehidupan ini, dan saran saya tidaka usah di tanggapi orang orang dengki semacam ini, kita doakan saja semoga mereka sadar apa yang di perbuatnya dan di bimbing ke jalan yang benar oleh yang maha BENAR..
    Lanjutkan saja URI URI Budayaning Wong Jawi Ini, biar sing gak Pati Jowo biso dadi jowo, yang belum eling jadi eling.. SURODIRO DJOYONINGRAT LEBUR DINING PANGASTUTI.. Suwun..
    Rahayu.. Rahayu..Rahayu Slamet Ing Sambi Kolo
    Wassalamualikum Waroch Matullohi Wabarokatuh..

    SELO AJI SONGGO BUWONO

  23. SESUATU KEILMUAN YANG DI DAPAT DENGAN MEMBELI ATAU MENGELUARKAN UANG ITU BOHONG SEMUANYA. ARTINYA ANDA ORANG BODOH YANG MAU DITIPU OLEH PARANORMAL. ILMU ITU HARUS DIDAPATKAN DENGAN PERJUANGAN SUSAH PAYAH BUKAN INSTAN.

  24. PERHATIAN JUGA BAGI ORANG YANG MENCARI UANG GHAIB. JIKA TIDAK PAKAI TUMBAL ITU BOHONG DAN HATI-HATI ANDA NANTI TERTIPU. TUMBALNYA BISA ORANG LAIN, KELUARGA DAN DIRI ANDA SENDIRI.

  25. samsu sambang jagad.santri ngeli.
    aku nate nyoba babagan DANA HIBAH.ono priyantun kang sebut diri ki jiwa kusumo. aweh kabar,aku bakal oleh DANA HIBAH jumlahe 279.000.000 (Rongatus Pitungpuluh Songo Yuto rupiah).nangingsarati 1% mahar kudu ditransfer marang ki jiwo.Ngakune duwit mahar minangko uborampe supoyo DANA HIBAH sempurna lan sah kango aku.sakjam sawiso transfer,pihak GHAIB bakal kirim dana 279 juta kasebut nyang omahku utowo lewat ATMku.
    Dakpikir-pikir:opo tenan ono GHAIB iso ngisi ATM???
    Akhire,aku tawar:piye yen 50:50, maksude menowo bener ono DANA HIBAH,Tulung GHAIBE dikon ngirim omahku(omahku ono Makassar), ki Jiwo buka praktek ono Tasikmalaya lan Probolinggo.
    Akhire,ki jiwo suloyo kanthi maneko warno alesan: malah wanti-wanti,menowo dino iku ora bisa transfer mahar,GHAIB ngambek ora gelem ngirim DANA HIBAH sampai kapanpun juga. wah dakpikir kok soyo nekat ,ono GHAIB ngambegan-purik,koyo bocah cilik”,pikirku.
    Akhire,ki jiwo njalok mahar separo harga,sekiro 980 ewu rupiah.
    Nanging aku makin ora mantep,kok mahar iso ditawar-tawar,kok GHAIB ngambegan.
    Pitakonku kanggo sedulur kang dUWE NGELMU GHAIB,opo bener ono gaib ngendum DANA HIBAH.Piye sabenere istilaj DANA GHAIB,DANA HIBAH lan sapanunggale iku????
    Nuwun komentaripun….
    samsu sambang jagad
    wong solo lungo ing paran (jln mangga tiga b12/19 daya makassar)
    0411512178/ 081345613169

  26. mafia dodolan minyak lan uborampe……praktek ritual mung kedok…… ati2……sik adol minyak lan ubo rampe koncone dhewe…wis di calling2….isih jaluk duik transport…. ati2 cah….mas gundul wis kelangan duik jutaan…

  27. Wah klo baca berita miring tentang PADEPOKAN SABDO LANGIT….klo begitu berarti SABDO LANGIT UASSSSUU TENANN…!!

  28. beritanya banyak miringya dari pada bagusnya, gak tau mana yg bener mana yg salah, yg pasti gw gak mau berguru di sabdo langit ah

  29. kalo mau berguru itu yg jauh dari keramaian,,,,,,,,,,, misal di kampung2,,,,,,,,,, kl di kota sih taunya cuma nipu doang n dapet duit, berhasil gaknya blakangan……….. slesai deh,,,,,. masalah mahar di kembalikan penuh, omong kosong, mana ada uang udah di ambil mau ngebalikin, orang gila aja suka duit, apa lagi orang sehat

  30. yah memang sabdo langit trkenal penipu semua lah.
    yg sbr yah yg merasa di tipu
    utk yg blm mendingn d kubur dalem2 nama padepokan sbdo langit ntu
    jgn sesekali mntrasfer duit dgn modus jarak jauh lah.. itu penipuan..

    yang dteng langsung aja d tipu mentah2..

    yah sarann saya semoga aLLah swt allah membalas perlakuan yg dilakukan perguruan besar sabdo langit ats nm ki sukma ningrat kl gq slah nm pimpinannya..
    tolong kalian bertobat kembali ke jalan allah .
    kasihan orang2 yang kalian tipu..

    buat yang kasi komentar baik tentang sabdo langit BRPA kata buat kalian :
    “TOLONG KALIAN JGN MENAMBAH KORBAN LAGI UTK BERGURU KE SABDO LANGIT , HARUSNYA KALIAN MEMBANTU UNTUK MEMBUKA SUATU LEMBARAN HITAM MAKSIAT ITU , JGN MALAH MENDUKUNG PERBUATAN BEJAT PERGURUAN ITU.
    SAYA BERANI YAKIN KISAH2 KORBAN2 SABDO LANGIT YG D CERITAKAN ITU NYATA
    MEREKA HNYA INGIN TIDAK ADA JATUH KORBAN LAGI SPERTI MEREKA..

    UNTUK KORBAN2 .. LEBIH SABAR DAN SEMANGAT YAH. SYA YAKIN ALLAH SWT MENDENGAR TANGISAN HATI KALIAN..

  31. Gusti……..Gusti ……… lan Gusti iku sing wigati, ora ono kang luwih wigati tinimbang Gusti…..
    Gusti……….lan Gusti neng jroning ati, sekti lan ampuh iku ora ono kajobo Gusti……..Gusti ……lan Gusti sing nyipto donya lan sak isine.

  32. Ilmu itu tidak ada yg diperjual belikan, kalau sampai ada yg membandrol itu pasti penipuan, makanya perhatikan disekeliling anda, umur paranormal yg menjual belikan ilmu tidak akan panjang, alias cepat mati.. Sudailah anda berburu ilmu yg dibandrol dg harga tinggi, karena itu pasti penipun..

  33. Yang saya lakukan dan mungkin cukup banyak untuk ukuran saya, sing arane ngelmu iku angel yen wis ketemu ( elmu/ngelmu itu sulit kalau sudah didapat) disini sy tegaskan bukannya setelah mendapat kan elmu/ngelmu itu menjadi susah/sulit. Tetapi yang menjadi sulit/susah adalah bagaimana kita mengamalkannya, sedangkan dari apa yang saya mengerti dan mudah mudahan saya selalu tetap konsisten adalah bila ilmu itu didapat dari proses pendidikan itu layak untuk dihargai atau mendapatkan imbalan apa yang disebut dengan uang atau bentuk lain yang setara, tetapi kalau ngelmu yang didapat dari lelaku, olah roso apalagi dengan mint a petunjuk dari roso sejati – sejatining urip yo guru guruning guru itu tidak sepadan kalau dihargai dengan uang atau sejenisnya sok sok malah mencelakakan dirinya sendiri. Sedangkan adanya masalah yang menimpa diri manusia itu harus dijawab dengan jujur yang sejujur jujurnya kebanyakan berasal dari dirinya sendiri ” Anane ono kuwi amargo dianakake” (Adanya sesuatu itu karena diri kita yang menciptakan) cobalah penggalan ini dirasakan, cobalah jangan terlalu memforsir diri kita dengan logika – logika dan penalaran – penalaran apalagi sefatnya pembenaran, bukannnya itu tidak boleh melainan coalah hidup ini dirasakan krn rasa itu tidak pernah bohong sedangkan logika / penalaran itu kadang membohongi diri kita sendiri, sebagai contoh : Anda sedang berada disuatu tempat orang lain, sedangkan di tempat itu tidak ada orang lain selain anda terus karena anda melihat sesuatu yang bukan milik anda dan diambil. Pada suatu waktu anda kembali lagi ketempat itu kebetulan pemilik benda yang anda ambil tsb bilang dengan anda bahwa dia (pemiilik benda tsb) berkata merasa kehilangan benda seerti yang anda ambil, Nah disini titik renungan kita : Secara hukum saat anda mengambil tidak ada saksi sedangkan bukti takmungkin anda tunjukkan alias ingin anda miliki dengan kejadian itu logika mengatakan tidak cukup bukti untuk dijadikan terdakwa, tetapi apa yang dikatakan oleh hati kecil (rasa sejati tsb)………….. dengan demikian silahkan blog ini dijadikan media yang baik dan berguna bagi kita semua. Mungkin bagi semua masyarakat atau Titahipun Yang Mohokuwaos ada yang bisa bantu saya untuk kasih informasi tentang Ilmu Kejawen Kesepuhan Hadinngkat sy mohon bantuannya dimana alamatnya. Suwun.

  34. salam
    mohon maaf jika saya ikut menimpali atau menambahkan,pendapat saya adalah bahwa ILMU yang didapat secara IKHLAS,Dalam artian yang memberi ilmu,ikhlas memberikan nya dan yang menerima ilmu ikhlas menerima nya dan tentunya ikhlas mengamalkan nya tentu akan mendapat ridoh darI ALLAH SWT.ilmu yang di perjual belikan laksana buku yang berisi tulisan tetapi tidak dapat di baca.

      • Salam Nafas Perjuangan…….
        Salam Sejahetera bagi kita semua……
        Salam Hormat kepada Yang Terhormat Paduka Yang Mulia…..
        Jantung kian bergetar membangunkan jiwa dan raga dari peristirahatan, dan tangan kecil ini akan mengoyak membalikan cerita awal asal muasal kejadian yang kini sudah ternodai oleh nafsu nista manusia, yang membuat tatanan luhur menjadi lumpur berantakan tidak karuan oleh pemikiran manusia yang merasa “Paling Benar” dari apa yang dianut olehnya, bagi manusia yang merasa paling benar akan pengajarannya nikmatilah peruntungan sesaat dan hadapi pertanggung jawaban kelak, yang mengungkapkan kata-kata agar diyakini dan diikuti jejak langkahnya sehingga membentuk kelompok/golongan manusia yang menganggap bahwa apa yang diyakininya adalah suatu kebenaran yang sejati. Ketahuilah “Kebenaran Yang Berdasarkan Cerita Dari Sang Pembimbingnya“, bahkan “Dari Inti Pertama Sang Pembimbingnya” jika dilandasi oleh “Nafsu Nista” untuk memberikan peruntungan dijagat dunia ini adalah suatu “Kebohongan Yang Dikarang“, agar merasa diyakini ataupun dipercayai, sehingga bukan atas dasar ilmu wujud yang nyata diungkapkannya dalam kata-kata bahkan ditulis dalam kalimat dan menyatakan sehingga pengkultusan kepadanya oleh pengikutnya dapat terlihat jelas dalam langkah perjalanannya. Inilah “Bahwa ini Adalah Suatu Kebenaran yang Sejati ” yakni “Hukum Timbal Balik Jagat Alam Tubuh Manusia” yang merasa dirinyalah yang benar maka disitulah terdapat “Kebohongan”yang memberikannya peruntungan sesaat dan lebih untungnya lagi hanya “Dirinyalah yang Mengetahui Sendiri Kebohongan Nista Rasa Pemikirannya” sehingga bagi pengikutnya pemikiran itu suatu kebenaran, sungguh celaka manusia seperti ini yang meminjakkan kakinya pada “Tanah Atlantik”, sehingga membuat berbagai macam kepercayaan dan keyakinan yang tidak didasari dari “Ilmu Pengetahuan Awal Wujud Asal Muasal Cerita“. Bagi dirinya inikah peruntungan atas dasar nama yang ingin dikenal maupun dikenang, ketahuilah bahwa hal seperti ini adalah bencana besar untuk jiwa raganya dalam tanah Atlantik ini yang tetap terjaga olehNya yang diberikan mutlak oleh satu nama ialah “Paduka Yang Mulia Shang Hyang Sabdo Ismoyo Jati Pamomong Tanah Jawi”
        baca selengkapnya di http://poerwonjoto.wordpress.com
        Rahayu….rahayu….

  35. walah2…iki tiang kok podo sami boten percaos gusti jih….gesang kok namung damel nuruti nepsu2. wah ora eling lan ora waspodo meniko.

  36. ilmu itu harus lelaku jgn percaya jika disuruh beli ilmu kecuali beli tuyul wkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkwk

  37. Uang bukan segalanya,tapi segalanya butuh pake uang.Saking capenya cari uang,bekerja ampe mentok yahhh gitu2 aja,Padepokan Sabdo Langit,menjanjikan yang indah-indah…..udah kere,dimintain mahar mahal,tambah keeerrrrreeee,Realita gak ada,NGAPUSI TENAN.

  38. SUDAH..SUDAH…MENGUMPATNYA DICUKUPKAN SAMPAI DISINI SAJA.
    GAK ADA MANFAATNYA SAMA SEKALI BUAT DIRI SENDIRI MAUPUN YG LAIN.

    JIKA ADA PERMASALAHAN DENGAN ” PERGURUAN SABDOLANGIT ” HENDAKNYA DISELESAIKAN DGN REMBUGKAN YG BAIK2 SECRA LANGSUNG DGN YG BERSANGKUTAN. TAK BAIK MEMBUANG ” BANGKAI – SAMPAH ” DIMANA-MANA..TAK BAIK MENGUMPAT DI MANA-MANA.

    MOHON MAAF JIKA MSH ADA TULISAN2 UMPATAN2 YG BERKAITAN DENGAN PERGURUAN SABDOLANGIT…DENGAN BERAT HATI AKAN SAYA ” DELETE ” DARI BLOG INI.

    Salam Sehkatresnan buat semuanya.
    SMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA..

    • terimakasih atas pemberitahuannya Bapak Kariyan Santri Gundhul, untuk menghapus komentar tak sedap ataupun menyinggung satu sama lain tidak bagus, lebih baik kita kritik yang membangun dan perbaiki diri sendiri….. wassalam Admin Sabdo Langit

  39. kalau bisa ya mbok jelasin dijabari to mbah ato paling2 cuma jug plencing ninggal telak ndak tanggung jawab alias “NATO” namanya. maaf lho mbah hehehehe

  40. jane iki padepokan opo yo…….alamate ngendi……kok isine mung serang menyerang………wah wah ayo podo ngrongoke radio fm wae.nek ra duwe gawe stasiun radio wae……..HE HE PROMOSI……BENGKEL PEMANCAR DAN ANTENA KEMBANG DOPLANG KARANGPANDAN SOLO……..NUWUN

  41. selamet aku isek durung melu ndolek (tuku) ilmu nek padepokan, nek uwes ilang duwek ku wasalam boim, bohong tapi imut jatim

  42. assalamu alaikum …sgala kehilafan ada dimanusia dan kebenaran …hanya milik awloh. biarlah hukum jika memang salah……..dan kebenaran yg akan menjawabnya. marilah kt ambil sgala hikmahnya.

  43. untuk sahabat” yg punya pengalaman sejak berguru di PADEPOKAN SABDO LANGIT,kalo anda berkenan saya mau sharing dengan Panjenengan…,silahkan add saya di facebook nick name CAHYO BRADA PURNOMO atau melalui kirim pesan ke email saya di cahyobradapurnomo@yahoo.co.id
    matur nuwun….

  44. Yang bisa menilai suatu kebenaran hanyalah bukti-bukti kuat yang mendukung suatu persoalan yang sedang kita perbincangkan ini, Bahwasannya, benar atau salahnya suatu artikel yang kita baca, hanya bisa dijawab dengan bukti-bukti nyata yang terlampir…!!! bukanlah suatu kalimat iseng-iseng atau gurauan yang sangat tidak bertanggung jawab, yang pada akhirnya akan menimbulkan suatu perselisihan diantara beberapa pihak, dan tentunya itu adalah hal yang sia-sia dan membuang-buang waktu kita saja. “Maka untuk memberikan informasi umum (yang melibatkan banyak orang) haruslah disertai bukti-bukti otentik agar perkataan kita tidak menyinggung persaan siapapun” atau bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

    Berikut ini adalah sekumpulan banyak orang yang merelakan dirinya untuk dipublikasikan agar semua orang bisa melihat hasil/bukti nyata Padepokan yang kami ikuti. Dan tentunya Padepokan yang kami ikuti ini adalah ajaran yang benar dan memiliki fakta-fakta nyata untuk dapat membuktikan kekeliruan yang telah membuat resah banyak orang…
    anda dapat melihat di
    FORUM KESAKSIAN NYATA PARA SISWA SABDO LANGIT

    http://siswasabdolangit.blogspot.com/

Komentar ditutup.